Pengetahuan

4 Langkah Praktis Cara Mengebor Besi Agar Hasilnya Berkualitas

Mengebor besi digunakan untuk membantu pemasangan kawat, fitting pipa, atau pemasangan aksesoris bangunan. Besi dipilih karena merupakan material yang kuat walaupun sulit untuk dilubangi.

Ishak Okta Sagita20 Juni 2024

Apakah Anda pernah mengebor besi untuk membuat lubang untuk pekerjaan konstruksi. Aktivitas ini tentu tak bisa terhindarkan. Sebab, besi akan selalu dibutuhkan untuk menyelesaikan masalah di ranah konstruksi. 

Mengebor besi digunakan untuk membantu pemasangan kawat, pipa, dan komponen bangunan. Besi dipilih karena merupakan material yang kuat walaupun sulit untuk dilubangi.

Mengebor besi harus memperhatikan keamanan 

kegiatan mengebor besi
coolblue.nl

Hal penting yang harus menjadi perhatian adalah menyiapkan tempat untuk mengebor besi. Lokasi pengeboran besi haruslah yang aman bagi manusia agar terlindung dari kecelakaan kerja. 

Kegiatan mengebor besi dapat menyebabkan pecahan mata bor berterbangan dengan kecepatan tinggi. Apalagi, kalau kamu harus membuat lubang pada besi. 

Pastikan memakai kaca mata pelindung, sarung tangan, dan APD lainnya untuk meminimalisir risiko kecelakaan kerja. Salah satunya adalah menjaga rambut tetap terikat selama pekerjaan berlangsung.

Masalah keamanan lainnya adalah menjaga logam besi pada tempatnya. Sebisa mungkin ketika mengebor posisi besi tidak berpindah sama sekali. Apabila sampai besi terlempar karena kecepatan bor dapat membahayakan orang sekitar. 

Jangan lupa, siapkan pengunci untuk menahan besi agar tidak terlepas selama pengeboran berlangsung. Tandai titik bor agar tidak bergeser begitu saja

Jangan kaget ketika mata bor akan geser ketika awal mula pengeboran. Hal ini membuat lubang akan berada di titik yang salah. Oleh karena itu, kamu perlu memberi tanda pada besi terlebih dahulu.

Tandai besi dengan memakai spidol, kapur, atau apapun. Kemudian hantam dengan paku agar menghasilkan lubang kecil. Tanda lubang kecil membantu ujung mata bor tetap di tempatnya ketika memulai pengeboran. 

Bagaimana cara mengebor besi

Proses pengeboran besi dilakukan sesuai prosedur demi menjaga kualitas dan keamanan. Prosedur pengeboran membantu melindungi dari serpihan besi atau kebisingan dari gesekan material logam. 

Berikut ini adalah langkah-langkah cara mengebor besi yang dapat kamu lakukan.

Siapkan peralatan untuk mengebor

Hal mendasar sebelum mengebor adalah mulai menyiapkan bahan dan peralatan yang dibutuhkan. Umumnya pengeboran besi melibatkan drill lubricant/ pelumas WD, mata bor besi, mesin bor, center punch, dan penjepit.

Lubricant dipakai untuk mendinginkan mata bor agar tidak overheat. Namun kalau nggak ada pelumas, bisa pakai cairan WD yang biasanya untuk membersihkan karburator.

Setelah pelumas, berikutnya adalah menentukan mata bor. Jenis mata bor untuk besi yang digunakan adalah HSS, Tin Coated, dan Cobalt.

Gunakan mesin bor berukuran 10 mm atau 13 mm jika ingin membuat lubang berdiameter kecil. 

Berikutnya, center punch dipakai untuk memberi tanda sebelum mengebokr. Tanda tersebut akan berbentuk cekungan pada besi agar mata bor tidak bergeser-geser ketika dihadapkan dengan benda kerja. 

Agar tidak terlempar ke mana-mana, gunakan penjepit untuk menahan benda kerja. Dengan begitu hasil pengeboran jauh lebih halus dan tidak lecet karena gesekan.

Gunakan alat pelindung diri

Jika sedang mengebor besi di kawasan kerja, wajib memakai alat pelindung diri (APD). Kamu dapat memakai alat seperti sarung tangan, kacamata, dan masker. 

Apabila kamu nggak sengaja menghirup serpihan besi dapat membahayakan saluran pernafasan. Kalau kena mata dan kulit menyebabkan iritasi.

Nyalakan mesin bor

Besi memiliki permukaan yang keras sehingga butuh mesin bor dengan daya kerja konsisten. Salah satunya menggunakan mesin bor listrik karena mampu menghasilkan usaha yang lebih besar.

Kemudian atur posisi pengeboran sejajar tegak lurus terhadap benda kerja. Mengatur posisi pengeboran membuat kinerja mata bor menjadi efektif, lubang makin presisi, dan kualitas mata bor tetap awet.

Mesin bor untuk bisa biasanya memiliki kecepatan maksimal 10.000 RPM. Putaran tersebut sangat berdampak pada efektivitas dan efisiensi pengeboran. Semakin kecil ukuran mata bor, makin tinggi putaran kecepatan mesin. 

Kerjakan secara perlahan dan bertahap

Proses pengeboran nggak bisa dikerjakan tergesa-gesa, harus dilakukan secara bertahap. Tujuannya agar tidak merusak mata bor dan benda kerja. 

Hal ini karena pada kecepatan pelan, torsi gaya akan membesar agar dapat membuat retakan pada besi. Begitu mata bor mulai menembus besi, barulah kecepatan bor ditekan secara maksimal. 

Anak Teknik Indonesia menyediakan tools untuk mengebor besi mulai dari mata bor HSS, hinge, sampai dengan mesin bor listrik. Informasi dan pemesanan dapat melalui tautan ini

Share:

0 Komentar