Opini

4 Hal Yang Jangan Kamu Lewati Sebagai Mahasiswa

Kamu Rugi Banyak Jika Tidak Mengikuti Beberapa Hal ini Saat Kuliah

Fariz Ghilyats Irfan24 Agustus 2021

Masa-masa kuliah merupakan moment yang sangat indah juga menentukan kemana langkah kakimu akan melangkah. Jangan biarkan masa kuliah mu hanya terlewati begitu saja tanpa meraih apa-apa selain gelar dibelakang nama lengkapmu.

Masa-masa oendidikan sarjana itu hanya sekali seumur hidup dapat dirasakan, berbeda dengan jenjang pendidikan selanjutnya. Saat studi untuk menyelesaikan S1 kita masih memiliki banyak teman, waktu, dan kesempatan untuk mengembangkan diri lebih jauh dari yang kita bisa. Berikut beberapa hal yang sebaiknya kamu jangan lewati saat duduk di bangku kuliah.

1. Ikut perlombaan yang sesuai dengan jurusan mu

Ya, mengikuti berbagai jenis macam perlombaan sangat disaranakan untuk kamu yang masih berstatus sebagai mahasiswa. Dengan mengikuti perlombaan yang sesuai dengan bidang jurusan kuliah dapat mempertajam kemampuanmu akan backgorund pendidikanmu yang nantinya akan sangat berguna ketika masuk dalam dunia pekerjaan. Selain itu, kamu akan lebih dekat dengan dosen-dosen dijurusanmu dan lebih banyak peluang untukmu mengasah kemampuanmu akan studi yang selama ini kamu jalani.

2. Bergabung dan Aktif dalam Organisasi

Akan sangat disayangkan jika kuliahmu itu terlewati tanpa mengikuti organisasi, padahal didalamnya banyak sekali manfaatnya. Kamu bisa bertemu teman-teman baru dan menambah relasi pertemanan seluas-luasnya, tidak hanya dijurusan, bisa di fakultas lain bahkan kampus lain.

Aktif dalam organisasi juga mengasah kemampuan softskill mu seperti kemampuan berbicara didepan umum, kemampuan berkordinasi, kemampuan memutuskan masalah, dan sebagainya. Selain itu, kemampuan mu berpikir untuk menyelesaikan masalah akan terbentuk dan memiliki pola pemikiran yang luas akan banyak hal. Kemampuan-kemampuan seperti ini juga sangat penting saat kamu memasuki dunia kerja nanti yang jauh lebih menantang.

3. Mendapatkan Beasiswa

Manfaatkan kuliah mu untuk mencoba mendaftarkan dirimu di berbagai beasiswa yang ada, berapapun besarnya ini dapat sangat membantu meringankan beban orang tua mu dalam membiayai pendidikan kuliahmu. Ada sangat-sangat banyak jenis beasiswa yang tersebar diseluruh penjuru negeri dan bisa kamu dapatkan dengan modal keinginan yang kuat.

Percayalah, meringankan biaya pendidikan karena jasamu adalah sesuatu yang sangat berarti untuk kedua orang tuamu. Sangat banyak kesempatan untuk mendapatkan beasiswa asalkan kamu memiliki nait yang kuat.

4. Ikut pertukaran pelajar

Saat ini banyak kampus dan program-program pemerintah yang menawarkan mahasiswa untuk mendapatkan kesempatan mengikuti pertukaran mahasiswa baik dalam maupun luar negeri, sepertinya sangat disayang jika tidak mencoba. Terlebih banyak keuntungan dan manfaat yang didapatkan dari program pertukaran mahasiswa ini. Selain ilmu baru yang didapat, teman-teman dari negera nanjauh disana, serta tabungan pendidikan yang dapat kamu tabungkan lagi.

 

Share:

0 Komentar