Pengetahuan

Macam-Macam Bangunan Pada Industri Oil And Gas

Bangunan Pada Industri Oil dan Gas Suatu hal yang akan menjadi penunjang pada produktifitas pada eksplorasi minyak bumi, untuk itu berikut macam-macam jenis bangunan oil and gas

Fatchul Amin28 April 2023

Bangunan-bangunan offshore berada di lepas pantai atau di tengah laut yang jauh dari daratan. Bangunan-bangunan ini biasanya digunakan untuk kegiatan ekstraksi sumber daya alam serta pembangkit listrik tenaga angin laut. 

Baca juga : Turbin Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB)

Desain offshore seringkali memiliki konstruksi khusus agar mampu bertahan di lingkungan laut berbahaya. Bangunan offshore dibangun di atas laut untuk digunakan dalam industri minyak dan gas. Berikut ini adalah beberapa jenis bangunan offshore yang umum:

Platform tetap (Fixed Platform)

Platform tetap adalah struktur beton atau baja yang ditempatkan di dasar laut. Platform ini dirancang untuk menahan kondisi laut yang keras dan untuk pengolahan minyak atau gas.
 

What Is a Fixed Platform? (with pictures)
Source : Mechanics.com

Platform terapung (Floating Platform)

Platform terapung adalah struktur yang didesain agar dapat mengapung di atas air untuk pengeboran minyak dan gas. Ada beberapa jenis platform terapung, termasuk Floating Production Storage and Offloading (FPSO), Floating Storage and Offloading (FSO), dan Spar.

Fasilitas pengeboran

Fasilitas pengeboran digunakan untuk mengebor sumur minyak atau gas di dasar laut. Fasilitas pengeboran dapat berupa platform tetap, platform terapung, atau rig pengeboran.

Tentara Ukraina Gempur Fasilitas Pengeboran Minyak Krimea di Laut Hitam  saat 109 Orang Bekerja
Source : CNN.com

Lighthouse

Mercusuar berfungsi sebagai bantuan navigasi kapal, terutama pada malam hari. Biasanya mercusuar terletak di tempat yang strategis seperti di karang atau lepas pantai.

Subsea manifold

Manifold subsea adalah bagian penting dari jaringan pipa bawah laut. Dampaknya memungkinkan pengumpulan dan distribusi aliran minyak dan gas dari sumur-sumur bawah laut ke fasilitas pengolahan yang ada.
 

Subsea Oil & Gas Production System Manifold | OneSubsea
Source : Subsea

Wind Turbine

Turbin angin laut adalah jenis bangunan offshore untuk menghasilkan listrik. Turbin angin laut terdiri dari kincir-kincir angin yang dipasang pada struktur yang terapung di atas laut.

Wind energy for offshore installations: opportunities and challenges -  #SINTEFblog
Source : Windsea.com

Hotel kapal (Accommodation Vessel)

Hotel kapal digunakan untuk tempat pelaut atau pekerja offshore beristirahat selama bekerja. Hotel kapal ini dilengkapi dengan fasilitas seperti kamar tidur, restoran, dan pusat rekreasi.

Bangunan-bangunan offshore memegang peran penting dalam industri ekstraksi sumber daya alam dan energi di laut lepas. Selain itu, juga menjadi tempat bekerja bagi para pekerja offshore selama beberapa waktu.

Baca juga : 5 Hal Sebelum Kuliah Teknik Lepas Pantai

Oleh karena itu, keamanan dan kesehatan para pekerja menjadi prioritas utama. Demikianlah beberapa jenis bangunan offshore yang dapat ditemukan di laut. 

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait