Opini

7 Kegiatan yang Bisa Dilakukan Mahasiswa Agar Lebih Berkembang

Kamu pengen nambah pengalaman saat menjadi mahasiswa? Cobain beberapa hal di bawah ini biar kamu bisa jadi lebih berkembang, cekidot

Melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi adalah salah satu langkah untuk mempersiapkan masa depan yang lebih baik. Mungkin kamu sudah dewasa, tapi kamu masih punya tanggung jawab untuk belajar dI institusi pendidikan. Sepertinya seru ya, karena ga perlu pake seragam sekolah dan mendapatkan temen dari seluruh Indonesia.

Jenis kegiatan mahasiswa

Selain kuliah, banyak hal yang bisa dilakukan mahasiswa agar semakin berkembang, berwawasan, dan punya pengalaman lebih. Nah, berikut adalah beberapa kegiatan di luar kelas yang bisa kamu lakukan

1. Ikut organisasi internal dan eksternal kampus

Dulu, kamu ikutan ekskul ketika SMP dan SMA, di kampus ada kegiatan semacam itu yang biasa disebut UKM yaitu Unit Kegiatan Mahasiswa.

Ada banyak sekali jenis kegiatan di UKM yang bisa diikuti. Mulai dari Himpunan jurusan, BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa), kegiatan kerohanian, kegiatan yang meningkatkan skill seperti English Club, Robotika, Kewirausahaan, Jurnalis, dan masih banyak lagi. Dengan ikut kegiatan ini, kamu bisa belajar berorganisasi, mengelola event kampus, bertemu dengan teman-teman lintas jurusan untuk membangun relasi, meningkatkan skill sesuai bidang yang kamu ikuti.

Selain ikut organisasi internal kampus, kamu juga bisa ikut yang di luar kampus seperti komunitas menulis, komunitas baca buku, tanam pohon, kepemudaan dan pengembangan diri, dan banyak lagi yang lainnya. Kamu mendapat temen-temen dari luar kampus, mengikuti event yang lebih besar, bertukar pikiran untuk memperluas wawasan. 

2. Ikut lomba

Kamu bisa mengikuti lomba di berbagai level, entah fakultas, kampus, nasional, maupun internasional. Dengan ikut lomba kamu bisa meningkatkan softskill, memperluas jejaring, dan bisa menambah wawasan. Apalagi kalo jadi juara, selain dapat reward berupa piala maupun setifikat dan uang tunai. Kan lumayan bisa nambah uang saku heheh.

3. Pertukaran pelajar

Kalo kamu pengen ngerasain kuliah di kampus lain bahkan yang ada di luar negeri, kamu bisa coba cara ini. Dengan ikut program pertukaran pelajar kamu bisa ketemu dengan orang-orang dari belahan dunia. Menariknya kamu bisa menjadi mahasiswa yang lebih percaya diri karena bisa berani berkomunikasi dengan orang asing. Berani bersuara dalam suatu forum bersama mereka.

4. Volunteer/Relawan

Volunteering ini adalah kegiatan sukarelawan untuk proyek sosial yang dilakukan oleh sekumpulan orang untuk berkontribusi secara langsung terhadap isu-isu tertentu. Meskipun bersifat sukarela, kamu dapat melatih empati dan berkontribusi langsung dengan masyarakat. Melatih komunikasi, kerja tim, dan kolaborasi dengan pihak-pihak tertentu. Terakhir, menambah pengalaman dan jejaring sosial, juga membangun personal branding yang baik.

5. Freelance

Freelance adalah pekerja lepas yang dapat bekerja secara fleksibe. Kamu bisa bekerja di lebih dari satu perusahaan. Perkembangan teknologi dan pandemi yang melanda seluruh dunia membuat siapapun bisa bekerja dimana saja. Hal ini bisa dimanfaatkan mahasiswa untuk meningkatkan softskill, menambah pengalaman, dan mendapatkan uang.

Kamu bisa bekerja kapan saja tanpa menjadi freelancer, mahasiswa dapat membangun relasi dan reputasi untuk persiapan karir di masa mendatang. Beberapa pekerjaan sampingan yang bisa diambil yaitu content creator, content writer, graphic designer, tutor bimbel privat online, dan lainnya. Ada juga freelance yang harus mendatangi klien seperti fotografer. 

6. Magang

Magang merupakan periode pengalaman bekerja oleh suatu organisasi atau perusahaan dengan periode tertentu. Selain itu, tentu menjadi salah satu tugas yang harus dilaksanakan mahasiswa.

Kamu bisa mendaftar ke perusahaan untuk menambah pengalaman dinamika dunia kerja. Mengaplikasikan ilmu yang sudah didapatkan dari kampus ke perusahaan, meningkatkan keterampilan dan sebagainya. 

7. Jualan/Berbisnis

Selain menambah uang saku, mahasiswa juga bisa belajar membagi aktivitas kuliah dan jualan. Menumbuhkan rasa gigih untuk tidak pantang menyerah ketika mengalami kegagalan.

Dalam berbisnis bukan hanya dapat keuntungan saja, namun bagaimana mengelola diri ketika menghadapi kerugian. Referensi jenis usaha/bisnis yang biasa dijalankan mahasiswa berupa online shop, jualan snack ringan, jastip produk daerah, minuman dan masih banyak lagi jenisnya.

Dengan melakukan kegiatan-kegiatan tersebut harapannya kamu menjadi mahasiswa yang lebih berkembang. Tidak hanya mendapatkan pelajaran mata kuliah saja. Melainkan melatih softskill untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi karir setelah kuliah. Namun yang perlu diingat adalah, jangan sampai lupa dengan kewajiban sebagai mahasiswa yaitu belajar hingga tuntas sampai lulus. Tetap semangat yaa!!!

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait