Opini

Peluang Lulusan Kampus Swasta VS Lulusan Kampus Negeri

Dalam jenjang karir pernahkah kalian mempertanyakan hal yang membedakan peluang kerja lulusan kampus swasta dan kampus negeri dalam peluang mencari pekerjaan?

Fatchul Amin22 Februari 2023

Peluang pekerjaan merupakan hal yang sensitif dikalangan generasi sekarang. Ditambah lagi dengan situasi ketika mereka menyelesaikan sekolah adalah masuk dalam pandemi.

Berdasarkan survey dari The Harris Poll mengatakan kelompok dewasa muda cenderung lebih rentan untuk mengalami strees saat ini dibandingkan sebelum pandemi. Hal ini mempengaruhi lebih dari 60% responden berpikir ulang mengenai cara menjalani hidup.

Masuk dalam perguruan tinggi sudah dibedakan dengan pilihan perguruan swasta dan perguruan negeri. Orientasi pekerjaan bagi lulusan  di tengah persiapan menghadapi dunia kerja. sebenarnya apakah peluang lulusan perguruan swasta lebih kecil dari lulusan negeri? Tidak, perusahaan akan memilih untuk menyeleksi kemampuan dari pelamar dibandingkan asal universitas.

Beberapa poin untuk kamu dapat memperbesar peluang dalam diterima saat seleksi kerja:

1. Meningkatkan Skill

kemampuan adalah
Sumber ; Freepik

Meningkatkan skill akan dipandang saat kamu seleksi dalam pekerjaan. Hal apa saja yang dapat kamu kembangkan bisa diwujudkan dengan beberapa cara.

Salah satunya mengembangkan skill dan kompetensi diri. Hal ini dapat kamu lakukan dengan aktif mengikuti kegiatan organisasi, kursus-kursus yang dapat membantumu meningkatkan skill.

2. Relasi Perguruan Tinggi

4 Cara Bangun Relasi Sejak di Bangku Kuliah

Sumber : Detik.com

Meningkatkan relasi dalam bangku kuliah dapat kamu lakukan dengan cara memperluaskan pertemanan. Dengan demikian, maka akan memperluaskan keberagaman kamu dalam kampus dan juga luar kampus. Langkah selanjutnya dapat aktif organisasi. Kamu bisa mengembangkan dari tahap komunikasi. Hal ini merupakan hal-hal positif karena kamu akan memiliki relasi dengan petinggi perguruan tinggi lain.

3. Magang Kerja

Kesempatan untuk menambah peluang kamu dalam perusahaan, instansi maupun lembaga lainnya adanya magang. Selain bertambah teman, skill dan keterampilan akan bertambah.

Proses ini akan menerapkan keilmuan atau kompetensi yang didapat selama menjalani  masa pendidikan. Didunia kerja secara langsung akan memahami sistem kerja secara profesional di industri sebenarnya. Terdapat beberapa magang yang telah di support oleh pemerintah dengan program Kampus Merdeka dimana mahasiswa melakukan magang sesuai linier dengan jurusannya 

 

Mitra Akademik DPP — Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) – DPP UGM

Sumber :  Detik.com

Nah dari beberapa poin diatas dapat disimpulkan peluang lulusan perguruan swasta dan perguruan negeri tidak mempengaruhi dalam seleksi. Namun ada beberapa kasus alumni akan mempermudah kamu. Namun tidak semuanya seperti itu. Jadi hal-hal diatas  akan membantu dirimu dalam mempermudah kamu dalam tahap seleksi.

Jangan berkecil hati jika kamu berasal dari perguruan swasta selalu fokus untuk mengembangkan dirimu dan memiliki rencana-rencana kamu kedepannya. 
 

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait