Pengetahuan

5 Channel Youtube Ini Bisa Membantu Kamu Memahami Kalkulus

Sekarang gausah pusing lagi dengan kalkulus, Ada banyak channel yang bisa membantu kamu untuk memahami mata kuliah kalkulus

Siapa yang ga suka kalkulus? Ya beberapa orang tidak bisa atau malahan tidak suka kalkulus, walaupun dia kuliah di jurusan teknik hehe. 

Ada beberapa alasan kenapa orang benci mata kuliah kalkulus diantaranya adalah karena gak dosennya, rumus yang begitu rumit, hanya ada jawaban benar dan salah. Padahal dalam urusan dunia teknik / engineering, kalkulus memiliki peran yang besar. 

Apa itu kalkulus

Kalkulus adalah bahasa dasar yang digunakan dalam perhitungan. Pembuatan desain mekanik/bangunan, kecepatan aliran air, kekuatan bahan, perpindahan panas, energi listrik yang dihasilkan, molaritas pada zat kimia adalah contoh penerapan kalkulus dalam keteknikan.

Bayangin seorang insinyur gagap kalkulus maka beresiko terjadi kecelakaan, sampai memakan korban jiwa. Maka dari itu, Kalkulus merupakan mata kuliah wajib dikuasai untuk mahasiswa teknik.

Jembatan tidak nyambung karena salah hitung

Channel Youtube tentang kalkulus

Maka dari itu penting bagi seorang insinyur memahami dengan betul konsep kalkulus. Nah, 5 channel Youtube ini bisa membantumu memahami kalkulus.

1. Study with Student

Channel ini dibawakan oleh dua orang, yaitu Yunus Febriansyah dan M Rizki Fadillah. Channel ini banyak membahas tutorial pemrograman komputer, seperti algoritma dasar pemrograman, logika informatika, java, phyton, C/C++ dll. Selain membahas pemrograman, channel ini juga membahas mengenai dasar - dasar kalkulus.

Menurut M Rizki Fadillah, kalkulus merupakan gerbang untuk memahami logika informatika, aljabar geometri, matematika diskrit, dan statistik.

2. Dita Pramesti

Mba Dita Pramesti adalah seorang Dosen Matematika di Telkom University. Pada Channel ini, beliau banyak membahas mengenai Aljabar, Kalkulus, Statitiska dan Probabilistik. 

Berbeda dengan channel yang sebelumnya yang menerapkan kalkulus pada pemrograman, channel ini berfokus pada teori dasar matematika.

Beberapa hal yang dibahas pada channel ini adalah kalkulus dasar, kalkulus integral, kalkulus turunan, matriks & ruang vektor, dan probstat (probabilitas dan statistik).

 

3. MATHCA official

Channel ini membahas banyak persoalan dalam kalkulus. Tidak sekedar membahas teori saja tetapi juga membahas soal ujian kalkulus. Soal-soal yang dibahas seperti Simak UI 2019, UAS ITB, UTUL UGM, hingga soal UTBK. 

Gak cuma itu, kamu bisa ikutan grup channel ini jika ingin membahas kalkulus lebih dalam. Link grup telegram ini dapat dilihat di beranda channel MATHCA. Dengan begitu kamu bisa berdiskusi atau konsultasi mengenai kalkulus sama ahlinya.

4. Don't Memorise

Pada saat kuliah, kita seringkali mendapatkan banyak teori dan persoalan mengenai kalkulus. Sayangnya, masih banyak diantara kita gak tau tujuan dan manfaat mempelajari kalkulus. Hal itu lah yang membuat seseorang malas belajar kalkulus. Sebab gak ngerti gunanya memahami kalkulus.  

Nah, channel ini tidak hanya membahas teori kalkulus saja, melainkan secara filosofis dan praktis. Mulai dari alasan kenapa perlu mempelajari kalkulus, dan penerapannya dalam sehari - hari. Dijamin pelajaran kalkulus di channel ini berbeda sama yang pernah diajarkan di kelas.

5. MySecretMathTutor

Channel ini lahir sejak 10 tahun lalu. Mulanya dengan membahas persoalan matematika yang sederhana. 

My secret math tutor kurang lebihnya membahas persoalan matematika serta penjelasan yang mudah dimengerti. Persoalan yang dipecahkan pada channel ini berdasarkan soal - soal ujian di kuliah. 

Mengingat channel ini bahasa Inggris, sepertinya persoalan di dapatkan dari luar Indonesia. Mungkin dengan kamu melihat channel ini, bisa mengetahui mana yang lebih sulit? Apakah kalkulus di Indonesia atau luar negeri?

Itulah 5 channel youtube yang bisa membantu kamu memahami kalkulus. Semoga dengan adanya channel itu kamu tidak benci atau takut dengan kalkulus. Sebab, pada dasarnya kalkulus itu ibarat "urat" dalam dunia engineering. Semoga bermanfaat.

Share:

0 Komentar