Pengetahuan

6 Rekomendasi Situs dan Aplikasi Baca Buku Online

Selain adanya buku fisik untuk dibaca, manusia juga terbantu dengan adanya internet sehingga mereka dapat membaca buku secara online agar tetap update dan lebih mudah.

Membaca buku masih menjadi salah satu sumber informasi yang bisa digunakan. Melanjutkan kutipan dari instiki.ac.id, buku memiliki tingkat kepercayaan yang lebih tinggi dan sangat valid. Sebab buku sudah melewati proses pengecekan fakta hingga verifikasi dari penerbitnya.

Minat baca masyarakat Indonesia terhadap membaca masih kurang. Hal ini bisa dilihat dari rasio nasional buku terhadap penduduk Indonesia hanya 0,09% saja. Selain itu sebaran penerbit buku di Pulau Jawa sebesar 90%. Ini menyebabkan akses buku di Indonesia belum merata.

Aplikasi buku online

Beberapa tahun belakangan ini telah berkembang situs dan aplikasi online untuk menaikan minat membaca buku. Adanya situs dan aplikasi membaca buku secara online ini diharapkan bisa menjangkau masyarakat. Jauh lebih mudah dibandingkan dengan buku fisik dan pengiriman jarak jauh yang membutuhkan waktu dan biaya lebih banyak.  

Lalu di situs dan aplikasi mana saja kita bisa mengakses dan membaca buku secara online? Berikut rekomendasi situs dan aplikasi membaca buku secara online yang berasal dari Indonesia

1. iPusnas

iPusnas merupakan perpustakaan digital dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Perpustakaan ini memiliki koleksi sebanyak 73.302 judul buku dan salinan koleksi sebanyak 891.397 berupa e-book yang bisa di unduh melalui Playstore dan Appstore, dan IOS. Aplikasi iPusnas dapat digunakan untuk komputer yang diunduh melalui website iPusnas .

Bagaimana cara meminjam e-book di Ipusnas, berikut langkah-langkahnya

  1. Daftarkan diri teman-teman menggunakan akun email atau facebook yang masih aktif
  2. Setelah melakukan verifikasi, masuk ke aplikasi iPusnas dan bisa mulai meminjam buku
  3. Di beranda awal terdapat beberapa katalog yang langsung bisa dipilih untuk dipinjam. Jika tidak ada judul yang dicari, dapat memasukan nama judul buku pada bagian pencarian. 
  4. Jika buku tersedia maka akan tertera tulisan "pinjam" di bawah sampul buku dan bisa langsung di klik kemudian tunggu terunduh hingga 100%. Setelah berubah menjadi "baca", maka buku siap untuk dibaca

iPusnas memiliki sistem antrian untuk buku yang tersedia namun sedang dipinjam oleh orang lain.  Hal ini bisa diketahui dengan adanya tulisan "Antrian" dibawah sampul buku. 

Selain iPusnas, ada beberapa perpustakaan digital dari beberapa daerah di Indonesia yang bisa diakses, diantaranya iJakarta, iKaltara (Kalimantan Utara), iJatim (Jawa Timur), dan lainnya. Jika teman-teman ingin mencoba mencarinya lebih lanjut, bisa mencari nama provinsi dan menambahkan huruf "i" di depannya.

2. Gramedia Digital

Gramedia Digital mengizinkan penggunanya untuk mengakses, membeli, berlangganan, atau menyewa. Situs Gramedia Digital ini tidak menyediakan buku gratis. Untuk membaca buku digital dapat membeli di toko namun dalam bentuk e-book.

Untuk menjadi pengguna Gramedia Digital, teman-teman harus membuat akun di website Gramedia Digital. Lalu jika ingin membeli dan mengunduh konten dari layanan, log in dengan memasukkan akun Gramedia Digital untuk mengautentikasi akun. Untuk info lebih lengkapnya, teman-teman bisa mengakses informasi di link berikut Gramedia Digital

3. EPerpusdikbud

EPerpusdikbud adalah perpustakaan digital milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dengan ribuan koleks. Berikut cara meminjam buku di EPerpusdikbud

  1. Unduh aplikasi Eperpusdikbud di Playstore atau Appstore
  2. Daftarkan diri menggunakan alamat email yang masih aktif
  3. Pilih buku yang ingin dipinjam
  4. Tekan pinjam, otomatis aplikasi akan mengunduh buku

4. iBI Lybrary

iBI Library adalah perpustakaan berbasis media sosial milik Bank Indonesia Institute dengan koleksi digital berupa jurnal online, database online, majalah dan berita online.

iBI Library ini bisa diakses selama 24 jam yang dapat diunduh melalui smartphone (Android) di Playstore dan website. Untuk mengakses iBI Library, lakukan registrasi menggunakan akun google atau mengisi alamat email yang masih aktif.

5. Rakata

Rakata adalah salah satu aplikasi yang berasal dari Mizan Group. Aplikasi ini tersedia khusus untuk smartphone yang bisa diunduh melalui Playstore. Untuk cara mendaftarnya, dapat membuat akun baru atau langsung masuk menggunakan akun Facebook atau Email

6. Storial.co

 

Storial.co merupakan platform untuk membaca novel online mulai dari genre romance sampai sci-fi. Di aplikasi Storial.co ini juga tersedia dalam bentuk audio. Tersedia sistem reward berupa koin yang bisa digunakan untuk membeli bab dari buku lain.

Sebagai catatan, adakalanya ketika teman-teman memasukkan kata kunci judul buku tertentu tetapi ternyata tidak muncul buku yang dimaksud. Artinya itu berarti situs dan aplikasi belum menyediakan buku tersebut. Platform ini masih dalam pengembangan penambahan koleksi buku. 

Namun, tetap perlu bangga pada kemajuan literasi dengan adanya perpustakaan digital di Indonesia. Harapannya bisa menambah kemudahan akses membaca dan meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia.

 

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait