Opini

8 Rumor Tentang Mahasiswa Teknik Sipil, Mitos atau Fakta?

Apa benar mahasiswa teknik sipil itu jago gambar, jago ngitung tapi jarang mandi? Simak artikel ini untuk tahu klarifikasi dari Anak Teknik!

Fahrus Sabri6 September 2022

Mendengar kata mahasiswa teknik sipil, apa sih yang kalian bayangkan pertama kali? Mungkin ada yang membayangkan kalau isinya kebanyakan laki-laki? Atau mahasiswa yang hobi begadang? Nah, kali ini Anak Teknik mau klarifikasi nih tentang 8 rumor mahasiswa teknik sipil. Simak sampai akhir ya biar kamu nggak penasaran!

1. Mahasiswanya Kebanyakan Laki-laki

Mahasiswa Teknik Sipil Dominan Laki laki
Mahasiswa Teknik Sipil Dominan Laki-laki | Sumber: ingenieria.uchile.cl

Rumor pertama ini dapat dikatakan fakta. Seperti kebanyakan jurusan teknik lainnya, jurusan teknik sipil juga mayoritas diisi oleh laki-laki. Hal ini karena pandangan pekerjaan teknik sipil itu berat dan didominasi di lapangan. Sehingga dikhawatirkan perempuan nantinya tidak dapat survive selama perkuliahan dan sulit mendapatkan pekerjaan.

Namun pandangan tersebut dapat dipatahkan oleh Ibu Arvilla Delitriana. Salah satu insinyur sipil wanita yang sukses merancang jembatan lengkung LRT terpanjang. Hebatnya lagi berkat karyanya ini, beliau berhasil memperoleh 2 rekor MURI. Sosok Ibu Dina ini merupakan contoh bahwa perempuan bisa memiliki karir yang gemilang di bidang teknik sipil.

2. Mata Kuliah Sulit dan Praktikum yang Berat

Praktikum Teknik Sipil
Praktikum Teknik Sipil | Sumber: emu.edu.tr

Rumor kedua ini dapat dikatakan mitos. Selagi kamu dapat menjalani dengan hati yang senang, semua mata kuliah dapat dijalani dengan baik. Kunci dari mata kuliah teknik sipil adalah memahami konsepnya dan seringlah berlatih. Percayalah, “practice makes perfect!”.

Mayoritas praktikum teknik sipil itu dilakukan secara berkelompok. Contohnya seperti mekanika tanah, ilmu bahan dan beton, ilmu ukur tanah, dan lain-lain. Selama dapat bekerja sama dengan baik dengan kelompokmu, praktikum pasti akan dilewati dengan baik.

3. Harus Bisa Gambar dan Ngitung

Gambar Teknik Sipil
Mahasiswa Teknik Sipil Jago Gambar | Sumber; paxels.com

Rumor ketiga ini dapat dikatakan fakta, kenapa? Karena ini merupakan kemampuan dasar yang harus dikuasai mahasiswa teknik sipil. Namun jangan khawatir, seiring berjalannya waktu kemampuan kamu akan mulai terbiasa kok. 

Memahami konsep dasar matematika dan fisika merupakan dasar analisis di bidang teknik sipil. Sedangkan kemampuan menggambar bisa diasah dengan latihan menggunakan software seperti AutoCAD dan SketchUp.

Selain dua kemampuan di atas, mahasiswa teknik sipil juga harus memiliki pemahaman manajerial, berpikir secara logis, teliti dan kritis. Hal ini dapat meningkatkan kepercayaan diri dalam berkarir di bidang konstruksi nanti. 

4. Hobinya Begadang dan Jarang Mandi

Mahasiswa begadang
Mahasiswa Teknik Sipil Hobi Begadang | Sumber: rayyr.my.id

Kebiasaan-kebiasaan buruk sangat harus diklarifikasi. Tidak semua mahasiswa teknik sipil memiliki kebiasaan begadang dan jarang mandi loh. Kebiasaan buruk ini muncul karena mahasiswa sering mengerjakan tugas semalaman penuh. Lalu, besok paginya telat bangun dan tidak sempat mandi untuk mengeja perkuliahan pagi.

Terus bagaimana caranya buat terhindar dari kebiasaan buruk ini? Kuncinya adalah kamu harus pandai manajemen waktu. Usahakan kerjakan tugasmu sedini mungkin dan pintar-pintarlah mengatur skala prioritasmu. Jadi rumor ketiga ini adalah mitos

5. Kekeluargaan yang Solid

Mahasiswa Teknik Sipil Solid
Kekeluargaan Mahasiswa Teknik Sipil | Sumber: ce.gatech.edu

Fakta kelima ini sudah pasti fakta. Ikatan kekeluargaan ini menjadikanmu memiliki sifat tolong menolong dan empati kepada sesama mahasiswa teknik sipil. Baik dengan teman seangkatan maupun juga dengan senior dan junior.

Sebagai mahasiswa teknik sipil, kamu harus pandai bergaul dan bersosialisasi. Jika sudah memiliki relasi, dijamin kamu bakalan dibantu senior dalam perkuliahan. Contohnya seperti diberikan tutor, latihan soal ujian, bahkan bagaimana cara menghadapi dosen loh!

6. Jurusan Teknik Sipil = Kandang Buaya

Mahasiswa Teknik
Jurusan Teknik Sipil Terkenal Sebagai Kandang Buaya | Sumber: yunjaechild.blogspot.com

Coba mana para mahasiswi-mahasiswi korban ghosting para mahasiswa teknik sipil? Banyak orang menganggap bahwa di jurusan teknik sipil itu kandangnya buaya. Pandangan seperti ini muncul karena di jurusan teknik sipil sendiri minim perempuan. Jadi banyak yang melirik dan tebar pesona ke mahasiswa-mahasiswi fakultas lain.

Tapi tenang, tidak semua mahasiswa teknik sipil seperti ini kok. Kembali lagi ke masing-masing pribadi. Jadi rumor ini hanyalah mitos dan hanya dilakukan oleh beberapa oknum saja ya.

7. Prospek Kerja yang Luas

Prospek Kerja Teknik Sipil
Prospek Kerja Jurusan Teknik Sipil | Sumber: paxels.com

Rumor ketujuh ini merupakan 100% fakta. Di Indonesia sendiri, pembangunan infrastruktur sedang sangat gencar dilakukan. Kesempatan ini merupakan suatu peluang luas bagi lulusan teknik sipil. Belum lagi pembangunan hunian yang sangat menggeliat di kota-kota besar oleh pihak swasta.

Lulusan teknik sipil dapat bekerja untuk sebagai PNS dan pegawai BUMN dan di perusahaan-perusahaan swasta. Posisinya pun beragam, dari project manager, quality control, quantity surveyor, sub kontraktor, drafter, dan sebagainya. Selagi kamu punya skill, pengalaman dan relasi yang baik, tawaran pekerjaan akan banyak berdatangan.

7. Mahasiswa Teknik Sipil Calon Menantu Idaman

Calon Menantu idaman
Mahasiswa Teknik Sipil Calon Menantu Idaman | Sumber: Wedding Agreement (Netflix ID)

Rumor terakhir ini sangat menarik untuk dibahas nih. Bagi mahasiswa teknik sipil pasti semuanya setuju kalau rumor ini adalah fakta. Dilihat dari prospek pekerjaan yang menjanjikan, mahasiswa teknik sipil memiliki peluang masa depan cerah. Belum lagi kehidupan di proyek yang memang menuntut memiliki jiwa kepemimpinan dan tanggung jawab. Idaman banget pokoknya. Kalau kata Anak Teknik Sipil sih “gedung dan jembatan aja bisa dibangun, apalagi rumah tangga sama kamu”.

Bagaimana dengan klarifikasi 8 rumor mengenai mahasiswa teknik sipil di atas? Bagi kamu yang minat masuk jurusan teknik sipil, semoga dapat pencerahan dari penjelasan di atas. Dan bagi mahasiswa teknik sipil lainnya, apakah kamu punya pendapat lain? 

Share:

0 Komentar