Pengetahuan

3 Rekomendasi Bacaan Bagi Kamu Seorang Structure Analyst Engineer

Bacaan apasih yang wajib jika kamu seorang Analis Engineer? Hal hal apa apa aja untuk memperkuat fundamentalmu? Mari kita simak

Fatchul Amin3 Juli 2021

Didalam sebuah analisis struktur terdapat beberapa elemen yang akan sebagai perkuatanmu untuk menjadikan sebagai difokuskan pada pemahaman dan pengembangan sistem struktur. Namun dalam implementasi dilapangan terdapat ketidaksesuaiianan dari teori dan juga lapangan. Hal ini bisa diatasi dengan melakukan pendekatan akan pemahaman yang berbeda ini akan lebih kuat dengan adanya dasar teori atau juga fundamental didalamnya.

Sebagai seorang yang ingin mendalami tentang analisis struktur terdapat rekomendasi bacaan yang dapat membuatmu lebih paham tentang analisis struktur, terlebih dengan fundamental yang kuat.

Berikut ini buku-buku yang dapat menjadi bacaanmu sebagai seorang analyst engineer :

1. Perencanaan Dasar Struktur Beton Bertulang


 

Perencanaan dasar struktur beton bertulang / Iswandi Imran, Ediansjah  Zulkifli ; editor bahasa, Tuti Sarah | OPAC Perpustakaan Nasional RI.
sumber : Perpusnas/iswandi

Buku ini akan membahas tentang perencanaan/ perancangan struktur beton bertulang. Materi yang dibahas mencakup antara lain aspek kekuatan, kemampuan layanan, perilaku dan desain eleman-elemen struktur beton, seperti balok, kolom, dan plat satu arah. Selain itu, buku ini juga membahas material beton pada perilaku elemen struktur lentur, lentur dan normal, serta geser dan torsi. Menariknya buku ini juga terdapat contoh-contoh penyelesaiaan analisis lohh, jadi ga rugi deh.


2. Perencanaan Lanjut Struktur Beton Bertulang

Perencanaan Lanjut Struktur Beton Bertulang Iswandi Imran & Fajar Hendrik |  Shopee Indonesia
Sumber : perpusnas/Iswandi

Setelah mengetahui dasar-dasar dari sebuah struktur, lanjutannya adalah pemahaman tentanh perilaku dan desain komponen. Jadi kurang lebih buku ini akan membahas tentang Sistem Rangka Pemikul Momen Biasa, menengah, dan khusus. 

3.  Contoh Desain Bangunan Tahan Gempa 

Jual Buku Contoh Desain Bangunan Tahan Gempa Bambang Budiono - Kota  Yogyakarta - Richunique | Tokopedia
Sumber ; Tokopedia/ITBPressn

Semakin bertambah pemahaman kita tentang analisis, buku ini membahas tentang sudy kasus yang mana kamu bisa mempelajari sisi lain dalam merencanakan sebuah bangunan. Jadi menurut pembaca tidaklah rugi jika kamu membeli buku ini. Sebagai analis struktur memperbanyak trial and error tidak lah membuatmu rugi waktu. 

Dalam buku ini juga membahas beberaa studi kasus antara lain

  • Sistem rangka pemikul momen
  • Momen khusus dan sistem dinding 
  • Struktur khusus di Jakarta

Jadi apakah kamu tertarik dengan bidang struktur? Atau semakin menjadikanmu semakin galau untuk penjurusanmu nih? Rekomendasi buku ini bisa banget menjadikan kamu memiliki gambaran tentang struktur itu apasih dan juga analis. Jadi semakin bersemangat yaa dalam belajar, tidak ada yang bisa membatasmu, jadi tetap semangat.

Jika kamu menyukai bacaan ini kamu bisa banget share dan like lohhh , Terimaksiah

Share:

0 Komentar