Opini

7 Aktivitas Selama Bulan Puasa yang Berfaedah Untuk Anak Teknik

Bulan ramadhan akan bermanfaat jika kamu melakukan kegiatan positif saat bulan puasa.

Ishak Okta Sagita6 April 2022

Umat Islam di seluruh dunia telah menantikan masa-masa bulan puasa. Satu bulan dimana mereka melawan godaan dan menahan diri dari hawa nafsu. Selama memasuki bulan suci ramadhan, banyak sekali agenda kegiatan selama puasa.

Bukber adalah salah satu agenda paling sering dilakukan. Jujur, nggak ada salahnya berkumpul dengan teman kuliah, sekolah, maupun komunitas. Namun, sebagian orang menganggap bukber adalah kegiatan yang kurang bermanfaat. Alhasil, orang menghindari kegiatan satu ini.

Lalu yang jadi pertanyaan apakah ada aktivitas lain yang berfaedah selama bulan puasa?

Aktivitas selama bulan puasa

Tentu, ada aktivitas selama bulan puasa yang bermanfaat. Selain mendapat ilmu, kamu juga mendapat berkah karena menjalankan ibadah puasa dengan baik. 

Kalau masih bingung mau ngapain selama bulan puasa, bisa lho ngikutin rekomendasi aktivitas selama bulan puasa dari Anak Teknik Indonesia.

1. Menyelesaikan skripsi maupun tugas akhir

mengerjakan skripsi mahasiswa tingkat akhir

Pertama, kamu bisa manfaatkan bulan puasa untuk menyelesaikan tugas akhir yang tertunda. Memang klise, namun menyelesaikan skripsi merupakan salah satu tanggung jawab mahasiswa.

Mengingat beberapa tempat nongkrong baru buka setelah maghrib, gunakan waktumu untuk menyicil skrpisi yang tertinggal. Kerjakan saja satu hari satu halaman, lebih banyak malah lebih bagus. 

2. Mengikuti pengajian di sekitar rumah atau kampus

mengikuti pengajian bulan puasa

Selama bulan puasa, umumnya agenda pengajian dilakukan setiap hari baik sebelum maupun setelah berbuka puasa. Kamu bisa mencari jadwal di sosial media atau datang ke masjid tersebut.

Untuk anak rantau yang sulit pulang, kamu bisa ikut pengajian di masjid kampus di sore hari. Selain mendapatkan siraman rohani, kamu dapat membangun relasi dengan teman ngaji.

Pihak pengelola masjid menyediakan takjil gratis bagi umat sekitar masjid untuk berbuka puasa. Sungguh sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui. 

3. Gabung kegiatan amal

berbagi takjil gratis

Hampir semua komunitas melakukan kegiatan amal seperti sahur on the road sampai bagi takjil gratis. Tujuan kegiatan ini untuk berbagi sukacita dan berkat. 

Ikuti komunitas atau organisasi kampus yang ngadain kegiatan amal. Ini akan membuat puasamu semakin berfaedah.

4. Membaca buku

membaca buku saat bulan puasa

Kalau selama ini masih kesulitan membaca buku karena gak ada waktu, kamu bisa memanfaatkan kondisi bulan puasa ini. Masukkan membaca buku sebagai salah satu kegiatan menunggu bulan puasa. 

Kamu bebas membaca buku apapun, nggak ada batasannya. Semua buku pada dasarnya bagus untuk menambah wawasan. Sebab, buku yang terbit dan dijual di pasaran telah melalui proses penyuntingan yang ketat.

Apabila ingin memperdalam agama Islam, bacalah buku tentang Islam. Mau tahu lebih dalam terkait Autocad, bisa membaca buku tentang Autocad. Ingin mempelajari tentang pemrograman, bacalah buku tentang pemrograman

Namun, kalau kamu mau membaca tentang bisa masuk ke Anak Teknik Book.

Demi menemani puasamu, Anak Teknik Indonesia ngasih promo jelang Ramadhan. Masukkan kode promo RAMADHANKAREEM untuk klaim diskon 10%.

5. Mengkonsumsi konten tentang keteknikan

menonton konten youtube

Kegiatan lainnya yang bermanfaat adalah menonton konten tentang teknik. Hal serupa seperti ketika kamu bingung ngerjain tugas kuliah. Salah satunya adalah konten yang dibuat mahasiswa teknik di India. 

Kamu bisa mendapatkan beragam konten tentang teknik di Youtube, Instagram, dan TIkTok. Kadang konten teknik di Internet mampu memancing rasa penasaran. Siapa tahu dapat inspirasi untuk judul tugas akhir. 

6. Olahraga

olahraga saat bulan puasa

Tidak ada yang salah dengan olahraga saat bulan puasa. Melakukan aktivitas fisik secara teratur dapat meningkatkan metabolisme tubuh, menurunkan kadar lemak, dan membangun massa otot.

Agar puasa lancar, kamu bisa olahraga saat setelah berbuka puasa. Lakukan selama 30-60 menit dengan kondisi mendapat asupan energi. Dan tidak dianjurkan olahraga dalam kondisi perut kosong.

7. Gabung online training dari Anak Teknik Academy

belajar anak teknik academy

Terakhir, kamu dapat memanfaatkan bulan puasa untuk mempersiapkan diri untuk kerja di industri. Materi dapat dipelajari dari rumah, bisa diakses kapan saja.

Selama training, kamu akan mendapat pemahaman dari pelaku industri tersebut. Oleh sebab itu, kamu semakin paham terkait posisi di industri impianmu. 

Semoga puasamu lancar sampai akhir sehingga dapat meraih kemenangan sejati. 

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait