Opini

5 Cara Mengatasi Kelelahan Ketika Mengerjakan Tugas

Mudah lelah ketika mengerjakan adalah hal yang mungkin dialami para pelajar, untuk mengatasinya berikut 5 cara yang bisa kita lakukan.

Farhan Hakimul F27 Januari 2022

Mahasiswa diberikan suatu tugas merupakan suatu keniscayaan. Tugas diperlukan sebagai proses pembelajaran. Sebab dengan mengerjakan tugas akan melatih diri kita dalam menyelesaikan permasalahan.

Serta melatih kemampuan berpikir. Terkadang dosen memberikan berbagai tugas, namun setiap orang memiliki cara menyikapi yang berbeda.

Tak jarang ada yang merasa lelah, jenuh, bahkan stress meskipun baru mengerjakan sebagian. Lalu bagaimana cara supaya untuk tetap semangat mengerjakan tugas?

Berikut 5 cara yang bisa kamu lakukan agar dapat mengatasi rasa lelah dan tetap semangat.

1. Kerjakan tugas yang paling mudah terlebih dahulu

Terkadang dosen setiap mata kuliah memberikan tugas secara bersamaan. Setiap matkul memiliki tingkat kesulitan yang berbeda menurut pribadi masing-masing. Oleh karena itu kerjakan tugas yang mudah terlebih dahulu baru ke yang lebih sulit. 

Hal ini dapat menghindarkan diri dari kelelahan. Sebab jika tugas itu mudah maka akan bersemangat untuk mengerjakan. Ini juga berlaku sebaliknya. 

2. Bertanya jika mengalami kesulitan

Terkadang kita terlalu berpikir keras untuk menyelesaikan tugas. Jika memang dirasa sulit, kamu bisa bertanya kepada dosen. Bisa jadi tugas yang kita kerjakan mudah dikerjakan namun terlihat sulit karena tidak tahu apa yang harus dikerjakan.

Selain itu, kamu bisa bertanya dan diskusi kepada temanmu yang sudah paham (Ingat bukan mencontek loh ya ). Dengan diskusi kita akan mendapatkan insight dan ilmu baru untuk menyelesaikan tugas.

3. Buat timeline pengerjaan tugas

Budaya SKS (Sistem Kebut Semalam) adalah budaya yang sudah menjamur di kalangan mahasiswa. Dengan sistem pengerjaan ini, tubuh dan pikiran dipaksa bekerja secara ekstra.

Belum lagi adanya deadline yang menghantui membuat hasil menjadi tidak maksimal (berantakan). Walau terkadang keajaiban dari pengerjaan SKS adalah tugas dapat terselesaikan dengan cepat, bukan berarti itu baik dilakukan.

Oleh karena itu, kita perlu untuk membuat timeline atau jadwal pengerjaan tugas. Komitmen dan disiplin dalam memenuhi timeline akan menghindarkan kita dari merasa lelah.

Karena kita berkuasa untuk memilih waktu-waktu yang menurut kita tepat. Tapi jangan mepet-mepet deadline loh ya , itu mah sama saja dengan sistem SKS.

4. Ciptakan suasana yang nyaman

Lingkungan sekitar kita sangat berpengaruh pada mood kita. Oleh sebab itu, kita bisa menciptakan ruangan yang tenang dan jauh dari keramaian.

Kamu bisa menyalakan musik kesukaan namun tetap fokus mengerjakan tugas. Buatlah lingkungan yang rapi dan nyaman. Hindari mengerjakan tugas di tempat tidur (kasur).

5. Mulai stress? istirahat dulu

Setiap orang punya batasan ketika diberikan banyak tugas. Kemungkinan stress dapat terjadi sehingga mood menjadi malas untuk mengerjakan tugas.

Ketika dirasa benar-benar stress, istirahatlah sebentar selama beberapa menit. Tubuh dan pikiran butuh istirahat jika sudah dirasa cukup, baru dapat dilanjutkan kembali.

Itulah 5 cara yang bisa kita lakukan untuk menghindari rasa lelah dalam mengerjakan tugas. Apakah ingin menunda tugas atau mengerjakan karena kewajiban sebagai mahasiswa. 

Share:

0 Komentar