Pengetahuan

7 Inspirasi Untuk Mewujudkan Desain Furnitur Minimalis

Desain furnitur minimalis cocok untuk diwujudkan dalam rumah minimalis karena keterbatasan lahan.

Ishak Okta Sagita1 April 2024

Desain furnitur minimalis cocok untuk diwujudkan dalam rumah minimalis. Apalagi untuk masyarakat kawasan kota metropolitan yang makin sulit menemukan rumah berukuran luas. 

Keterbatasan lahan menjadi salah satu penyebab mengapa furnitur minimalis menjadi kebutuhan. Tentunya fungsi dan nilai estetika desain nggak boleh ditinggalkan. 

Untuk mewujudkannya, Anda akan meminta arsitek mewujudkan hunian dengan desain minimalis. Yang mana menitikberatkan kesederhanaan, fungsional, dan efisiensi pemakaian luas ruangan. 

Walau demikian tetap jangan lupakan furnitur di dalamnya. Sebab, hunian Anda hanya menjadi ruangan kosong apabila nggak ada isinya. 

Agar sesuai dengan konsep minimalis, Anda perlu menentukan apa saja furnitur yang sesuai dengan desain minimalis. Berikut ulasannya

Desain furniture minimalis

desain furnitur minimalis

Mewujudkan rumah yang memakai desain minimalis bukan hal mudah. Tantangan terbesarnya adalah keterbatasan lahan dan tempat. 

Anda tidak mau tentunya menaruh furnitur namun ruangan terasa sempit. Nggak bisa bergerak leluasa dalam rumah sendiri.

Sesuai dengan prinsipnya, furnitur minimalis harus mengutamakan fungsional dan sederhana. Berikut ini furnitur minimalis jika rumah Anda memiliki keterbatasan ruangan. 

1. Sofa minimalis

Sofa merupakan furnitur yang harus ada pada rumah. Terutama pada ruang tamu dan ruang keluarga.

Sofa dapat Anda gunakan untuk menerima tamu sekaligus tempat untuk ngobrol. Hanya saja, orang malas mencari sofa karena ukurannya besar dan makan banyak tempat. Untuk itu jadilah sofa minimalis.

Sofa minimalis menjadi pilihan untuk rumah ukuran minimalis. Ini tentunya dengan memperhatikan luas ruangan agar ada ruang bergerak. 

Sofa bed merupakan sofa minimalis yang punya fungsi ganda. Anda dapat memakai untuk tempat duduk sekaligus tempat istirahat setelah bekerja seharian.

2. Lemari ramping

Setelah sofa, Anda dapat meletakkan lemari ramping untuk menaruh barang berharga. Bahkan lemari pun berguna sebagai sekat pembatas ruangan agar ruangan terasa lebih lega.

Anda dapat menyesuaikan desainnya dengan bebas berdasarkan keinginan. Banyak juga tipe lemari yang terbuka atau tertutup yang ada di pasaran.

3. Kursi sederhana

Kursi sederhana menjadi pilihan terbaik untuk desain furnitur minimalis. Benda ini dapat diletakkan di ruang tamu atau area keluarga. 

Salah satu jenis kursi sederhana adalah kursi ottoman. Kursi ini tidak memiliki sandaran di belakang. Keunikan dari kursi ottoman adalah terdapat tempat untuk menyimpan barang.

4. Kursi outdoor

Selain kursi sederhana, sediakan juga kursi outdoor untuk duduk-duduk santai di teras rumah. Anda dapat menggunakannya untuk menerima tamu dari luar. 

Kursi outdoor pun berguna untuk kursi tambahan apabila kapasitas kursi sudah penuh. Banyak berbagai pilihan dan ukuran yang sesuai dengan rumah minimalis Anda. 

5. Lampu

Lampu adalah alat teknologi yang berfungsi untuk memberi pencahayaan ketika ruangan gelap. Fungsi lampu beragama, sesuai dengan kebutuhan penggunaan. 

Lampu atap berfungsi untuk menerangi ruangan. Ada juga lampu tidur untuk memberi penerangan pada orang yang nggak bisa gelap-gelapan.. 

6. Tempat tidur 

Setelah beraktivitas seharian, Anda perlu mengistirahatkan badan agar dapat kembali beraktivitas keesokan harinya. Maka dari itu, setiap rumah membutuhkan tempat tidur. 

Dalam konteks minimalis, Anda dapat memilih tempat tidur yang dapat dibongkar pasang. Bahkan ada kok kasur lipat yang mampu menyesuaikan di ruangan terbatas. 

7. Meja lipat

Apabila Anda membutuhkan alas untuk menaruh barang, meja lipat dapat digunakan. Kelebihan dari meja lipat adalah dapat disimpan dan dipakai kembali. Tidak memakan banyak ruangan dan bisa dipakai di mana saja. 

Meja lipat jauh lebih mudah. Berbeda ceritanya memakai meja dari mebel yang mana sulit untuk dibawa dan dipindahkan. Namun, soal estetika meja mebel jauh lebih bernilai. 

Wujudkan simulasi desain furnitur minimalis dengan Library Exclusive Sketchup 

Library Sketchup Exclusive Anak Teknik Indonesia

Dalam membuat desain rumah bukanlah hal mudah. Ada hal yang harus diperhatikan seperti ruang tamu, ruang keluarga, dapur, kamar mandi, hingga ruang tidur.

Kecanggihan teknologi membuat Anda dapat mensimulasikan desain furnitur minimalis sebelum masuk tahap pengerjaaan. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah membuat simulasi melalui Sketchup

Sketchup adalah aplikasi program pemodelan 3D untuk pengallilkasian gambar bangungan dan desain interior. Pemodelan 3D Sketchup dapat berjalan lancar dengan Library Exclusive Sketchup. Lebih dari 3000 komponen library untuk mewujudkan desain interior idaman Anda. 

Bagaimana cara mendapatkannya? 

Klik tautan ini agar langsung terhubung dengan tim Anak Teknik Indonesia supaya Library Exclusive Sketchup Anda segera diproses.

Share:

0 Komentar