Penyebab Mesin Diesel Tidak Ada Tenaga
Mesin diesel cocok digunakan pada kendaraan berat karena menghasilkan torsi tinggi dengan putaran rendah. Contohnya bisa dijumpai pada kendaraan pengangkut barang seperti truk.
Kendaraan diesel dapat menerjang tempat yang penuh genangan air. Sebab, mesin diesel bekerja dengan tekanan bukan dengan perapian. Maka, kendaraan offroad memakai mesin diesel.
Walau begitu, kekurangan dari mesin diesel adalah dapat kehilangan tenaga seiring berjalannya waktu. Jika tidak diatasi menyebabkan mesin diesel loyo dan sudah menyala.
Penumpukan karbon pada injektor
Karbon yang menumpuk pada injector menyebabkan mesin diesel kurang tenaga karena tidak mendapatkan kabut bahan bakar yang tepat. Penumpukan karbon juga mempengaruhi efisiensi mesin diesel.
Oleh sebab itu, solusinya adalah membersihkan injektor secara teratur. Injektor yang bersih cirinya tidak ada endapan karbon pada permukaan injektor. Sebab dapat mengganggu fungsi regular injektor.
Injektor bahan bakar dapat bekerja secara ideal ketika tetesan kecil solar masuk ke mesin, dengan semprotan kecil. Makin kecil tetesan bahan bakar, makin baik proses pembakaran yang bersih.
Secara teoritis, efisiensi mesin diesel sebesar 55 sampai 60 persen.
Penyebab injector tersumbat karbon
Ada beragam penyebab injektor mesin diesel kotor karena karbon. Secara umum, ada lima gejala umum injector mesin diesel bermasalah. Tanda-tanda ini bisa jadi indikator injektor perlu dibersihkan.
- Idling yang tidak merata
Saat menyalakan mesin, mesin engkol tidak menyala kecuali diputar dalam waktu lama. Gejala ini dapat dijadikan indikator awal. - Muatan bahan bakar pada silinder macet atau tidak menyala
Untuk mesin diesel, masalah ini terjadi karena kekurangan ruang pembakaran. Penyebabnya adalah muatan bahan bakar pada salah satu silinder tidak menyala atau sedikit bahan bakar yang ada di ruang pembakaran. - Tercium aroma bahan bakar
Kebocoran solar terjadi ketika aroma solar tercium dari dalam kabin. Ini bisa jadi tanda injector bermasalah. - Emisi kotor
Filter dan endapan injektor yang tersumbat menyababkan bahan bakar tidak terbakar dengan sempurna. Efeknya adalah knalpot mengeluarkan asap putih karena area sekitar knalpot sangat kotor. - Mendadak boros penggunaan bahan bakar
Tanda lain yang paling terlihat adalah kendaraan mendadak boros. Sepintas terlihat biasa saja, namun akan jadi masalah di kemudian hari.
Injector yang rusak dapat mempengaruhi kinerja dan efisiensi mesin diesel. Bawa ke bengkel apabila mesin diesel jadi boros secara berkala.
Terjadi masalah pada sistem kompresi
Penurunan tekanan kompresi yang stabil dan konsisten efektif mempengaruhi proses pencampuran udara mesin diesel seiring dengan usia mesin, sebab tekanan kompresi pemicu proses pembakaran.
Sebagian besar mesin diesel kendaraan ringan menunjukan penurunan daya dan efisiensi ketika tekanan kompresi efektif berkurang sebanyak 5 persen. Namun, bisa dibawah 5 persen pada kondisi tertentu.
Komponen mesin diesel mengalami aus
Makin lama mesin diesel beroperasi, komponen mulai mengalami penurunan dan sering aus. Tentunya butuh perawatan sedikit lebih banyak daripada mesin bensin.
Salah satunya adalah roda kompeseor pada turbocharger yang mengalami aus.
Untuk itu, perlu kesadaran untuk membersihkan dan mengganti komponen secara berkala.
Pembatasan pada sistem intake
Perhatikan kondisi elemen filter udara, pastikan tidak ada benda yang menghalangi aliran udara pada sistem intake. Tentunya akan mempengaruhi saluran udara yang hendak masuk.
Performa buruk turbocharger
Selain masalah roba kompresor yang aus, kebocoran gerbang limbah memungkinkan keluarnya tekanan tambahan. Kebocoran manifold buangan membuat roda turbin jadi tidak seimbang sehingga putaran kompresor tidak optimal.
Kesimpulan
Penyebab mesin diesel tidak ada tenaga kehilangan efisiensi dan terjadi penumpukan kotoran berupa karbon. Supaya mesin diesel tetap bertenaga perlu perawatan secara berkala seperti membersihkan injektor sampai mengganti komponen yang sudah aus. Dengan begitu masalah mesin diesel kurang bertenaga tidak ada lagi.