Opini

5 Keuntungan Apabila Bisa Masuk Kampus Favorit

Habis lulus SMA biasanya kuliah dulu sebelum lanjut ke dunia kerja, nah jangan lupa persiapkan dengan baik supaya bisa masuk ke kampus favorit. Memangnya apa sih keuntungan kalo bisa masuk kampus favorit? simak tulisan berikut ini yaa...

Pendidikan adalah salah satu faktor penting dalam menentukan masa depan. Makin tinggi jenjang pendidikan yang diraih, makin besar peluang meraih masa depan lebih baik. Maka,  setelah siswa lulus Sekolah Menengah dianjurkan untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Apalagi kalo bisa masuk kampus dengan predikat terbaik dengan rangking tinggi seperti 10-20 besar kategori QS WUR, Kemendikbud, atau yang lainnya. Sehingga mendapat julukan kampus favorit dan sering dianggap lebih beruntung atau sukses. Nah, berikut adalah keuntungan kalo bisa kuliah di kampus favorit

1. Kualitas pendidikan yang lebih baik

Kampus favorit memiliki pengajar yang ahli di bidangnya dan up to date dengan perubahan terbaru sesuai dengan bidangnya. Selain itu menghasilkan hasil riset bisa menunjang pembelajaran di perkuliahan untuk menambah referensi. 

2. Fasilitas kampus

Sarana atau fasilitas yang tersedia di kampus juga akan mempengaruhi optimalisasi pembelajaran mahasiswa. Dengan beragam sumber buku di perpustakaan, alat-alat canggih praktikkum, laboratorium atau lapangan, jaringan internet yang merata dan cepat, gedung kegiatan UKM, juga tempat menarik lainnya untuk mahasiswa belajar.

Seperti video Leonardo Edwin yang memakai ruang khusus di kampusnya buat belajar. Tidak lupa kantin dengan berbagai macam makanan dan minuman. Kalo kampusnya ada fasilitas lengkap membuat mahasiswa  nggak perlu keluar biaya lagi misal kalo belajar di cafe. Dapat meminjam buku perpus tanpa perlu keluar budget yang menguras kantong. Ya maklum lah mahasiswa kan seringnya minim duit heheh.

(Ngampus Sampai Tengah Malam?! Keseharianku Kuliah di Musim Gugur! (University of Washington))

3. Tersedia berbagai beasiswa

Jika merasa terbedani dengan biaya kuliah dapat diminimalisir dengan beasiswa untuk mahasiswa. Meskipun kalo pengen dapet, perlu effort lebih dengan syarat-syarat khusus. Misalnya standar nilai, kategori kondisi keluarga, prestasi, dan bahkan asal kampus.

Oiya, selain beasiswa pendanaan, ada juga beasiswa yang menyediakan asrama tempat tinggal sekaligus pelatihan pengembangan diri. Nah, ada platform beasiswa dengan kriteria dari kampus tertentu. Tentu nggak semua kampus di Indonesia menerima kerja sama beasiswa tersebut. Misalnya seperti platform penyedia beasiswa di bawah ini.

Paragon Scholarship

BAKTI NUSA

Ada platform beasiswa yang ngasih beasiswa khusus seperti ABB Jurgen Dormenn Fondation dari Swiss untuk mahasiswa ITB. Dan masih banyak yang lainnyaa

Beasiswa The ABB Jürgen Dormann Foundation

4. Jaringan atau relasi

Punya temen dari berbagai bidang dan generasi bisa memperluas wawasan dan peluang bagi mahasiswa. Misalnya, rata-rata para tokoh berpengaruh di Indonesia berasal dari kampus-kampus favorit misalnya Najwa Shihab dari UI, Achmad Zaky CEO Bukalapak dari ITB, Alfatih Timur CEO Kitabisa.com dari UI, dan lain sebagainya. Sehingga mahasiswa termotivasi motivasi untuk punya cita-cita lebih tinggi seperti senior mereka.

Selain itu, ketika mahasiswa ingin mengundang beliau untuk menjadi pembicara seminar akan di prioritaskan, karena kesamaan almamater. Atau bisa mendapatkan pekerjaan karena punya jaringan orang-orang tersebut dari alumni. 

5. Peluang Kerja

Ada perusahaan yang memilih spesifik kampus mana yang menjadi prioritas utama. Mereka dipilih karena mengakui reputasi yang dimiliki kampus tersebut. Salah satu penilaian meskipun nggak menentukan lolos atau tidaknya, misalnya jika ada 2 kandidat pekerja dengan skill yang relatif sama, maka penilaian berikutnya adalah melihat nama kampus. 

Daftar kampus favorit dunia dan indonesia

Perguruan tinggi terbaik dunia versi QS WUR 2022

  1. Massachusetts Institute of Technology (MIT) 
  2. University of Oxford 
  3. Stanford University 
  4. University of Cambridge 
  5. Harvard University 
  6. California Institute of Technology (Caltech) 
  7. Imperial College London 
  8. ETH Zurich-Swiss Federal Institute of Technology 
  9. UCL London 
  10. University of Chichago 
  11. National University of Singapore (NUS) 
  12. Nanyang Technological University, Singapore (NTU) 
  13. University Pennsylvania 
  14. EPFL (École Polytechnique Fédérale de Lausanne) 
  15. Yale University 

Daftar 15 Kampus Terbaik Dunia versi QS WUR

Perguruan tinggi terbaik Indonesia versi QS WUR 2022

  1. Universitas Gadjah Mada (UGM) 
  2. Universitas Indonesia (UI) 
  3. Institut Teknologi Bandung (ITB) 
  4. Universitas Airlangga (Unair)
  5. Institut Pertanian Bogor (IPB) 
  6. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) 
  7. Universitas Padjadjaran (Unpad) 
  8. Binus University 
  9. Universitas Diponegoro (Undip) 
  10. Telkom University 

Daftar 10 Kampus Terbaik Indonesia versi QS WUR

Tapi jangan sedih kalo kamu udah masuk kampus yg dianggap biasa aja. Kamu bisa tetep berkembang dengan memanfaatkan jalur berikut

  • Ikut komunitas
  • Baca buku
  • Gabung program magang atau volunteer
  • Ikut lomba atau exhange student ke kampus lain
  • Menjadi freelancer
  • dan lain sebagainya.

Sebab, ada perusahaan tidak peduli asal kampus dan IPK. Yang terpenting adalah skill nya. Apabila ada masalah biaya, masih beasiswa pemerintahan maupun platform luar institusi kampus tanpa syarat dari kampus tertentu. Mungkin orang lain merasa beruntung bisa masuk kampus favorit, tapi bisa jadi kamu udah beruntung karena bisa ngerasain kuliah. Rejeki tidak akan tertukar, terus berusaha. Semangat!!

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait