Teknologi

Rekomendasi Software yang Wajib Bagi Seorang Freelance Drafter

Sebelum memulai karir sebagai drafter, hal-hal apa saja sih yang bisa kamu persiapkan untuk menjadi freelance drafter. Mari kita simak

Fatchul Amin15 Desember 2021

Dalam era digital, sudah tidak asing dengan istilah freelance. Sebenarnya apa itu freelance? Freelance merupakan pekerja lepas yang bekerja dari segi posisi, pekerjaan, gaji, maupun lokasi kerja. Dengan kata lain mereka bekerja tanpa terikat jam kantor. Namun tidak dipungkiri beban kerja yang berat dan rawan kebosanan.

Sedangkan drafter atau tukang gambar sangatlah sering terdengar di pekerjaan proyek konstruksi. Sebagai juru gambar yang tugasnya adalah mengambar secara skalatis antara sipil, arsitektur, mesin hingga interior.

Tahukah kamu, ada beberapa software yang wajib dikuasai oleh seorang seorang freelance drafter. Untuk itu, drafter perlu menguasai software gambar. Berikut beberapa software yang wajib dikuasai oleh seorang freelance drafter :

1. AutoCad

Autocad merupakan perangkat lunak keluaran Autodesk. Autocad berfokus pada gambar 2 dimensi dan juga 3 dimensi. Software ini sangat populer digunakan di seluruh dunia. Perangkat ini sangat otomatis membantu para insinyur.

Spot Teknik: AutoCad Adalah

Sumber : Spotteknik/Image

2.SkechUp

FUNGSI DAN PENGERTIAN SKETCHUP – Site TitleSumber : Sitetitle/Image

Skechup merupakan perangkat lunak dengan fokus dalam permodelan 3d. Dengan menggunakan basis data sebagai permodelan. Pengeditan model 2D bisa langsung diimplementasikan dengan cara melakukan "Push and Pull".

Kegunaannya bagi para perancang untuk mengekstraksi permukaan datar menjadi 3D. Sketchup dapat mempermudah urusan presentasi gambar bangunan, furniture dan juga desain interior. Dengan begitu memudahkan klien mengenal hasil gambar. 

Baca juga : 10++ Plugin SketchUp Gratis dan Cara Installnya

3. 3dsMax 

3dsMax adalah merupakan software modeling,rendering dari animasi yang berbasis windows. Biasanya dalam pengapliasiannya, software ini digunakan untuk keperluan animasi 3 dimensi pada sebuah bangunan.

Gambar yang ditampilkan lebih terlihat nyata. Output dari software ini dapat berupa JPEG maupun Vidio animasi. Namun, hasil animasi bergantung dari pengaturan view yang maksimal, cahaya, dan tekstur. Tak lupa dengan pemilihan material yang sesuai pada suatu item pekerjaan.

4. ArchiCad

Archicad ini adalah sebuah aplikasi software yang dikembangkan oleh Graphisoft. Cocok untuk drafter yang bekerja pada bidang teknik maupun untuk arsitektur. Aplikasi ini digunakan untuk merancang dan digunakan untuk memvisualisaikan suatu objek pekerjaan. Software ini juga sudah termasuk dalam BIM (Building Information Modeling )

Baca juga  3 Perbedaan Spesifik Antara CAD dan BIM

Apa itu Archicad ?
Sumber : archilantis.com/image

Demikian beberapa rekomendasi software yang wajib jika kamu seorang freelance drafter. Dengan kamu mengembangkan skill dan value kamu dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. 

Share:

0 Komentar