Pengetahuan

Ini Lho Alasannya Mengapa Kita Perlu Belajar Bahasa Inggris!

Ketika mendaftar di perguruan tinggi maupun dunia kerja terkadang kita menemukan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, salah satunya adalah memiliki kemampuan atau keahlian dalam bahasa inggris. Hmm kenapa ya??

Bahasa Inggris menjadi  bahasa pertama di sejumlah negara di dunia seperti Britania Raya, Irlandia, Amerika Serikat, Kanada, Australia, Selandia Baru, sejumlah negara-negara Karibia, dan menjadinya bahasa resmi di hampir 60 negara berdaulat. Serta menjadi bahasa resmi beberapa negara-negara di Asia dan Afrika seperti India, Filipina, dan Singapura.

Bahasa inggris digunakan untuk komunikasi internasional

Kok bisa ya Bahasa Inggris ini dijadikan bahasa internasional? Sejak zaman Romawi Kuno, mereka butuh bahasa yang bisa dimengerti banyak orang. Sehingga orang-orang dari berbagai negara bisa mengerti saat berkomunikasi yang disebut dengan lingua franca yaitu bahasa untuk berkomunikasi dengan berbagai latar belakang.

Selain itu, Negara Inggris dikenal sebagai negara penjajah yang menjadi penguasa dunia. Hampir di setiap Benua memiliki negara jajahan, sehingga bahasa inggris menyebar dan digunakan di negara tersebut. Mau tidak mau, negara-negara jajahan Inggris memakai Bahasa Inggris untuk berkomunikasi, bahkan menjadi bahasa resmi.

Alasan kita harus bisa memahami bahasa inggris

Berdasarkan data dari EF English Proficiency Index, Indonesia menempati urutan ke 14 dari 24 negara di Asia. Urutan 80 dari 112 negara dan provinsi di dunia. Sehingga membuat Indonesia berada di kategori Rendah. Dari data ini bisa disimpulkan, masih banyak yang belum menyadari pentingnya Bahasa Inggris.

Padahal, Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional. Apalagi di era modern ini kita memerlukan bahasa inggris untuk menunjang aktivitas sehari-hari, seperti mencari informasi dari berbagai platform, membaca petunjuk penggunaan benda kerja, film, game, maupun konten YouTube. Nah, mengapa kita perlu memahami bahasa inggris berikut ini lebih lanjut

1. Memiliki akses informasi lebih banyak

Perkembangan teknologi yang menyediakan banyak informasi yang kita butuhkan, ditulis dengan Bahasa Inggris. Terkadang, saat kita mencari informasi dari internet muncul website dengan konten berbahasa indonesia, namun menu bar nya menggunakan Bahasa Inggris.

Sehingga kita perlu tahu artinya agar bisa mengakses informasi tersebut. Atau ketika kita mencari video tutorial di YouTube yang ternyata memakai Bahasa inggris. Walau memakai subtitle Bahasa Inggris, kalo kita nggak paham sama bahasanya bagaimana kita bisa mengikuti langkah-langkah yang ada di video tersebut?.

2. Mempermudah komunikasi dengan orang-orang dari berbagai latar belakang negara

Manusia adalah makhluk sosial yang selalu berkomunikasi dengan orang lain, terutama dari luar negeri. Tentunya  kita memerlukan bahasa inggris ini untuk membantu kelancaran dalam berinteraksi. Bayangkan, dua orang dari negara berbeda yang tidak memakai Bahasa Inggris sebagai bahasa resmi.

Tentunya membingungkan ya temen-temen, misalnya orang Jepang ngobrol sama orang Indonesia. Nah gimana tuh kalo ga ada Bahasa Inggris sebagai bahasa penghubungnya, ya kecuali masing-masing mau pakai bahasa Indonesia atau Bahasa Jepang. 

3. Membantu dalam lingkup akademik

Dalam lingkup akademik, terkadang membutuhkan referensi tertentu namun tidak tersedia dalam bahasa indonesia. Seperti mencari jurnal, aplikasi penunjang pembelajaran, sampai tutorial menggunakan Bahasa Inggris. Hmm ya mungkin memang bisa saja memakai bantuan terjemahan dari aplikasi atau website untuk menerjemahkan. Akan lebih membantu kalau dapat memahami Bahasa Inggris. Tentunya lebih menghemat waktu.

Selain itu, kalau pengen ikut lomba, pertukaran pelajar, atau program volunteering, konferensi pelajar di skala internasional, dan lanjut studi ke luar negeri mewajibkan punya kemampuan berbahasa inggris level tertentu. Misalnya nilai TOEFL, IELTS, duo lingo dan lainnya. 

Belum lagi membuat essay Bahasa Inggris ribuan kata. Sampai presentasi dan wawancara dengan Bahasa Inggris. Maka dari itu kita perlu mempersiapkannya dengan belajar bahasa inggris ya teman-teman.

4. Membekali diri untuk berkarir lintas negara

Apakah kamu bercita-cita untuk bisa berkarir secara global di perusahaan level internasional? Selain skill yang mumpuni, Bahasa Inggris jadi salah satu hal fundamental yang perlu dimiliki. Meskipun bekerja sebagai freelancer dengan sistem kerja remote, tetap menggunakan Bahasa Inggris untuk berkomunikasi dengan klien. Sambil memahami kultur kerja nya, bisa berkoordinasi dan kerja tim dengan baik. Sehingga kemampuan yang dimiliki bisa diakui dan mendapatkan apresiasi.

Nah itulah beberapa alasan mengapa kita perlu memahami Bahasa Inggris dengan baik. Bermanfaat bukan? Yang belum belajar, yuk dimulai. Sekarang sudah banyak alternatif cara untuk belajar bahasa inggris mulai dari belajar bareng temen, baca buku, nonton video berbahasa inggris atau mengambil kursus. Yang pasti disesuaikan dengan kenyamanan belajarmu yaa.. semangat !!!

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait