Fun Fact

10 Pekerjaan yang Paling Banyak Dicari di 2022, Salah Satunya Butuh Anak Teknik

Rencana tahun 2022 mulai mencari pekerjaan? 10 Pekerjaan ini bisa jadi pilihan kamu di tahun 2022

Ishak Okta Sagita2 Januari 2022

Apa rencana kamu di tahun 2022?

Apakah maju sidang skripsi?

Apakah yudisium?

Apakah mencari pekerjaan setelah wisuda?

Pekerjaan yang paling banyak di cari di tahun 2022

melamar pekerjaan ke perusahaan

Teruntuk kamu yang mau cari kerja, ketahui bahwa cara cari kerja saat ini jauh berbeda dari sebelumnya. Tentu saja akibat pandemi Corona yang mengubah skena pencarian kerja.

Perubahan tersebut diantaranya wajib melampirkan surat vaksin, hasil PCR, dan melamar kerja secara digital jadi prioritas.

Namun, ada beberapa pekerjaan yang paling banyak dicari di tahun 2022. Berikut 10 pekerjaan yang banyak dicari berdasarkan pendapat ahli serta analisis data.

1. Perawat rumah sakit

Kesadaran pentingnya kesehatan berdampak pada kebutuhan tenaga kerja kesehatan. Selain dokter, perawat juga makin dibutuhkan di masa depan. 

Perawat yang dicari tentunya yang memiliki kompetensi dan lisensi untuk merawat pasien. Bahkan, perawat bisa kerja secara pribadi merawat dan menjaga pasien.

Tentunya butuh kompetensi lebih. Namun, itu sesuai dengan pemasukan yang diperoleh.

2. Software developer

Software developer menjadi pekerjaan yang ramai dicari di tahun 2022. Sebab, peralihan sistem digital membuat perusahaan mencari orang yang dapat mengembangkan software.

Software developer dapat bekerja secara remote. Tentunya menguntungkan bagi kamu yang malas keluar rumah.

Tugas seorang software developer yaitu mencari penyebab masalah, mencari solusi, dan menguji program. Untuk itu, kamu harus mempelajari Bahasa pemrograman. 

3. Analis riset pasar

Maraknya pekerjaan berbasis digital, membuat posisi analis riset pasar makin dicari di tahun 2022. Terutama dengan adanya penggunaan big data dan AI.

Seorang analis riset pasar bertugas meneliti, menganalisa kondisi pasar, dan mengumpulkan informasi untuk mengangkat potensi penjualan barang atau jasa. Gampangnya, kamu memprediksi tren pasar di masa depan.

4. Teknisi kincir angin

Teknisi kincir angin banyak dicari dalam beberapa tahun terakhir. Penggunaan turbin makin populer sejak kampanye energi ramah lingkungan untuk mengatasi pemanasan global.

Untuk jadi teknisi kincir angin, kamu harus lulusan teknik serta tahu hal teknis terkait cara kerja kincir.

5. Teknisi fotovoltaik

Fotovoltaik adalah teknologi yang digunakan pada sistem panel surya. Fungsinya untuk mengubah sinar matahari jadi tenaga listrik. Dengan begitu, terciptalah kawasan ramah lingkungan.

Menjadi teknisi fotovoltaik membutuhkan keterampilan khusus. Maka, calon teknisi mendapat pelatihan selama periode waktu tertentu agar menjadi ahli di bidangnya.

6. Chef

Kebutuhan manusia yang selalu ada sepanjang masa adalah makanan. Chef adalah orang yang bertugas untuk menyajikan makanan. Posisi ini selalu dibutuhkan di restoran, café, maupun tempat makan lainnya.

Untuk menjadi chef, wajib memiliki kemampuan dan kondisi fisik bagus. Sebab, chef nyaris gak ada jeda istirahat. Tentunya akan makin jadi apabila seorang chef memiliki lisensi.

7. Instruktur olahraga

Efek samping dari meningkatnya kesehatan adalah kebutuhan olahraga. Orang yang mengerti tentang workout, gym, dan sejenisnya banyak dicari sebagai instruktur olahraga.

Selain skill dan wawasan, instruktur olahraga wajib memiliki kemampuan public speaking. Untuk jam kerja mengikuti kebutuhan klien.

8. Manager entertainer

Maraknya entertainer digital menjadi tren potensial. Sosok influencer, cepat atau lambat akan membutuhkan manager. Seseorang yang mengatur jadwal kegiatan dan pekerjaan mereka.

Tugas dan tanggung jawabnya beragam mulai dari admin sosmed, perantara klien atau perusahaan, sampai mengurusi kegiatan branding sosial media.

9. MUA

Pekerjaan ini bisa jadi opsi sampingan. Makeup artist hampir dicari dalam segala kondisi mulai dari acara live di youtube sampai acara wisuda.

Pekerjaan ini bisa dilakukan kapan saja. Termasuk pada saat akhir pekan..

10. Terapis okupasi

Selain perawat dan dokter, terapis okupasi juga jadi incaran pekerjaan di tahun 2022. Terapis okupasi adalah orang yang merawat pasien penderita gangguan kesehatan tertentu.

Seorang terapis okupasi menangani mulai dari gangguan fisik karena penyakit, pengembangan diri, sampai pemulihan psikis. Kerjaan ini diprediksi makin banyak dicari, khususnya konteks kesehatan mental yang mulai jadi perhatian.

Itu semua adalah 10 pekerjaan yang paling banyak dicari di tahun 2022. Gak harus semua nya juga. Kamu bisa ambil beberapa opsi sebagai sampingan. Untuk lulusan teknik, teknisi turbin dan fotovoltaik bisa jadi pilihan di masa depan. 

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait