Fun Fact

8 Universitas Termahal Di Indonesia, Kumpulan Mahasiswa Sultan

8 Universitas ini bisa disebut kampus dengan mahasiswa "SULTAN"

Indonesia mempunyai banyak universitas swasta yang memiliki kualitas pendidikan yang baik, serta mampu bersaing ditaraf internasional. Pendidikan dengan mutu dan kualitas yang baik tidak terlepas dari biaya pendidikan yang terbilang mahal.

Universitas yang bertaraf internasional, sarana dan prasarana yang mendukung, memiliki lulusan yang berhasil dalam bidangnya, serta mutu dan kualitas pendidikan yang tidak diragukan membuat beberapa universitas swasta di Indonesia terbilang mahal. Berikut ini daftar universitas swasta yang biaya masuk dan UKT sampai puluhan juta per semester.

universitas termahal di indonesia

1. President University

President University adalah universitas swasta bertaraf internasional dikelolah oleh PT. Jabeka Industri yang berada di Cikarang Utara Bekasi, Jawa Barat. Biaya pendidikan yang rata-rata harus dikeluarkan oleh mahasiswa President University berkisar Rp. 30.000.000 per semester dan biaya masuk awal berkisar Rp. 50.000.000.

President University memiliki fasilitas, sarana dan kualitas pendidikan yang tidak diragukan lagi. Jurusan yang tersedia antara lain ilmu komunikasi, manajemen, hubungan internasional hingga teknik elektro. Lulusan President University rata-rata menghabiskan biaya pendidikan mencapai Rp. 300.000.000.

2. Swiss German University

Swiss German University adalah universitas swasta yang terletak di EduTown BSD City, Bumi Serpong Damai, Tangerang, Banten. Swiss German University merupakan kampus bertaraf internasional yang memiliki karakteristik sistem pembelajaran unik yaitu kursus yang menggabungkan teori dan praktik, semua lulusannya mendapatkan gelar ganda dan diakui secara internasional, serta setiap mahasiswa Swiss German University diwajibkan harus menyelesaikan magangnya di negara Jerman atau Swiss.

Jurusan yang tersedia di Swiss German University yaitu teknik mekatronika, teknik industri, bisnis dan manajemen, international culinary business, teknik pangan dan lain-lain. Biaya pendaftaran awal masuk Swiss German University berkisar Rp. 40.000.000 sampai dengan Rp. 60.000.000 dan biaya per semesternya berkisar Rp. 27.500.000 sampai dengan Rp. 30.000.000.

3. Universitas Ciputra

Universitas Ciputra berada di Citraland Surabaya, Jawa Timur adalah universitas swasta yang dikelolah dan dimiliki oleh Ciputra Group. Universitas ini memiliki kurikulum berbasis kewirausahaan yang menyertakan sistem pembelajaran Problem and Project Based Learning (PBL), serta program mentoring dengan praktisi dan ahli bisnis ternama sehinggan lulusan dari Universitas Ciputra tidak diragukan lagi karena memiliki alumni yang sukses dibidangnya.

Jurusan yang tersedia di Universitas Ciputra cukup banyak mulai dari akuntansi, arsitektur, pariwisata dan perhotelan, psikologi, hingga kedokteran. Biaya per semester di Universitas Ciputra berkisar Rp. 8.500.000 sampai dengan Rp. 36.000.000, serta biaya awal masuk berkisar Rp. 20.000.000 sampai dengan Rp. 40.000.000. Mahasiswa juga harus membayar biaya SKS berkisar Rp. 450.000 sampai dengan Rp. 700.000.

4. Universitas Pelita Harapan (UPH)

Universitas Pelita Harapan adalah universitas swasta bertaraf internasional yang berada di Lippo Village, Tangerang. Universitas Pelita Harapan memiliki fasilitas, sarana dan prasarana yang tidak diragukan lagi dengan biaya per semester mencapai Rp. 16.500.000 sampai dengan Rp. 52.500.000 dan biaya awal masuk berkisar Rp. 40.000.000 sampai dengan Rp. 60.000.000.

Universitas Pelita Harapan memiliki beberapa jurusan mulai dari kedokteran, ekonomi, teknik, perhotelan dan lain-lain. Lulusan dari Universitas Pelita Harapan tidak diragukan lagi dan cukup terkenal.

5. Universitas Trisakti

Universitas Trisakti berada di Grogol, Petamburan, Kota Jakarta Barat adalah salah satu universitas swasta yang dikenal dengan nama kampus reformasi karena tragedi Mei 1998. Uiversitas Trisakti memiliki program studi yang cukup banyak yaitu 23 program studi untuk sarjana, sarana dan prasarana yang terbilang baik dan memiliki alumni yang cukup terkenal.

Biaya awal masuk untuk Universitas Trisakti berkisar Rp. 30.000.000 samapai dengan Rp. 45.000.000 serta biaya per semester mencapai Rp. 14.500.000 sampai dengan Rp. 32.325.000.

6. Universitas Bina Nusantara (BINUS)

Universitas Bina Nusantara adalah universitas swasta Indonesia yang mampu bersaing dalam World University Rankings. Dibawah naungan lembaga pendidikan Bina Nusantara, BINUS University memiliki tiga program kuliah yaitu reguler, internasional dan daring. Mahasiswa BINUS memiliki kesempatan melanjutkan kuliah diluar negeri yang menjalin kerjasama dengan Universitas Bina Nusantara.

Universitas Bina Nusantara menawarkan perkuliahan sarjana dengan satu gelar dan program ganda di mana mahasiswa akan memperoleh dua gelar sarjana dari sekolah atau fakultas yang berbeda. Tingkat sarjana memiliki 3 fakultas dan 4 sekolah. Biaya per semester mencapai Rp. 21.000.000 sampai dengan Rp. 75.000.000.

7. Universitas Katolik Atma Jaya

Universitas Katolik Atma Jaya dikelolah oleh Yayasan Atma Jaya menjadikan Unika Atma Jaya menjadi salah satu universitas swasta terbaik di Indonesia karena mahasiswa yang sering menorehkan prestasi dikanca nasional ataupun internasional dan memiliki basis alumni yang kuat. Unika Atma Jaya memiliki  delapan fakultas dengan 17 program studi untuk program sarjana (S1) dan Program Pasca Sarjana dengan 2 program magister dengan biaya kuliah mencapai Rp. 6.225.000 sampai dengan Rp. 42.500.000 per semester.

8. Universitas Tarumanegara

Universitas Tarumanegara adalah universitas swasta di Indonesia yang memiliki fasilitas, sarana dan prasarana tidak diragukan lagi karena dapat menunjang aktivitas mahasiswanya. Ada beberapa jurusan yang ada di Universitas Tarumanegara seperti teknik, kedokteran, teknologi dan sains, seni dan desain maupun sosial humaniora. Biaya kuliah per semester di Universitas Tarumanegara mencapai Rp. 8.400.000 sampai dengan Rp. 25.900.000.

Biaya pendidikan terbilang cukup tinggi di universitas negeri ataupun swasta karena seperti yang diketahui biaya pendidikan terus mengalami kenaikan setiap tahunnya. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat biaya pendidikan naik 10% hingga 15% per tahun yang disebabkan oleh inflasi. Jadi bisa disimpulkan bahwa biaya pendidikan di Indonesia memang terbilang cukup tinggi, biaya pendidikan di indonesia bisa diringankan dengan beasiswa dan bantuan dari pemerintah pusat ataupun pemerintah daerah.

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait