Pengetahuan

Mengapa Mobil Tidak Bisa Bergerak Saat Melintasi Rel Kereta?

Apa ya, penyebab mobil mogok saat melintasi rel kereta api

Herlinda Fifiana11 Januari 2022

Halo sobat teknik, sering mendengar kasus kecelakaan yang melibatkan mobil dan kereta api? Kira-kira, faktor apa yang menyebabkan mesin mobil mati mendadak saat melintasi rel kereta?

Mobil tertabrak kereta di perlintasan merupakan salah satu kecelakaan yang sering terjadi. tak jarang menelan korban jiwa. Kondisi mesin mobil mati mendadak di perlintasan kereta api menjadi hal yang sangat menakutkan. Kira-kira apa ya, penyebab mesin mobil mati di perlintasan kereta api?

Ternyata Ini Penyebab Mesin Mobil Mati

Mesin mobil yang tiba-tiba mati di perlintasan kereta api disebabkan pengaruh medan magnet pada rel kereta. Medan magnet tersebut dapat menjadi ancaman saat kendaraan melintasi rel kereta. Dari sekian banyak penyebab kecelakaan di rel kereta, salah satu nya disebabkan oleh medan magnet di sekitar rel. Medan magnet tersebut menyebabkan kendaraan mogok saat akan melintas dan memicu terjadinya kecelakaan.

Mobil tersebut mogok akibat daya magnet yang terdapat pada rel kereta api. Daya tarik magnet timbul karena ada gesekan antara roda kereta dan rel.

Roda kereta api umumnya terbuat dari baja jenis feritik dengan medan magnet yang sangat kuat. Baja feritik adalah baja dengan medan magnet paling kuat jika dibandingkan dengan baja lainnya.

Sama seperti rel kereta yang terbuat dari baja, roda kereta juga terbuat dari baja. Hal tersebut terjadi bukan tanpa alasan. Antara roda besi dan rel yang  terbuat dari baja memiliki gesekan yang kecil. Hal itu membuat laju kereta api lebih cepat daripada kendaraan umum lainnya.

Jenis baja tersebut dipilih untuk  memastikan kereta dapat melaju dengan stabil. Medan magnetik buatan di rel kereta api bisa menarik benda logam seperti bodi mobil. Akibat dari daya gerakan atau tarikan, menyebabkan mesin kendaraan terganggu dan mendadak mati.

Kendaraan yang sering mogok saat melintasi rel kereta umumnya berbahan bakar bensin. Karena kendaraan berbahan bakar bensin masih menggunakan platina atau Capasitor Discharge Ignition (CDI). Saat  terkena medan magnet yang besar dapat mempengaruhi proses pengapian CDI. Yang berakibat mesin mobil mati atau mogok.

Pihak PT KAI juga mengatakan bahwa penyebab dari mobil macet di atas rel kereta api adalah medan magnet yang dihantarkan oleh dinamo lokomotif ke rel kereta api dalam radius satu kilometer. Hal tersebut menjadi alasan petugas menutup palang pintu kereta, bahkan sebelum kereta terlihat.

Tips Aman Untuk Sobat

Eits, meskipun begitu sobat tidak perlu khawatir kok. Berikut ada beberapa tips aman melewati perlintasan rel kereta api. Langkah pertama adalah,  patuhi rambu-rambu yang ada. Jika sirine sudah berbunyi dan palang pintu perlahan-lahan menutup, jangan nekat menerobos palang pintu. Karena hal tersebut sangat berbahaya. Selanjutnya, tips yang kedua adalah menambah putaran sesaat sebelum melintasi rel. karena melewati rel dalam keadaan yang lambat dapat menyebabkan mesin kendaraan Anda mati.

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait