Teknologi

Mengenal Sistem Motor 3 Fasa Berputar Arah Secara Otomatis

Memudahkan memahami sistem kerja motor 3 fasa berputar arah secara otomatis

Dunia industri sudah memakai motor 3 fase untuk memudahkan pekerjaan di industri. Motor 3 fase merupakan metode konvensional yang menjadi dasar dalam membuat teknologi modern.

Apa yang membuat motor bisa berputar arah secara otomatis? Untuk menjawab pertanyaan tersebut coba perhatikan rangkaian kontrol dan rangkaian daya motor 3 fasa sebagai berikut :

                                                                                                    

Dapat di identifikasi komponen yang ada pada rangkaian diatas ada MCB 1 fasa, MCB 3 Fasa, Thermal Overload Relay, Time Delay Relay, Kontaktor, Push Button dan Pilot Lamp. Motor 3 fasa bisa berputar arah secara otomatis karena menggunakan time delay relay. Komponen ini berfungsi untuk menghidupkan dan mematikan sistem dengan satuan waktu.

Berdasarkan rangkaian kontrol, prinsip kerjanya adalah jika MCB satu fasa dan MCB 3 fasa sudah dinaikkan, maka arus sudah melewati Push Button OFF sampai ke masukkan Push Button ON. Untuk proses awal motor akan berputar ke arah kiri dengan menekan push button ON, proses yang terjadi jika menekan Push Button ON yaitu arus akan membuat koil kontaktor 1 dan koil time Delay Relay 1 bekerja, sehingga motor 3 fasa berputar ke arah kiri selama 10 detik ditandai dengan pilot lamp H1 menyala berwarna biru, dapat dilihat dari gambar berikut :

                                                                                                                                                                 

Motor 3 fasa hanya bisa melakukan 1 perintah, jika melakukan lebih dari 1 perintah menyebabkan motor cepat rusak. Maka dari itu, rangkaian kontrol diatur untuk Time Delay Relay ke 2 dalam waktu 20 detik yang berselisih 10 detik dengan Time Delay Relay pertama.

Hal ini berguna untuk memberikan jeda pada motor untuk dapat berputar arah dari kiri ke kanan. Berikut gambar proses selama delay 10 detik sebelum motor berputar ke arah kanan :       

                                                                                                                                                                  

Setelah motor 3 fasa mengalami mati atau jeda selama 10 detik, koil Kontaktor kedua akan bekerja. Motor akan langsung berputar ke arah kanan ditandai dengan pilot lamp H2 menyala berwarna hijau.

Motor 3 fasa akan berputar ke arah kanan sampai dengan tombol Push Button OFF ditekan. Ilustrasinya dapat dilihat dari gambar berikut:   

                                                                                                                                                               

Jika motor mengalami kelebihan beban, maka komponen Thermal Overload Relay akan bekerja sehingga mematikan semua sistem. Ditandai dengan pilot lamp H3 hidup berwarna merah menandakan ada gangguan yang terjadi. dapat dilihat dari gambar berikut :

                                                                                                                                                                

Dapat disimpulkan bahwa TDR 1 di atur 10 detik dan TDR  2 diatur 20 detik supaya motor mengalami jeda untuk berputar arah.
 

Share:

0 Komentar