Teknologi

Smart Grid, Teknologi Pada Jaringan Tenaga Listrik

Smart Grid merupakan teknologi yang memiliki efisiensi, keandalan serta pengembangan EBT yang lebih baik pada jaringan tenaga listrik.

Ed12 Mei 2021

Apa itu Smart Grid

Perkembangan Teknologi pada sistem tenaga listrik di Era Revolusi Industri 4.0 sudah sangat berkembang salah satunya adalah Smart Grid. Smart Grid adalah teknologi pada sistem jaringan tenaga listrik yang memanfaatkan teknologi komputer, telekomunikasi dan teknologi informasi yang dapat mengoperasikan penyaluran sistem tenaga listrik, menyediakan keandalan pasokan tenaga listrik, dan pemanfaatan sumber EBT yang memungkinkan partisipasi pelanggan dalam penyediaan tenaga listrik.

Dengan adanya teknologi Smart Grid konsumen dapat memproduksi,menyimpan dan menjual listrik kepada produser atau konsumen listrik seperti rumah dengan suplai listrik dari Rooftop PV System atau Panel Surya.

 

teknologi smart grid

 

Keuntungan dari menggunakan smart grid?

Smart grid pada sistem jaringan tenaga listrik dapat dimanfaatkan seefisien mungkin dengan didukung peralatan cerdas seperti smart meters, smart devices dan digital infrastructure. Penerapan smart grid dapat mendukung pengembangan dan penggunaan energi baru terbarukan serta penurunan emisi karbon. Berikut keuntungan penerapan smart grid pada sistem jaringan tenaga listrik.

1. Peningkatan Keamanan Sistem Tenaga Listrik

Dengan adanya sistem otomatisasi pada PMT atau Circuit breaker akan meningkatkan keamanan penyaluran tenaga listrik serta Integrasi pembangkit listrik milik konsumen seperti panel surya pada atap rumah.

2. Pemulihan cepat dari kegagalan daya

Pemulihan dapat dilakukan dengan cepat jika terjadi masalah pada pembagkit listrik milik konsumen karena adanya kontrol dan pengawasan secara bertahap dengan Distribution Management System (DMS) akan tetapi sumber daya dari Ebt memiliki daya yang tidak stabil seperti cuaca yang mempengaruhi kinerja panel surya karena sumber daya dari alam tersebut hanya bergantung dari keadaan alam, dengan adanya smart grid masalah tersebut dapat diatasi dengan dibangun dan dirancang alat yang dapat mengontrol banyak sumber daya dengan stabil.

3. Penurunan Biaya

Penurunan Biaya akan terjadi dengan meningkatnya penggunaan panel surya pada rumah, sehingga harga listrik dari perusahaan listrik akan turun.

4. Peningkatan Penggunaan EBT

Dengan adanya smart grid penggunaan sumber energi baru terbarukan sebagai sumber energi listrik semakin meningkat salah satunya PLTS pada atap rumah. Pengaturan sistem tenaga listrik secara manual dan penggunaan pembangkit listrik berbahan bakar fosil yang kesediaannya terbatas sudah tidak efisien dan dapat merusak lingkungan.

5. Meningkatkan Efisiensi Distribusi Daya

Jumlah pembangkit listrik konvensional akan semakin berkurang dengan adanya penerapan smart grid, sehingga meningkatkan integrasi energi terbarukan yang lebih besar dan membantu memenuhi kebutuhan beban agar lebih efektif dengan memanajemen energi listrik dari sumber pembangkit.

Dengan adanya teknologi smart grid akan memungkinkan kita dalam mengatur secara efisien penggunaan listrik setiap harinya.

 

Share:

0 Komentar