Pengetahuan

Tips Mendapatkan Pekerjaan Lewat LinkedIn

Berikut tips agar mudah mendapatkan pekerjaan melalui LinkedIn

Farhan Hakimul F2 Agustus 2021

Saat ini untuk mendapatkan info pekerjaan bisa dari mana saja. Berbagai cara dapat kita lakukan untuk mendapat informasi lowongan pekerjaan. Seperti  dari teman, info dari perguruan tinggi, website lowongan pekerjaan ataupun dari media sosial.

Media sosial menjadi salah satu cara untuk mendapatkan informasi contohnya LinkedIn. Disini kita bisa dapat banyak info lowongan. Selain itu juga dapat menjalin koneksi dengan para profesional dan orang-orang dengan jabatan penting di suatu perusahaan. Untuk memaksimalkan hal tersebut maka berikut tips-tips yang bisa dicoba.

1. Lengkapi Profil LinkedIn

lengkapi profile linkedin

Profil mengandung informasi tentang diri kita. Agar orang lain bisa mengenal kita dengan baik caranya yang pertama lengkapilah profil kita.

Mulai dari pendidikan, pengalaman, skill serta pencapaian atau penghargaan yang pernah kita miliki. Dengan profil lengkap dan bagus akan memberikan kesan yang baik dan membuat orang tertarik dengan kita.

2. Jalin Koneksi Dengan Para HR

menjalin relasi dengan HR

Tips yang  kedua adalah perbanyaklah menjalin koneksi dengan para HR (Human Resource). Hal ini karena sekarang banyak para HR memposting lowongan lewat LinkedIn. Semakin banyak informasi yang kita dapatkan semakin besar juga peluang mendapat pekerjaan.

 3. Mengirim Pesan Langsung (DM)

mengirim pesan langsung

Untuk tips yang ketiga ini mungkin jarang ada yang mencoba karena alasan mungkin tidak kenal ataupun merasa sungkan. Tapi bukan berarti kita tidak boleh mencobanya dikarenakan alasan tersebut.

Cobalah kirim pesan ke para HR ataupun orang-orang yang memiliki koneksi kesuatu pekerjaan. Sebelumnya kalian bisa memulai percakapan dengan mengucapkan terimakasih karena telah menerima permintaan koneksi kita diLinkedIn. Setelah itu bisa coba ngobrol tentang apapun yang penting nyambung dengan background mereka. Kalian juga bisa meminta review CV kalian.

Perlu diingat gunakanlah kalimat yang sopan dan jangan terkesan memaksa. Selain itu jika pesannya tidak kunjung dibalas maka harus tetap sabar  dan jangan kesal dan tetap jalii hubungan baik.

4. Selalu Posting Sesuatu Yang Bermanfaat

postingan yang bermanfaat

Tips yang berikutnya adalah sering-seringlah memposting sesuatu yang baik. Postingan kalian bisa tentang pengalaman hidup, motivasi, maupun ilmu pengetahuan selain itu cobalah  memperkenalkan diri kita , skill kita , pengalaman kita.

Postinglah apapun yang sekiranya itu bisa memberi manfaat bagi orang lain. Selalu tanamkan dalam hati bahwa kebaikan yang kita berikan akan kembali kekita lagi. Jadi ketika kita memposting sesuatu yang baik maka orang-orang juga akan menilai kita dengan baik. Oleh karena itu peluang kita dilirik para rekruiter juga semakin besar. Dengan begitu orang lain atau para rekruiter boleh jadi justru yang akan menawari kita pekerjaan.

Jadi untuk mendapatkan pekerjaan kita harus memaksimalkan semua yang ada dan tetap semangat dan bersabar serta jangan lupa berdoa semoga cepat untuk mendapat pekerjaan.

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait