Fun Fact

Berikut 5 Perbedaan S1 dan D4 yang Perlu Kamu Ketahui

Lulus dari SMA/SMK/MA merupakan suatu kebahagian tersendiri, namun kita tidak boleh lengah terhadap itu semua. Kita harus mempersiapkan diri untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi.

Iqbal Parija30 Mei 2021

Halo Sobat Teknik,

Ketika tamat dari SMA/SMK/MA tentu kita akan berpikir untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, yaitu perguruan tinggi baik itu perguruan tinggi negeri, swasta, ataupun  kedinasan. Pada tahun 2021, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah mengintegrasikan program studi strata satu (S1) dengan diploma empat (D4) pada jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Pada dasarnya S1 dan D4 sama-sama menjalani perkuliahan selama 4 tahun dan mendapatkan gelar. Namun ada beberapa perbedaan, berikut 5 perbedaan S1 dan D4 :

1. Jenis pendidikan tinggi

Apabila kita mengacu pada Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan tinggi, terdapat tiga jenis pendidikan tinggi yang terdapat di Indonesia, yaitu pendidikan akademik, pendidikan vokasi, dan pendidikan profesi.

Program Strata satu (S1) merupakan pendidikan akademik yang lulusannya diarahkan terhadap penguasaan dan pengembangan disiplin ilmu pada bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) ataupun bidang ilmu lain. Program Diploma empat (D4) merupakan pendidikan vokasi yang lulusannya diarahkan terhadap penguasaan keahlian pada bidang terapan tertentu sesuai dengan bidang keahlian yang ditekuni.

2. Target calon mahasiswa baru

Selanjutnya, jika kita membahas tentang calon mahasiswa baru maka kita tidak akan lepas dari pembahasan siswa lulusan SMA ataupun SMK. Pada program Strata satu (S1) biasanya banyak diminati oleh siswa lulusan SMA, dikarenakan selama proses pembelajaran di SMA lebih menekankan kepada teori. Pada program Diploma empat (D4) biasanya banyak diminati oleh siswa lulusan SMK,  dikarenakan pembelajaran di SMK lebih menekankan kepada praktik.

Biarpun demikian, siswa lulusan SMA juga bisa mengambil program studi di D4 dan sebaliknya siswa lulusan SMK juga bisa mengambil program studi di S1. Caranya dengan lolos tes masuk terlebih dahulu.

3. Fokus kurikulum perkuliahan

Kemudian, jika kita membahas tentang kurikulum perkuliahan antara Strata satu (S1) dan Diploma empat (D4) maka terlihat jelas perbedaaan antara kedunya. Pada S1 proses perkuliahan dengan kurikulum yang dijalankan memfokuskan kepada teori dengan persentase 60% teori dan 40% praktik. Sedangkan, pada D4 proses perkuliahan dengan kurikulum yang dijalankan memfokuskan kepada praktik dengan persentase 60% praktik dan 40% teori.

Perbedaan ini merujuk kepada tujuan dari masing-masing program tersebut. Walaupun demikian, untuk S1 dan D4 memiliki kecenderungan yang sama terhadap jumlah Satuan Kredit Semester (SKS) yang harus diselesaikan yaitu 144 SKS.

4.Tugas sebagai syarat kelulusan

Setelah itu, sebagai mahasiswa tentu saja kita ingin menyelesaikan perkuliahan kita dan merasakan yang namanya kelulusan. Pada program Strata satu (S1) syarat seorang mahasiswa untuk lulus adalah menyelesaikan tugas akhir, yaitu menyusun skripsi yang sesuai dengan jurusan dari mahasiswa tersebut.

Sedangkan pada program Diploma empat (D4) syarat seorang mahasiswa untuk lulus adalah menyelesaikan tugas akhir, yaitu kerja praktik. Di samping itu, mahasiswa D4 juga menyusun laporan ilmiah dari kerja praktik yang dilaksanakannya.

5. Gelar akhir yang didapatkan

Terakhir, sebagai mahasiswa tentu gelar merupakan salah satu bukti bahwa kita telah menyelesaikan perkuliahan. Pada program Strata satu (S1) gelar yang didapatkan mahasiswa adalah gelar sarjana dengan diikuti program studi yang diambil seperti S.T (Sarjana Teknik), S.Ak (Sarjana Akuntansi), dan sebagainya. Pada program Diploma empat (D4) gelar yang didapatkan mahasiswa adalah gelar sarjana terapan dengan diikuti program studi yang diambil seperti S.Tr.T (Sarjana Terapan Teknik), S.Tr.Ak (Sarjana Terapan Akuntansi), dan sebagainya.

Bagaimana, sudah tahu perbedaan keduanya? Kamu sendiri lebih condong ke mana

Share:

0 Komentar