Industri

Mahasiswa Teknik Elektro Wajib Tau! Sub Konsentrasi di Jurusan Teknik Elektro!

Teknik Elektro merupakan salah satu jurusan pada Fakultas teknik yang mempelajari ilmu Kelistrikan mulai dari listrik bertegangan rendah hingga tinggi.

Ed1 Desember 2020

Hallo Sob! Bagi kamu Mahasiswa Elektro wajib tau nih! apa saja sub konsentrasi pada jurusan teknik elektro.Teknik Elektro merupakan salah satu jurusan pada Fakultas teknik yang mempelajari ilmu Kelistrikan mulai dari listrik bertegangan rendah hingga tinggi. Bagi orang awam teknik elektro merupakan jurusan yang mempejari tentang kelistrikan, sehingga orang yang tidak paham akan berpikir bahwa mahasiswa elektro mampu mengatasi semua masalah yang berhubungan dengan listrik, padahal belum tentu semua dapat ditangani. 

Di jurusan Teknik Elektro memiliki beragam sub konsentrasi yang fokus dalam hal yang berbeda-beda seperti, Teknik Elektronika yang berfokus mempelajari listrik bertegangan rendah dan Teknik Tegangan Tinggi atau Energi yang berfokus mempelajari listrik bertegangan tinggi. Berikut beberapa Sub konsentrasi yang ada di Jurusan Teknik Elektro!

1. Teknik Tegangan Tinggi atau Teknik Energi (Power Engineering)

Teknik Tegangan Tinggi merupakan konsentrasi teknik elektro yang mempelajari Pemanfaatan listrik bertegangan tinnggi dan mempelajari bagaimana mengembangkan sumberdaya yang dapat menghasilakan energi listrik untuk Pembangkit listrik seperti Panel surya dan Turbin air.

2. Teknik Telekomunikasi (Telecommunication Engineering)

Teknik Telekomunikasi merupakan Ilmu yang mempelajari tentang pengembangan alat-alat telekomunikasi yang berhubungan dengan transmisi data, sinyal, jaringan radio, komputer, hingga teknologi radar.

3. Teknik Komputer (Computer Engineering)

 Teknik Komputer merupakan jurusan yang mempelajari tentang perangkat lunak komputer( software), perangkat keras (hardware) dan jaringan komputer(network) yang disusun oleh sistem sirkuit digital, sistem komunikasi data dan piranti elektronika komputer.

4. Teknik Elektronika (Electronics Engineering) 

Teknik Elektronika merupakan bidang yang mempelajari tentang arus lemah dan piranti elektronik yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari yang dirancang menjadi sircuit elektronik dengan konsep, perancangan, pengembangan, serta produksi perangkat listrik dan elektronik. lulusan teknik elektronika dapat menjadi seorang pengembang di Perusahaan teknologi, BUMN, dan Software/Hardware Developer.

5. Mekatronika (Mechatronics)   

Mekatronika merupakan bidang yang mempelajari gabungan ilmu dari mekanika, elektronika dan informatika untuk menghasilkan mesin atau produk yang berguna bagi proses distribusi suatu Industri dengan kinerja yang optimal. Penggunaan Mesin Teknik Mekatronika sendiri biasa kita pakai dalam kehidupan sehari-hari seperti pada pintu otomatis, mesin fotokopi, anti-lock breaking system, dan alarm sensor pada kendaraan. Pada bidang industri, Mekatronika di gunakan untuk dikembangkan ke dalam mesin-mesin yang terintegrasi untuk mengolah suatu produk dari bahan mentah menjadi barang jadi.

Itulah beberapa Sub Konsentrasi pada Jurusan Teknik Elektro, yang dapat membuat kamu lebih paham dalam pembagian ilmunya. Kamu mau ambil sub konsentrasi yang mana nih sob?

Share:

0 Komentar