Teknologi

7 Software untuk Belajar Desain Furnitur

Belajar desain furnitur membutuhkan pemahaman dan tools. Pemahaman meliputi teori gambar teknik. Sedangkan tools adalah software yang dipakai untuk membuat sketsa gambar.

Ishak Okta Sagita27 Maret 2024

Belajar desain furnitur di zaman sekarang semakin mudah karena banyaknya konten di internet. Kamu pun dapat mencari dari forum online, search engine, sampai dengan video YouTube.

Semua materi tersebut dapat diperoleh secara gratis maupun berbayar lho. Kamu dapat mulai dengan konten gratis, kemudian pindah ke online course desain furnitur. Salah satunya dapat melalui Learning Sketchup Engineering Academy dari Anak Teknik Indonesia.

Sketchup hanyalah satu dari sekian software belajar desain furnitur. Perlu diingat, software hanyalah alat bantu. Yang penting adalah manfaat belajar desain furnitur.

Manfaat belajar desain furnitur.

belajar desain furnitur

Desain furnitur mengajarkan cara membuat memproduksi produk yang sesuai fungsi, tampilan, dan penggunaan bahan. Sebab, furnitur memiliki nilai esetika dan fungsional bagi isi rumah. Tanpa itu rumah hanya jadi tempat kosong.

Prinsipnya sama seperti MEP, yaitu menambahkan fungsi hunian. Hanya saja perbedaannya, furnitur ini mampu ngasih nilai lebih dari sudut pandang arsitektur.

Desain furnitur yang bagus membutuhkan pemahaman dan tools. Pemahaman adalah hal-hal yang meliputi pemahaman gambar teknik. Sedangkan tools adalah software yang dipakai untuk membuat sketsa gambar.

Software untuk belajar desain furnitur

Pemahaman gambar teknik dapat dipelajari dalam mata kuliah gambar teknik. Dari sana, juga ada ilmu pemahaman software.

Bicara soal software, apa saja sih software desain furnitur yang banyak digunakan di Industri.

1. CAD Pro

CAD Pro adalah pilihan utama untuk seorang desainer furnitur. Software ini menawarkan fitur khusus untuk berbagai bidang, salah satunya furnitur.

Fitur CAD Pro yang ditampilkan seperti mengirim gambar desain lewat email dengan mudah. Opsi ini cocok untuk ngirik sketsa desain kepada klien.

Selain ngirim gambar lewat email, fitur lainnya adakah template gambar CAD supaya gampang bikin gambar. Jangan sampai, gambar mu belum selesai karena gak ada template gambar.

2. SolidWorks

Selain Autocad, Solidworks juga software desain interior yang layak dipelajari. Tidak hanya populer, Solidworks memiliki banyak pengguna yang ada dalam forum.

Salah satu keunggulan Solidworks adalah mayoritas penggunaannya adalah desainer dan insinyur. Sehingga kalau terjadi sesuatu kamu dapat bertanya melalui online forum di internet. Untuk konteks bisnis, revisi mudah dikerjakan karena nggak butuh gonta-ganti software.

Solidworks mampu menampilkan gambar isometrik yang jauh lebih enak dilihat dari segi desain. Seluruh aspek dapat terpantau dengan baik. .

3. Woodwork for Inventor

Woodwork for Inventor adalah bagian dari software bawaan Autodesk, Inventor. Software ini sudah digunakan sejak tahun 1990an.

Salah satu fitur yang diberikan adalah membuat daftar produksi bahan baku dan desain. File dari Woodwork for Inventor dapat digunakan untuk pemrograman CNC.

Perangkat lunak tersebut dibuat dengan mempertembankan proses pembuatan mulai dari desain hingga produksi.

4. Vectorworks

Vectorworks menawarkan beberapa alat untuk pemodelan 3D dan desain furnitur. Software ini jadi pilihan yang tepat karena fiturnya berguna.

Vectorworks dapat digunakan untuk mendesain, memodelkan, dan merender. Hal ini juga dapat digunakan untuk menghasilkan berbagai laporan.

Satu hal paling menarik tentang paket ini adalah dibuat dengan mempertimbangkan kompatibilitas. Vectorworks mengklaim memiliki opsi impor dan ekspor file terbanyak bersama dengan tautan langsung ke beberapa perangkat lunak utama lainnya.

5. Sketchlist 3D

Sketchlist 3D adalah software yang dikhususkan untuk furnitur pengerjaan kayu. Umumnya, aplikasi ini mencakup kebutuhan pembuatan furnitur.

Software ini memiliki kemampuan rendering fotorealistik. Sangat bagus untuk alat presentasi kepada klien.

Hal menarik dari Sketchlist 3D adalah fitur import. Fitur ini mampu mengimpor dan menggunakan untuk menemukan warna dan butiran unik ke desain.

6. Sweet Home 3D

Sweet Home 3D dapat digunakan secara gratis. Hal menarik dari software ini adalah preskriptif berbeda yang ditawarkan untuk pratinjau.

Software ini dapat menjadi solusi desain interior yang lengkap. Sebab, masih banyak pemilihnya untuk proyek desain interior. Salah satunya adalah dari sudut pandang pengunjung fisik.

7. SketchUp

SketchUp adalah software paling populer untuk pemodelan desain furnitur. Seperti software pada mumnya, kamu dapat memakai SketchUp dalam versi gratis atau berbayar.

Salah satu keunikan SketchUp adalah dapat meminjam library model 3D. Kelebihan ini memungkinkanmu untuk membuat rendering 3D.

Belajar desain furnitur idaman dengan Library Exclusive Sketchup

Library Exclusive Sketchup

Penggunaan library berpotensi menghemat waktu pekerjaaan. Kamu nggak perlu bikin properti satu-satu, semua sudah tersedia dan tinggal ngambil.

Maka dari itu, SketchUp memberikan kemudahan itu bagi penggunannya. Apalagi aplikasi ini berbasis web, semua orang bisa menggunakan tanpa harus install SketchUp.

Anak Teknik Indonesia menyediakan lebih dari 3000 komponen library untuk pengerjaan desain furnitur. Hubungi admin Anak Teknik Indonesia agar Library Exclusive SketchUp dapat segera diproses.

Share:

0 Komentar