Pengetahuan

Tipe-Tipe Gempa Dinamik

Yuk kenalan dengan gempa dinamik siapa tau bisa jadi referensimu dalam perencanaan nih

Fatchul Amin31 Mei 2021

Gempa Bumi merupakan getaran tiba-tiba yang terjadi dipermukaan bumi akibat adanya energi dalam bumi yang menciptakan gelombang kesegala arah, baik secara horizontal maupun secara vertikal. Gempa yang sampai kepermukaan tanah dapat mempengaruhi terhadap bangunan yang ada diatasnya, sehingga perlu di alakukan perencanaan bangunan tahan gempa.

 

Dalam perencanaan Bangunan Tahan gempa terdapat perencanaan gempa dinamik yang mana adalah  analisis struktur dimana pembagian gaya geser gempa diseluruh tingkat diperoleh dengan memperhitungkan pengaruh dinamis gerakan tanah terhadap struktur. Terdapat 2 macam tipe- tipe dinamik antara lain adalah Respon Spektrum dan Time History.

 

 

1. Respon Spektrum 

Sumber = SNI 1726-2019

Respon spektrum merupakan suatu metode yang menggunakan spektrum gempa yang berbentuk kurva dengan hubungan antara periode struktur bangunan dengan percepatan bangunan. analisis digunakan untuk mendapatkan suatu perencanaan displacment yang mana akan menjadikan suatu metode gempa yang diperolah dari rekaman riwayat percepatan dari model single degree of freedom (SDOF) yang dibebani dengan berupa ground motion, rekaman riwayat yang diambil merupakan plot dari nilai maksimum ( percepatan,kecepatan,dan perpindahan) dari periode yang berbeda-beda sehingga membentuk sebuah kurva yang dikenal sebagai respon spektrum (RS).

Dalam pengaruh respon spektrum juga dipengaruhi oleh beban gempa, rasio redaman,peiode getar, daktalitas dan kondisi tanah, sehingga dapat menggunakan gempa maksimum. untuk intensitas bebannya, maka respon yang terbesarlah yang menentukan dicapainya respon dari simpangan maksimum, riwayat ini dilakukan pula dalam menghitung kecepatan dan percepatan massa.

 

2. Time History

-Sumber : https://hesa.co.id/time-history-analysis/

Time History Analysis  Merupakan metode analisa beban gempa dengan menggunakan rekaman gempa asli yang diperoleh secara langsung menggunakan alat peredam gempa (Seismograph). Prosedur yang paling penting dari metode ini adalah proses penyetaraan intensitas gempa yang digenak dengan istilah specta matching method.

Metode ini  merupakan hasil dari rekam gempa yang digunakan juga harus dimodifikasi puncak percepatannya hingga sekurang-kurangnya setara terhadap spektrum SNI. 

Jadi dalam perencanaan gempa dinamik juga diperhitungkan tentang kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi , sebagai calon enginer harus dapat mengasah analisis dari bermacam-macam kemungkinan, untuk itu dengan adanya pengenalan untuk dinamik dan juga statik .

Nah gimana nih teman -teman apakah sudah paham gak nih tentang gempa dinamik, selanjutnya kita akan bahas gempa statik, untuk itu silahkan tinggalkan pesan di komentar ya...

 

Share:

0 Komentar