Opini

Semangat Baru Prodi Teknik Elektro di Kampus Biru, Universitas Bengkulu

EGOS : Electrical Goes To School 2023 by HIMATRO FT-KBM UNIB menuju Sumber Daya Manusia yang unggul dan berkualitas untuk Indonesia Emas 2045.

Febrian Najibul Afif 6 Februari 2023

HIMATRO FT-KBM UNIB melaksanakan kegiatan Electrical Goes To School (EGOS) 2023. Kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi siswa SMA/SMK/MA/Sederajat mengenai Program Studi Teknik Elektro, Universitas Bengkulu.

Program Studi Teknik Elektro berdiri berdasarkan surat keputusan DIRJEN DIKTI NO.2294/D/T2003 pada 5 September 2003. Kemudian, prodi ini berada di bawah naungan Fakultas Teknik. Selanjutnya, berdasarkan keputusan BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi) No. 3355/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/VI/2020, menyatakas Program Sarjana Program Studi Teknik Elektro Universitas Bengkulu terakreditasi B. Sertifikat Akreditasi berlaku sejak 31 Mei 2020 hingga 31 Mei 2025. 

Prodi Teknik Elektro UNIB terkonsentrasi pada yaitu Ketenagalistrikan, Teknik Kendali dan Elektronika, serta Telekomunikasi. Untuk menunjang aktivitas perkuliahan dan praktikum, maka disediakan 6 laboratorium, yakni :

  1. Laboratorium Pengukuran dan Sistem Tenaga Listrik
  2. Laboratorium Konversi Energi Listrik
  3. Laboratorium Instrumentasi dan Kendali
  4. Laboratorium Elektronika dan Telekomunikasi
  5. Laboratorium Robotika
  6. Laboratorium Komputer

EGOS 2023 mengangkat tema “Meningkatkan Minat Generasi Muda yang Berwawasan Inovasi & Teknologi dalam Bidang Elektro pada Era Revolusi 5.0 Melalui Program Studi Teknik Elektro

Kegiatan ini dilaksanakan mulai dari 9-16 Januari 2023. Dengan daerah tujuan yakni Kota Bengkulu, Kabupaten Bengkulu Selatan, dan Kabupaten Bengkulu Tengah. SLTA yang dikunjungi yaitu SMKN 1 dan SMKN 2 Kota Bengkulu, SMAN 5 dan SMAN 6 Bengkulu Selatan, serta SMK IT dan SMAN 5 Bengkulu Tengah.

Tidak hanya menyampaikan materi saja, para siswa juga bertanya mengenai jurusan ini. Bahkan, ada yang berkonsultasi lebih lanjut mengenai Kampus Biru dan Teknik Elektro. Dengan antusias yang luar biasa, sesi tanya jawab dilanjutkan melalui DM Instagram @himatro_unib

Output dari kegiatan ini agar siswa melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi dan tertarik pada Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Bengkulu. prospek kerja dari lulusan ini sangatlah banyak. Mulai dari bidang industri, menjadi pegawai BUMN, Aparatur Sipil Negara, bahkan pendiri startup.

Tahun ini, Prodi Teknik Elektro membuka 3 jalur masuk, yakni SNBP (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi), SNBT (Seleksi Nasional Berdasarkan Tes), dan Seleksi Mandiri. Para siswa dapat memilih melalui jalur manapun dan peluang yang akan dipilih. Untuk info lebih lanjut, bisa melihat laman https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ dan https://www.unib.ac.id/.

Universitas Bengkulu menyediakan beasiswa untuk warga kurang mampu maupun prestasi yang bekerjasama dengan berbagia pihak. Misalnya, Beasiswa KIP-K, Beasiswa Bank Indonesia, Beasiswa Unggulan, Beasiswa Djarum, dan masih banyak lagi. So, tetap stay tune di instagram @himatro_unib mengenai informasi terbaru yaa.

Salah satu Staf Ahli Departemen Eksternal HIMATRO FT-KBM UNIB, Febrian Najibul Afif menyadari bahwa kegiatan ini, edukasi mengenai pendidikan bukan hanya tugas pemerintah maupun akademisi. Ini tugas kita bersama apalagi mahasiswa sebagai agen perubahan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

Jangan sampai generasi penerus bangsa tertinggal dengan informasi.  Dengan melihat antusias yang luar biasa, kegiatan ini akan diusulkan kembali di tahun depan.

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait