Teknologi

8 Kelebihan SAP2000 yang Tidak Ada di Software Anasilis Struktur Lainnya

Walau lebih berat daripada ETABS, namun SAP2000 memiliki keunggulan lainnya dari software analisis struktur lainnya. Apa saja kelebihan SAP2000

Ishak Okta Sagita17 Februari 2022

SAP2000 merupakan software analisis struktur yang dibuat oleh CSI (Computers and Structures, Inc.), perusahaan asal Amerika Serikat.

SAP2000 lahir pada tahun 1975. Selama lebih 45 tahun, SAP2000 memiliki kelebihan yang membuat masih digunakan sampai sekarang. 

Kegunaan SAP2000

area konstruksi

SAP2000 berfungsi untuk menganalisa semua jenis desain struktural.

Analilsa desain struktur meliputi struktur dasar sampai lanjutan, desain 2D sampai 3D, sampai geometri yang dimodelkan berbasis object praktikal dan intuitif untuk menyederhanakan proses engineering

Kelebihan SAP2000

sap2000

SAP2000 memiliki keunggulan yang membuat software ini masih terus digunakan.

Menurut enlyft.com, SAP 2000 merupakan 10 software analisis struktur yang paling banyak dipakai.

Berikut ini merupakan kelebihan SAP2000

1. User interface

Tampilan pengguna (UI) SAP2000 menerapkan single user interface, yaitu sistem operasi yang dapat digunakan satu pengguna dalam satu waktu. 

Pengguna SAP2000 dapat menyesuaikan tampilan untuk menentukan window maupun toolbar layout

Dengan dukungan DirectX Graphics, SAP2000 dapat menavigasi model dengan fly-throught dan rotasi cepat. Terutama untuk penyusunan drafting 2D dan 3D. 

Adanya dockable windows dapat memanipulasi model dengan fleksibilitas ekstrem. Bentuknya dapat berupa floating maupun multiple view.

2.  Modeling

Pengguna dapat membuat model structural tanpa penundaan kurva belajar (learning curve) karena atarmuka yang intuitif. Dengan begitu, SAP2000 dapat mengerjakan semua tugas analisis dan desain struktur. 

SAP2000 memiliki fitur meshing untuk menggabungkan mesh secara independen di anatra bingkai, cangkang, objek padat, koordinasi tesselasi dengan object orientation, serta mengamati batas mineral untuk menentukan aspek rasio yang efektif.

Berbagai opsi permodelan terintegrasi pada satu antarmuka yang meliputi interactive database editing, diaphragm and edge constraint assignment, dan section designer. 

3. Komponen struktural

Secara otomatis, SAP2000 membuat sambungan di persimpangan objek maupun sambungan internal ketika menyambungkan objek struktural. Pengguna dapat menampilkan pemindahan, pemasangan, sampai penugasan penyambungan dari layar maupun tabel. 

Formulasi balok-kolom tiga dimensi dapat mencakup efek lentur biaksial, torsi, deformasi aksial, dan deformasi geser biaksial. 

SAP2000 memiliki build-up library tentang beton standar, baja, dan sifat komposit material berdasarkan standar US dan internasional. Terutama pada bagian baja non-prismatik. 

4. Pembebanan

SAP2000 menerapkan beban seismik dan angin secara otomatis sesuai dengan kode domestik dan internasional. Selain itu, terdapat pula generator beban gerak canggih untuk memungkinkan penerapan beban bergerak pada jalur rangka dan elemen frame dan shell. 

SAP2000 dapat menentukan bebas spesifik untuk pemodelan berbagai kondisi pembebanan. Nilai beban gaya dapat diperoleh dari sistem koordinat tetap atau sistem koordinat gabungan. 

Pada analisis linier, beban suhu ditentukan dari perubahan suhu dari keadaan tanpa tekanan, atau dari suhu sebelumnya dalam a nonlinier a.

Beban perpindahan bekerja melalui pengekagan serta dukungan pegas linier dan non linier. 

Pembebanan gelombang menghasilkan beban struktur dari gelombang melalui aliran arus, daya apung, maupun angin. 

5 .Analisis

Pengguna dapat menerapkan fitur-fitur canggih analisis standar untuk pertimbanan nonlinier dan dinamis. 

Fleksibilitas ini membuat SAP2000 dapat digunakan untuk semua jenis analisa struktur mulai analisis statis sederhana, linier-elastis sampai dinamis, serta nonlinier-inelastis.

Tersedia metode statis dan dinamis untuk simulasi gempa. Analisis pushover-statis nonlinier mampu mempertimbangkan pola beban yang telah ditentukan, dan kemudian merumuskan kapasitas permintaan, damping, serta perhitungan pola kerja dengan laporan ringkasan yang telah disesuaikan.

6. Design

Design SAP2000 terintegrasi dengan proses analisis, mengemas hasil analis sebelum mengukur baja dan merancang baja beton bertulang secara otomatis.  

SAP2000 memastikan struktur desain rangka baja, beton, alumunium dan cold-formed-framing sesuai dengan standar US maupun dunia.

7. Output dan tampilan

Tampilan output SAP2000 intuitif dan praktis. Berbagai hasil analisis diuraikan yang meliputi desain komponen struktur akhir, bentuk mode, momen, shear, diagram gaya aksial, tampilan respon, dan animasi perpindahan ditampilkan dengan grafik beserta kesimpulan analisis. 

8. Import Eksport file

Pengguna SAP2000 mendukung import ekspor file ke berbagai platform dan industri. 

Software yang mendykyng import ekspor file SAP2000, antara lain

  • Autodesk
  • Revit
  • Tekla
  • Autocad
  • Bricscad
  • Frameworks plus
  • STAAD
  • STRUDL

Kelebihan SAP2000 bisa dirasakan ketika kamu mengikuti e-course Learning Structure Analysis using SAP2000. Sebanyak 27 video terstruktur bisa kamu pelajari dimana saja, termasuk saat nunggu jadwal bimbingan skrpsi. 

Langsung registrasi lewat link di bawah ini

Learning Structure Analysis using SAP2000

Learning Structure Analysis using SAP2000

Learning Structure Analysis using SAP2000

Share:

0 Komentar