Fun Fact

5 Fakta Habibie Sang Mr. Crack & Bapak Teknologi Indonesia

Sang Mr. Crack & Bapak Teknologi Indonesia

Fariz Ghilyats Irfan8 September 2021

5 Fakta Habibie Sang Mr. Crack & Bapak Teknologi Indonesia

Siapa yang tidak kenal B.J Habibie, presiden ke-3 Indonesia, Menristek, Pimpinan Pertama IPTN, penemu Factor Habibie, dan perancang pesawat N250 Gatotkaca. Selain itu, kisah cintanya yang begitu romantis dari awal hingga akhir hayatnya pun begitu menginspirasi banyak orang.

Banyak hal yang bisa kita contoh dari bapak teknologi bangsa ini. Dari akhlak hingga kepintarannya. Berikut beberapa fakta dari presideng B.J Habibie, sang Mr. Crack

1. Kuliah di Jerman selama 10 tahun hingga mendapat gelar Summa Cumlaude

Habibie muda sebelumnya mengenyam bangku kuliah di Universitas Indonesia Bandung (sekarang Institut Teknologi Bandung) selama 1 tahun. Ia pun melanjutkan pendidikan ke Jerman di Rhein Westfalen Aachen Technische Hochschule (RWTH).

Ia mengambil jurusan Teknik Penerbangan, setelah 5 tahun kuliah akhirnya ia mendapatkan gelar Diploma Teknik di tahun 1960. Beberapa tahun kemudian (1965) Habibie sudah memilki gelar Doktor Teknik dengan predikat Summa Cumlaude.

2. Penemu Teori Keretakan Pesawat 

Semasa kuliah Habibie menemukan rumus teori keretakan pesawat dengan tingkat akurasi yang tinggi. Rumus ini dapat menghitung tingkat keretakan pesawat yang dapat terjadi. Akhirnya teori ini disebut dengan Habibie Factor atau Faktor Habibie.

Selain itu, Habibie juga diakui didunia penerbangan karena teorinya serta diberi julukan Mr. Crack.

 

3. Memimpin IPTN (PT. Dirgantara Indonesia)

Sepulangnya dari Jerman pada tahun 1973, presiden Soeharto meminta Habibie untuk mengelola PT.Pertamina. Namun 3 tahun berikutnya yakni tahun 1976, Habibie diberikan kepercayaan untuk memimpin Industri Pesawat Terbang Negara (IPTN) yang sekarang namanya adalah PT. Dirgantara Indonesia.

4Perancang Pesawat N250 Gatotkaca

Pesawat N250 Gatotkaca adalah pesawat pertama buatan Indonesia yang dipimpin langsung oleh Habibie yang saat itu menjabat sebagai Menristek. Pesawat ini pertama kali terbang pada 10 Agustus 1995 untuk kado ulang tahun Indonesia ke-50. Gatotkaca adalah pesawat turboprop pertama didunia saat itu yang menggunakan fly by wire dengan jam terbang 900 jam.

Teknologi pesawat ini dipersiapkan untuk 30 tahun kedepan. Arti dari nama pesawat ini adalah N = nusantara, 2 = pesawat dengan 2 mesin, dan 50 = kapasitas penumpang. Nama Gatotkaca sendiri diberikang langsung oleh Presideng Soeharto. 

5. Menjadi Presiden ke-3

Pada tahun 1998, Indonesia mengalami krisis moneter. Soeharto pun didepak oleh masyarakat dari bangku Presiden.

Akhirnya Habibie naik menjadi Presiden Republik Indonesia menggantikan Soeharto. Dibawah kepemimpinannya Indonesia berhasil bangkit dari krisis moneter, bahkan beliau mampu membalikan nilai rupiah dari lemah menjadi kuat yakni dari Rp 16.500 hingga menjadi Rp 6.500 per dolar AS.

Begitulah fakta-fakta tentang Bj Habibie, Bapak Teknologi Indonesia. Adakah hal menarik yang baru kamu ketahui?

 

Share:

0 Komentar