Teknologi

7 Software CAD yang Sering digunakan di Industri Manufaktur

Software CAD dibutuhkan di industri manufaktur untuk membuat desain sampai perencanaan. Pemakaiannya ditujukan agar mampu memproses produk standar industri

Pekerjaan di industri membutuhkan software CAD untuk membuat desain sampai perencanaan. Bukan cuma untuk bikin gambar, kamu dapat memakai untuk bahan presentasi.

Industri manufaktur menjadi salah satu industri yang memakai CAD. Penggunaannya ditujukan untuk memproses produk agar sesuai standar industri.

Software CAD untuk industri manufaktur

industri manunfaktur

Banyaknya software CAD di pasaran membuat sejumlah praktisi galau. Setiap CAD memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun, pada akhirnya industri perlu memakai software CAD.

Jika kamu berada di Industri manufaktur, berikut ini merupakan rekomendasi software CAD yang dapat digunakan.

1. AutoCAD

logo autocad
Autocad

Autocad masih menjadi software CAD yang populer. Selain karena sudah lebih dari 35 tahun beroperasi, software ini sudah familiar sejak bangku kuliah.

Autocad banyak digunakan oleh praktisi maupun pemula. Tampilan antar muka yang intuitif membuatnya banyak digunakan oleh segala kalangan.

Software ini dapat membuat dan edit draft model 2D dan 3D dengan berbagai objek. Kamu dapat menambahkan teks, tabel, ukuran dan informasi lainnya pada gambar.

Materi belajar AutoCAD sangat mudah ditemukan. Kamu dapat mencari informasi lewat buku, video, artikel, komunitas, konten sosial media maupun online course Engineering Academy dengan pengajaran standar industri.

Bca

2. SolidWorks

Solidworks

Selain AutoCad, SolidWorks merupakan software CAD populer lainnya Tidak hanya permukaan yang ramah pengguna, kamu dapat memakai untuk rendering gambar 3D. 

Software ini banyak dipakai insinyur untuk membuat desain produk 3D. Bukan cuma itu, perkuliahan gambar 3D memakai Solidwork untuk media pembelajaran. 

SolidWorks sering diklasifikasikan untuk pengguna mahir jika dibandingkan software desain lainnya. Alasannya karena pengguna terbiasa dengan fitur navigasi tata letak lebih cepat. Maka, banyak freelancer design memakai solidworks. 

Keunggulan dari solidworks membantu pengerjaan objek 2D dan model 3D. Terutama dengan bantuan library karena menyediakan berbagai objek bahan. Serta dapat melakukan rendering. 

3. Dassault Systemes

Dassault Systemes

Pekerjaan berbasis product lifecycle management (PLM) dapat menggunakan software Dassault Systemes. Software ini digunakan lebih dari 140 negara dan 210.000 enterprise. 

PLM melibatkan pengelolaan data di seluruh siklus produk dengan lebih mudah. Semua informasi tersimpan di repository pusat. Dengan ini, kamu dapat terhubungkan dengan semua divisi secara efisien dan transparan. 

Aplikasi ini banyak digunakan di industri otomotif, penerbangan, software, hingga konstruksi. Contohnya adalah Lockheed Martin, Honda Power Products, hingga Aurora Flight Sciences. Software ini banyak digunakan di negara Perancis.

4. LabVIEW

labview

LabVIEW adalah singkatan dari Laboratory Virtual Instrument Engineering Workbench. Software mendukung desain dalam otomasi industri, otomasi data, dan kendali.

Berbeda dengan aplikasi lainnya, LabView digunakan untuk konfigurasi perangkat keras untuk berinteraksi satu sama lain dengan memanfaatkan data yang ada. Kamu dapat mengoperasikannya melalui OS Windows ataupun MAC.

Pengujian, pengukuran, dan kendali dibutuhkan untuk mengoperasikan mesin. Sementara pendekatan grafis dibutuhkan untuk memudahkan visualisasi. Inilah yang membuat insinyur mudah merancang program dan mendeteksi kesalahan yang terjadi. Terutama ketika berhadapan dengan kendali PLC.

LabView dapat memvisualisasikan data pada semua perangkat I/O. Antarmuka mudah ditangani, mudah dipelajari dan didokumentasikan. Salah satu perusahaan yang menggunakan LabVIEW adalah TESLA. 

5. CATIA

catia

CATIA adalah singkatan dari Computer-Aided Three-Dimensional Interactive Application. Software ini dari Dassault Systemes yang ditulis dalam bahasa C++

CATIA memiliki fungsi rendering yang lebih baik daripada SolidWorks. Walaupun, software ini terkesan old school jika dibandingkan software desain saat ini.

Secara fungsi pemodelan 3D, CATIA memiliki ruang lingkup yang mencakup manajemen, manufaktur, rekayasa, hingga siklus produk. Dengan ini penggunaannya banyak dipakai di berbagai industri. 

Keunggulan lainnya adalah memiliki banyak perintah untuk memberi kendali penuh atas pemodelan. Walaupun butuh waktu untuk mempelajari kehebatan dari CATIA.

6. Autodesk Inventor

Autodesk Inventor

Autodesk Inventor menjadi salah satu nama yang terkenal di industri. Software ini memiliki fitur utama pemodelan dengan bentuk bebas dan parametik, analisis tekanan simulasi, dan otomasi. Penggunanya banyak ditemukan di industri otomotif, grafis, hingga manufaktur.

Fitur simulasi memungkinkan membuat desain produk virtual serta menguji untuk kekuatan gesek, tegangan, dan berat. Proses simulasi memudahkan untuk peningkatan karakteristik produk sebelum masuk fase produksi.

Autodesk Inventor menjadi software CAD 3D all-in-one yang membantu merealisasi ide dan meminimalkan kesalahan proses. 

7. ANSYS

ANSYS

ANSYS menjadi software untuk melakukan analisis elemen hingga untuk model komponen elektronik hingga manufaktur. Kamu dapat memakai berbagai atribut maupun data untuk melihat perilaku model dalam kondisi tertentu.

Perancang mobil melakukan uji tabrak ketika mobil fisik masih dalam pengembangan. Dengan simulasi uji tabrak dapat memberikan hasil data untuk penyelesaian masalah. 

Tidak hanya uji tabrak saja, ANSYS dapat menguji simulasi fluida hingga elektromagnetik. Pemakaian simulasi mampu menghemat biaya pengujian. Karena dapat dilakukan secara digital.

Software ini digunakan oleh 96 perusahaan yang terdaftar dalam FORTUNE 500. 

Kegunaan CAD dalam industri manufaktur

Beragamnya kemampuan software CAD membuat pekerjaan semakin akurat dan produktif. Maka, keahlian ini dibutuhkan industri.

Gambar desain menjadi mudah dan detail. Bahkan, kamu dapat mengirimkan file CAD ke berbagai platform. Desain produk yang dikerjakan disimpan dalam cloud sehingga mudah diakses oleh siapapun. 

Setiap detail yang ditautkan dapat disesuaikan di berbagai perangkat lunak. Salah satu caranya dengan mengkonversi file CAD ke dalam PDF.

Meningkatkan skil software CAD dapat kamu lakukan secara online melalui Engineering Academy. Materi ajar tersusun rapi dan diajarkan sesuai kebutuhan industri. 

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait