Pengetahuan

Memahami Sistem Kontrol Motor 3 Fasa Manual

Agar mudah memahami sistem kontrol motor 3 fasa yang berkerja berputar arah secara manual

Motor 3 fasa yang beroperasi dengan prinsip berputar arah secara manual dapat dibagi menjadi 2 rangkaian. Pertama dikenal dengan rangkaian kontrol yang mana sistem ini bekerja menggunakan listrik 1 fasa sebagai sumber listrik tiga fasa.  

Pada rangkaian kontrol biasanya terdapat beberapa komponen seperti MCB 1 fasa, push button off, push button ON, kontak thermal overload relay, kontak kontaktor magnetik, kontak time delay relay dan pilot lamp, sehingga rangkaian kontrol dapat dirancang sesuai dengan prinsip kerja yang diinginkan. 

                                                                                                                                                                    

Rangkaian kedua yang perlu diketahui yaitu rangkaian daya atau power. Rangkaian ini memakai sumber listrik 3 fasa yang terhubung dengan komponen seperti MCB 3 fasa, kontak utama kontaktor magnetik, kontak utama thermal overload relay dan terhubung langsung dengan motor 3 fasa.

Berikut contoh rangkaian daya motor 3 fasa yang bekerja berputar arah secara manual :

                                                                                                                                                                      

 

Berdasarkan gambar rangkaian kontrol diatas bahwa prinsip kerjanya adalah ketika MCB 1 fasa sudah dinaikan atau dalam posisi ON. Kemudian, arus sudah mengalir dari sumber sampai dengan ke komponen PB OFF. Jika PB On 1 ditekan maka motor berputar ke arah kiri yang ditandai dengan lampu H 1 menyala dan Kontaktor (KM1) bekerja dan mengunci PB ON 1.

Dapat dilihat pada gambar berikut :

                                                                                                                                              

Untuk memutar arah motor ke arah kanan maka motor yang sedang bekerja ke arah kiri dimatikan terlebih dahulu. Sebab motor 3 fasa hanya bisa dioperasikan cukup dengan 1 instruksi jika lebih dari 1 instruksi maka motor 3 fasa akan cepat rusak atau mengalami trip.

Setelah motor 3 fasa dalam keadaan mati maka PB ON 2 sudah bisa ditekan. Motor 3 fasa akan berputar ke arah kanan dengan indikasi lampu H 2 akan menyala dan kontaktor magnetik kedua (KM2) bekerja untuk mengunci PB ON 2.

Dapat dilihat pada gambar berikut :

 

                                                                                                                                       

Bila diperhatikan terdapat rangkaian interlock antara KM 1 dan KM 2 agar ketika PB ON 1 bekerja maka PB on 2 tidak dapat bekerja dan begitu juga sebaliknya. Maka dari itu, sistem kontrol dirancang saling mengunci agar tidak terjadi kerusakan pada motor 3 fasa.

Jika motor tiga fasa mengalami kelebihan beban dan panas maka Komponen Thermal Overload akan mematikan sistem. Lampu indikasi H 3 akan menyala menandakan ada gangguan yang terjadi pada motor 3 fasa dapat dilihat pada gambar berikut :

                                                                                                                                                          .

Sekian pembahasan tentang prinsip kerja dari rangkaian kontrol dan rangakain daya dari motor 3 fasa yang bekerja berputar arah secara manual.

Share:

0 Komentar