Pengetahuan

Rekomendasi Akun Youtube Civil Belajar Excel Dari Level Pemula Sampai Advance

Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi akun-akun youtube yang dapat dijadikan dari level pemula sampai advance, mari kita simak

Fatchul Amin9 November 2021

Miscrosoft Excel merupakan perangkat untuk mempermudah dalam pekerjaan sehari-hari. Excel adalah aplikasi untuk perencanaan budget, serta pelaporan kinerja dengan penginputan data. Penerapan excel untuk mahasiswa teknik banyak untuk membuat, menganalisa,serta meringkas data. Dapat juga untuk melakukan aritmatika dan statistika sehingga dapat membantu menyelesaikan permasalah matematika. 

Walau mempermudah pekerjaan, namun masih ada kesalahpahaman ketika konsep dasar tidak sesuai dengan pembuatannya. Untuk itu sangat perlu memahami konseptual kemudian masuk kedalam aplikasian dari konsep tersebut.

Bagi mahasiswa teknik sipil, Microsoft excel dapat membantu dalam pekerjaan teknik sipil. Penggunaan dasar-dasar teknik sipil bisa dilakukan seperti manajemen perencanaan, perhitungan balok, kolom, plat dan lain-lain. Berikut beberapa rekomendasi akun youtube untuk belajar dari level pemula sampai advance :

1. Engr. Mohammad Adil 

Video pelatihan berdurasi 90 menit ini dapat diakses secara gratis. Meskipun berbahasa inggis, namun step by step yang ditawarkan sangatlah mudah dipahami. Akun ini dipegang oleh orang India yang membahas excel untuk pemula sampai tinggi.

Sumber : Youtube/Engr. Mohammad Adil

2. MLM ENGINEERING

Sumber : Youtube/MLM ENGINEERING

Untuk kamu yang pengen belajar dengan durasi pendek, akun ini bisa banget digunakan untuk belajar. Selain excel, masih banyak vidio tentang teknik sipil. Dan pastinya bisa dijadikan bahan referensi untuk kamu sebagai mahasiswa.

3. Rumah Anak SIpil

Sumber : Youtube/Rumah Anak Sipil

Apabila sebelumnya menggunakan bahasa inggris, namun kali ini kita membahas dengan berbahas indonesia. Tips-trik, pembuatan kurva S sangatlah berguna untuk kamu yang ingin mendalami keilmuan manajemen. Ditambah adanya step by step membuat breakdown dari item apa saja dari awal sampai pekerjaan selesai.

Tidak hanya memberikan perhitungan excel dan produktifitas, namun juga ada cara pengambaran autocad. Bentuknya terdiri dari  perhitungan struktural, dilanjutkan untuk menghitung kebutuhan tulangan yang akan digunakan .

4. Drafter Indonesia 

Sumber : Youtube/Drafter Indonesia

Menjelaskan tentang sebuah perencanaan membahas teori-teori tentang tips dan juga trik belajar excel. Namun channel ini juga membahas rekomendasi buku untuk dijadikan sebagai referensi pembelajaran. Keunggulan dari channel yaitu membaca gambar kerja lalu dilakukan penghitungan volume pengolahan yang dijadikan sebagai angggaran dasar atau BQ (Bills of Quantitie). 

5. Project Channel

Sumber : Youtube/Prject Chanel

Rekomendasi terakhir merupakan akun mengajarkan alur perhitungan dari item pekerjaan secara live stremaing. Alur perhitungan dari item pekerjaan untuk menentukan item pada runtutan pekerjaan dan mengolah menjadi Kurva S. Sangat cocok untuk mahasiswa yang berminat di bidang manajemen yaa. 

Berikut Beberapa channel yang dapat membantu kamu untuk mengembangkan skill di bidang excel. Sebuah keahlian akan muncul dengan konsistensi karena terus diasah. Terimakasih telah membaca. Jika kamu suka bisa kamu tulis dikolom komen dan sebarkan keteman-temanmu

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait