Kreatifitas

Biar Gak Rebahan Terus, 3 Tips Biar Rajin Selama Liburan Semester

Udah gak zaman libur kuliah rebahan terus apalagi anak teknik. Banyak waktu luang punya gak punya skill harus tetep produktif biar si mamah gak ngomel-ngomel,, tidurrr, mainn hape aja teroos,,...

Masuk libur akhir semester genap, kamu punya banyak waktu senggang dari biasanya. Sehari-hari kamu ngerjain tugas tapi masih gak paham-paham juga.

Saat liburan, lakukan tips ini simple banget. Hampir semua orang bisa ngelakuinnya ketiga hal ini.

Bangun pagi

Gini, orang sukses tuh selalu bangun pagi. Mereka percaya bahwa siapa yang bisa menaklukan paginya maka harinnya akan berhasil.

Langkah pertama yang harus kamu lakukan yaitu menaklukan diri sendiri dari rasa males gerak. Lawanlah itu. ini modal untuk harga sebuah kesuksesan. Terdengar remeh namun ini solusi terbaik.

Bangun. Bereskan tempat tidur lalu basuh muka dan mulai tulis tiga kegiatan random hari ini.

Tentukan tiga kegiatan harian

Setelah bangun pagi berhasil, biasanya kamu bakal bingung mau ngapain. Coba tulis kegiatan yang bakal kamu lakuin selama sehari ini, 3 aja yang penting semuanya tercapai. Di bawah ini daftar referensi kegiatan yang mungkin kamu juga cocok buat dilakuin yaitu.

  • Olahraga atau meditasi
  • Siram dan rawat tanaman
  • Dengerin podcast 
  • Lampiasin ide unik dengan membuat sesuatu seperti desain grafis, prototype, codingan, atau konten
  • Bantu orang tua 
  • Tulis ide lewat buku jurnal
  • Ikut kelas pelatihan online atau webinar
  • Bikin proyek arduino, rasberry pi, phyton, dll
  • Membaca berita
  • Belajar bahasa inggris
  • Cari jawaban apa yang kamu belum ketahui lewat internet atau buku

Kamu bisa bikin kegiatan apapun secara acak tanpa memikirkan seberapa penting hal itu. Dengan melakukan hal tersebut, kamu akan terbiasa untuk berusaha mencapai tujuan.

Melatih diri dengan mencapai hal-hal kecil terlebih dahulu. Setelah itu, barulah ke tujuan besar seperti cita-cita. Kamu bisa memulai dari pencapaian hari ini.

Jika tujuan kecil saja tidak bisa kamu capai, lalu bagaimana dengan tujuan besar seperti cita-cita?

Jangan begadang

Coba beri batas aktivitas misalnya mulai jam 11 malam harus tidur, bangun jam 5 pagi. Buatlah daftar tiga kegiatan apa hari ini. Selain baik untuk kesehatan, bagun utnuk melatih konsistensi dalam mengatur waktu.

Jika kita belum pernah konsisten produktifitas, jabarkan kegiatan sepanjang hari yang sekiranya tidak bermanfaat. Contohnya scrolling sosial media  berjam-jam, melihat banyak konten random tapi besoknya lupa. Puasa sosmed membuat dilakukan oleh tokoh-tokoh sukses terkemuka dunia.

Sekarang buat alarm jam 5 pagi, bangun lalu buat tiga kegiatan untuk hari ini dan capailah. Kemudian jam 11 malam sudah tidur lalu kembali mengulang bangun jam 5 pagi dan membuat tiga kegiatan. Ucapkan dengan lisan bahwa saya akan konsisten. tiga hari  pertama mungkin akan sulit, tapi ini solusinya! 

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait