Opini

Bukan Hanya Cuan , Apa sih Investasi Yang Cocok Untuk Milenial dan Gen Z

Ngomongin investasi, mungkin yang akan langsung terlintas di pikiran adalah gimana cara melipatgandakan cuan a.k.a uang. Tapi tahukah kamu kalo ada bentuk investasi selain uang? Yuk simak tulisan berikut ini

Kata investasi sudah tidak asing bagi kalangan milenial dan gen Z.

Melihat dari mesin pencarian, muncul banyak berita maupun artikel mengenai jenis produk investasi, informasi harga produk investasi, rekomendasi platform investasi, bagaimana cara memulai investasi dan bahkan penipuan "investasi".

Investasi adalah

Lalu sebenarnya investasi itu apa sih? Diambil dari website Otoritas Jasa Keuangan, investasi adalah penanaman modal untuk pengadaan aktiva lengkap, saham, dan surat berharga untuk memperoleh keuntungan.

Mudahnya, investasi adalah salah satu cara untuk menambah penghasilan dengan menanamkan modal dalam jangka waktu tertentu. Harapan bisa kembali dengan mendapatkan keuntungan lebih.

Uang menjadi alat investasi yang paling dibutuhkan. Manusia menggunakannya untuk mencukupi kebutuhan seperti sandang, pangan, papan, kesehatan, pendidikan, dan lainnya. Selain itu, uang dapat mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan seperti biaya berobat, kerusakan alat yang dimiliki, atau kehilangan pekerjaan. Namun ada beberapa investasi non uang yang bisa dilakukan supaya hidupnya jadi lebih baik. 

Bentuk investasi selain uang

1. Menjaga kesehatan

Hidup yang sehat bisa membuatmu beraktifitas dengan baik. Tidak mudah lelah dan jatuh sakit ketika nanti di masa tua. Maka dari itu, biasakan diri dengan sarapan di pagi hari, mengonsumsi makanan sehat, minum air mineral, berolahraga, dan istirahat yang cukup.

2. Meningkatkan skill atau kemampuan diri

Mengapa meningkatkan skill dan kemampuan diri ini menjadi penting. Zaman semakin berkembang dengan pesat sehingga muncul pekerjaan yang membutuhkan keahlian baru. Dengan demikian. kamu bisa mengejar ketertinggalan dengan yang lain.

3. Mengikuti komunitas

Manusia adalah makhluk sosial yg nggak bisa hidup sendirian aja. Dalam perjalanan hidupnya pasti memerlukan interaksi dan saling bantu satu sama lain.

Dengan berkomunitas kamu bisa ketemu banyak orang. Manfaat berkomunitas adalah bertukar pikiran, memperluas perspektif, dan saling memberi manfaat. Misalnya kamu berkunjung ke suatu tempat, bisa langsung tau siapa yg dituju karena punya banyak kenalan.

4. Membaca buku

Buku adalah jendela dunia. Banyak informasi dan sumber pengetahuan yang bisa didapatkan dari buku. Manfaat dari membaca buku bukan hanya tentang menemukan informasi, tapi proses membaca dapat memberikan manfaat.

Mengutip dari channel YouTube Podluck Podcast Collective, berikut adalah manfaat  ketika membaca buku

  1. Bikin otak jadi lebih kuat ibarat fisik. Dampaknya nanti kalo sudah berusia tua nggak mudah terkena penyakit alzheimer atau pikun.
  2. Menstimulasi otak di bagian temporal cortex untuk mengolah informasi baru
  3. Meningkatkan kemampuan empati. Apalagi untuk buku-buku fiksi dimana kamu bisa membaca dan merasakan karakter dalam buku
  4. Buku bisa membantu mengurangi insomnia. Ini bisa dilakukan ketika sebelum tidur, misalnya menyisihkan waktu 6 menit atau 6 lembar sebelum tidur.

Membaca buku fisik bisa menjadi alternatif  sebelum tidur. Alih-alih bisa mengantuk, bermain ponsel membuat otak semakin giat bekerja akibat sinar dari ponsel. Membaca buku ini bisa mengurangi stress sampai 68%, tapi tergantung dari jenis bukunya. Jadi pilih aja yg bisa bikin rilex dan tidak menguras emosi juga pikiran.

Nah itu adalah beberapa investasi yang bisa dilakukan oleh anak muda milenial dan gen Z selain uang. Semoga bisa menerapkannya yaa..agar nantinya tidak merasa menyesal di kemudian hari. 
 

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait