Kreatifitas

8 Pilihan Kerjaan Freelance dan Part Time Job Yang Bisa DIlakukan Mahasiswa Teknik

Kamu adalah seorang mahasiswa yang perlu uang saku tambahan? Mengisi waktu luang? Mau menyalurkan hobi dan menambah pengalaman? Nah kamu bisa nih bekerja secara freelance dan/atau part time, berikut penjelasan dan jenisnya

Dikutip dari accurate.id, freelance merupakan seseorang yang bekerja sendiri, tidak terikat jam kerja, biasanya memiliki keahlian tertentu. Kelebihan menjadi freelancer adalah bebas bekerja dimana saja, kapan saja. Namun, ada target penyelesaian tugas sesuai perjanjian. 

Sedangkan part time menurut The Balance Careers adalah kerja yang identik dengan jadwal kerja interval 30 jam s/d 40 jam dalam 1 minggu. Kerja part time biasanya datang ke tempat kerja.

Menerapkan sistem kerja shift (bergantian). Dengen begitu, waktunya cukup teratur meskipun tidak bekerja sehari penuh. Apabila ada halangan dapat mengganti jadwal di shift lain.

Pekerjaan freelance untuk mahasiswa

Berikut ini ada beberapa jenis pekerjaan freelance yang bisa dijadikan pilihan untuk mahasiswa

1. Jasa Desain Grafis

Di era teknologi yang mulai berkembang pesat ini penjualan produk dan pengumuman sebuah event sudah dipasarkan secara digital. Maka dari itu, dibutuhkan pamflet atau poster untuk menarik perhatian.

Selain itu, desain grafis juga berkecimpung dalam pembuatan logo, kartu undangan, dan iklan TV, serta papan reklame.

2. Content Writer

Selain jasa desain grafis, pekerjaan content writer mulai banyak dicari. Biasanya untuk caption pemasaran penjualan online, iklan, video konten sosial media dan website.

Pekerjaan ini butuh kemampuan menulis untuk menarik pelanggan dan menghasilkan keuntungan. 

3. Penulis Freelance

Bedanya dengan content writer, penulis freelance menghasilkan tulisan dari menjual buku cetak/elektronik book. Menulis artikel dan cerita untuk majalah, buletin, dan website. Dari situlah kamu mendapatkan upah dari hasil karya tersebut.

4. Jasa Desain Arsitek

Kalo kamu anak jurusan Arsitektur atau Desain Interior bisa banget mulai karir dengan menjadi freelancer desain arsitek. Kamu bisa ngerjain sendiri atau bareng temen-temen.

Untuk acuan harga, kamu bisa berpedoman pada peraturan IAI (Ikatan Arsitek Indonesia).

5. Jasa Fotografer

Punya hobi foto-foto apalagi kalo punya kamera? Ini adalah salah satu kombinasi bagus untuk kamu agar bisa mendapat cuan tambahan.

Kamu bisa memanfaatkan skill ini untuk mengabadikan momen wisuda, wedding, maternity shoot, katalog buku kenangan sekolah, atau foto iklan. Ini juga akan membantumu membangun portofolio untuk berkarier secara profesional. 

Pekerjaan part time untuk mahasiswa

Berikut ini ada beberapa jenis pekerjaan part time yang bisa dijadikan pilihan untuk mahasiswa

1. Tutor Bimbel Online

Ini seperti bimbingan belajar pada umumnya, hanya dilaksanakan menggunakan media online. Biasanya berdurasi 1,5-3 jam di setiap pertemuan.

2. Barista Kafe

Barista adalah sebutan untuk seseorang yang membuat dan menyajikan kopi kepada pelanggan. Nah biasanya di area kampus banyak banget kafe-kafe untuk mahasiswa nongkrong atua ngerjain tugas.

Lokasi itu bisa kamu jadikan tempat untuk bekerja part time. Umumnya kafe buka di siang/sore sampai malam hari, jadi kamu bisa bekerja setelah jam kuliah.  

3. Jaga Stand Makanan/Minuman

Selain maraknya kafe di area kampus, tidak ketinggalan jajanan juga makanan dan minuman kekinian yang berjualan menggunakan stand-stand kecil. Biasanya memakasi sistem take away.

Ini juga bisa menjadi alternatif part time dengan jam kerja waktu yang bisa didiskusikan. 

Nah itu dia beberapa alternatif pilihan pekerjaan freelance dan part time untuk mahasiswa untuk mengembangkan skill dan kantong pribadi. Hmm kira-kira apa masih ada alternatif lain? Boleh banget kalo mau kasih tambahan di kolom komentar.

Oh iya, perlu diingat, jangan melupakan tanggung jawab sebagai pelajar mahasiswa yaa. Tetap perhatikan manajemen waktu dan menjaga kesehatan supaya bisa menyeimbangkan aktivitas selama kuliah.
Semangat, semoga sukses !!!

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait