Pengetahuan

6 Cara Menata Kursi Sofa di Ruang Tamu

Dalam menata kursi sofa di ruang tamu, arsitek perlu mengetahui hal ini untuk memaksimalkan fungsi ruang tamu.  Bagaimana cara menata kursi sofa untuk ruang tamu

Ishak Okta Sagita4 April 2024

Menata kursi sofa di ruang tamu bukan hal mudah. Seringkali kali keterbatasan ruangan menjadi kendala untuk menata sofa. 

Aspek pemilihan warna, ukuran, pencahayaan, sampai dengan estetika menjadi perhatian tersendiri. Tetapi itu saja tidaklah cukup karena ada aspek lainnya yang harus diperhatikan.

Dalam menata kursi sofa di ruang tamu, arsitek perlu mengetahui hal ini untuk memaksimalkan fungsi ruang tamu. 

Cara menata kursi sofa pada ruang tamu

Ruang tamu menjadi tempat terbaik untuk menerima tamu. Maka dari itu, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menata kursi sofa di ruang tamu.

1. Menentukan tata letak ruang tamu

cara menata kursi sofa ruang tamu

Lauren Flanagan, ahli dekorasi rumah memiliki tips dalam mengatur tata letak ruangan. Ia mempertimbangkan pemilihan tata letak dari desainer interior untuk membuat ruangan yang indah. 

Ada lima jenis penataan ruang tamu yang dapat dijadikan referensi.

Berikut adalah pilihannya

Tata letak simetris memiliki tampilan visual yang seimbang. Peletakan ini cocok untuk berbagai bentuk dan ukuran ruangan. Contohnya adalah meletakan dua sofa yang berhadapan maupun sofa sejajar dengan ukuran serupa. 

Tata letak mengambang cocok untuk ruang tamu dengan banyak jendela. Perabotan dapat diletakkan dengan jarak beberapa kaki dari dinding. Serta membuat ruang tengah seperti danau toba. 

Tata letak berbentuk L sangat cocok untuk sofa berbentuk L dengan TV di dinding berlawanan.

Tata letak tak beraturan untuk ruangan berbentuk abstrak. Perabotan di letakkan di atas karpet untuk menciptakan zona dan lampu lantai sebagai elemen tambahan. 

Tata letak ruang tamu panjang dan sempit. Cara ini dilakukan dengan menaruh sofa di salah satu dinding panjang.

2. Memperhatikan warna dinding

dinding warna putih

Penataan ruang tamu juga perlu memperhatikan warna dinding. Sebab, warna dinding memiliki pengaruh dalam estetika ruang tamu. 

Warna putih adalah warna yang aman karena mudah berpadu dengan berbagai perabotan berwarna. Serta warna putih tidak memberi kesan apapun.

Namun kalau Anda suka bermain warna, cobalah memakai warna lebih bold. Padukan dengan furnitur agar memberi kesan ruang tamu jadi lebih menarik.

3. Menyesuaikan ukuran perabotan

Menyesuaikan ukuran perabotan

Ruang tamu tanpa perabotan kaya rumah kontrakan baru yang belum ada isinya. Makanya perlu perabotan agar ruang tamu makin menarik. 

Dalam memilih perabotan ruang tamu perlu memperhatikan ukuran perabotan agar tidak sesak. Kalau ruangan sesak maka mempengaruhi kenyamanan. 

Memilih ukuran perabotan dapat mulai dari mengetahui luas ruang tamu.

Jika memiliki ruang tamu yang besar, gunakan perabotan yang lebih besar. Hindari memberi perabot kecil dalam jumlah banyak.

Jauh lebih baik jika memakai perabotan multifungsi agar pemakaian ruang tamu makin maksimal. 

4. Pertimbangkan lalu lintas

Pertimbangkan lalu lintas

Hal penting dalam menata kursi adalah sirkulasi lalu lintas. Jangan sampia kursi sofa dan perabotan lainnya mengganggu jalan.

Beri jarak pada tiap perabotan agar penghuni dapat berjalan dengan nyaman. Kalau tidak diberi jarak, bisa-bisa kesandung meja dan kursi pas jalan.

5. Tetap mengutamakan fungsi ruang tamu

Tetap mengutamakan fungsi ruang tamu

Ruang tamu dengan perabotan terkini harus tetap mempertahankan fungsinya sebagai tempat menerima tamu. Penataan kursi sofa harus praktis agar dapat berkeerja sesai fungsinya. Jangan sampai ruang tamu namun tidak dapat digunakan sebagia ruang yamu.

Langkah pertama adalah mempertimbangkan konsep ruang tamu yaitu formal atau casual.

Ruang tamu formal biasanya dipakai untuk menerima tamu umum. Sementara ruang tamu kasual dipakai untuk menerima teman atau keluarga. Jadikan ini sebagai pertimbangan desain interior dalam membuat skema ruang tamu. 

Kalau nggak diperhatikan berakibat pemborosan waktu dan uang karena tidak sesuai dengan fungsinya. 

6. Memperhatikan pencahayaan ruang tamu

pencahayaan ruang tamu

Walau nggak ada kaitannya tentang kursi sofa namun pencahayaan mempengaruhi fungsi ruang tamu. Pencahayaan yang baik membuat ruangan makin terang serta menghemat biaya listrik. 

Ruangan sempit pun akan terasa lebih luas ketika pencahayaannya diatur dengan baik. Pengaturannya dapat menggunakan jendela untuk mendapatkan cahaya secara alami. Selain itu permainan penataan furnitur mampu memaksimalkan pencahayaan. Penggunaan cermin menjadi cara agar ruangan tampak luas dan terang benderang.

Ketika malam hari, pemilihan lampu putih memberi kesan nyaman dan rapi. Anda dapat mencari berbagai lampu putih ruang tamu yang ada di pasaran. 

Tata kursi sofa ruang tamu dengan Library Exclusive Sketchup

Library Exclusive Sketchup

Cara menata kursi sofa di ruang tamu dengan memperhatikan luas ruangan, pemilihan perabotan, jalur lalu lintas, hingga pencahayaaan. Semua aspek ini penting untuk memaksimalkan fungsi ruang tamu. 

Sebelum membangun rumah, arsitek membuat sketsa ruang tamu menggunakan software agar memudahkan komunikasi. Anak Teknik Indonesia memiliki Library Exclusive Sketchup untuk menata kursi sofa ruang tamu. 

Langsung tata kursi sofa ruang tamu melalui tautan ini agar tim Anak Teknik Indoensia dapat memandu Anda. 

Share:

0 Komentar