Pengetahuan

8 Rekomendasi Untuk Buku Mahasiswa Teknik Elektro dan Elektronika

Khasiat buku teknik elektro dapat menjadi referensi ngerjain tugas akhir. Sampai saat ini, buku adalah karya tulis yang aman digunakan sebagai daftar pustaka

Ishak Okta Sagita25 Oktober 2023

Buku teknik elektro punya segudang khasiat dalam hal ilmu pengetahuan. Kelebihan buku adalah telah menyadur semua referensi pengetahuan dalam satu bacaan. 

Khasiat lain buku teknik elektro dapat kamu jadikan sebagai referensi ngerjain tugas akhir. Sampai saat ini, buku adalah karya tulis yang aman digunakan sebagai daftar pustaka. Lain ceritanya dengan berita, artikel, maupun video.

Buku untuk mahasiswa teknik elektro

Buku tentang teknik elektro dapat ditemukan di perpustakaan umum maupun kampus. Berbagai koleksi lama hingga baru pun tersedia.

Hanya saja, perpustakaan perlu memilah buku.yang masuk sehingga tidak sesuai dengan keinginanmu. Masalah itu bisa diatasi dengan mencari buku online atau ebook.

E-book dianggap lebih praktis dan sesuai zaman karena mudah diakses. Dari smartphone saja sudah bisa membaca secara utuh tanpa tertinggal. Kalau kamu lebih suka dengan buku fisik tentang teknik elektro, terdapat berbagai koleksi yang layak untuk disimpan.

1. Sistem Teknik Kendali

sistem teknik kendali
Sistem Teknik Kendali

Buku sistem teknik kendali menitikberatkan pembahasan penyelesaian sistem kendali dengan Matlab. Pembahasan mulai dari pembuatan model matematik, Diagram BODE, hingga sistem PID di Industri.

Buku dengan 388 halaman ini disampaikan dengan contoh kasus yang mudah dipahami pembaca. Materi disusun secara struktur demi menambah pengalaman pembelajaran makin baik.

Sistem Teknik Kendali ditulis oleh Cekmas Cekdin. Langsung aja checkout Sistem Teknik Kendali!

2. Teori dan Aplikasi Teknik Elektronika

teodi dan aplikasi teknik elekronika
Teori dan Aplikasi Teknik Elektronika

Buku Teori dan Aplikasi Teknik Elektronika mencakup pembahasan terkait materi elektronika. Bagi yang belum tahu, elektronika mempelajari peralatan listrik arus lemah dengan mengendalikan elektron. 

Elektronika merupakan cabang dari fisika. Penerapannya dalam industri adalah membuat desain papan PCB, menentukan komponen elektronika, dan pengendalian melalui mikrokontroler.

Buku dengan jumlah memiliki 312 halaman ini terbit pada tahun 2021 yang dituli oleh Drs. Daryanto. Secara isi, buku ini cocok untuk mahasiswa elektro maupun elektronika. 

3. Teori Singkat Teknik Elektro

Teori SIngkat Teknik Elektro
Teori Singkat Teknik Elektro

Buku Teori Singkat Teknik Elektro membahas teori yang dipelajari mahasiswa teknik elektro. Kamu dapat menemukan pembahasan medan elektromagnetik, analisis sistem tenaga listrik, sampai tegangan tinggi.

Buku ini membahas distribusi tegangan, aliran daya, hingga stabilitas sistem tenaga listrik. Semua itu dirangkum dalam 232 halaman yang ditulis oleh Cekmas Cekdin. 

Kalau kamu lagi cari buku ini, pas banget Anak Teknik masih ada stoknya. Langsung aja masuk ke Anak Teknik Book.

4. Kalkulus untuk teknik elektro

Kalkulus untuk teknik elektro
Kalkulus untuk teknik elektro

Buku Kalkulus untuk teknik elektro membahas matriks, bilangan kompleks, fungsi dan mimit, diferensial dan integral. Semua itu merupakan cakupan dari mata kuliah kalkulus. 

Kalkulus merupakan mata kuliah dasar yang ada di fakultas teknik. Mata kuliah ini muncul pada awal semester. 

Untuk membantumu mempelajari kalkulus. terdapat berbagai kumpulan pembahasan soal yang dapat diikuti. Serta buku ini dapat kamu jadikan pegangan untuk referensi tambahan pelajaran kalkulus. 

5. Prinsip elektronika dasar

Prinsip Elektronika Dasar
Prinsip Elektronika Dasar

Elektronika dasar menjadi mata kuliah di teknik elektro. Melalui buku ini, kamu mendapatkan tambahan referensi terkait komponen elektronika. 

Buku prinsip elektronika dasar terdiri dari 6 bab untuk membantu peneliti dan akademisi. Penjelasan terkait konduktor, resistor, op-amp, dioda, dan sebagainya tersedia dalam buku ini. 

Tidak cuma itu, terdapat soal dan pembahasan yang dapat kamu pelajari. Buku ini terdiri dari 112 halaman dengan Jaenall Arifin sebagai penulis.

Yuk, langsung belajar elektronika dengan buku ini. 

6. Sistem Fuzzy dan Aplikasinya

Sistem Fuzzy dan Aplikasinya
Sistem Fuzzy dan Aplikasinya

Sesuai namanya, buku ini membahas tentang logika fuzzy. Cocok untuk mahasiswa teknik elektro dengan peminatan sistem dan logika fuzzy.

Sistem dan logika fuzzy pun menjadi salah satu topik tugas akhir mahasiswa teknik elektro. Penerapan dari logika fuzzy adalah penggunaan machine learning untuk menyelesaikan masalah di industri. 

Buku ini terdiri dari 6 bab yang sudah disusun secara sistematis, lengkap dengan tutorial praktis. Kamu bisa membawa pulang buku dengan 160 halaman ini melalui Anak Teknik Book. 

7. Pemeliharaan Pneumatik dan Hidrolik

Pemeliharaan Pneumatik dan Hidrolik
Pemeliharaan Pneumatik dan Hidrolik

Pneumatik dan hidrolik juga diajarkan oleh mahasiswa teknik elektro. Sebab dari sistem pneumatik dan hidrolik akan melahirkan elektro pneumatik dan hidrolik. 

Pneumatik dan hidrolik merupakan sistem yang banyak dibutuhkan di industri. Kesamaan dari dua sistem ini adalah menggunakan tenaga fluida. Berdanya adalah pneumatik memakai fluida gas, hidrolik memakai fluida cair.

Buku Pemeliharaan Pneumatik dan Hidrolik memiliki latihan soal dan jobsheet untuk memudahkan pembelajaran. Cocok untuk mahasiswa dan tenaga ahli yang membutuhkan. 

Buku dengan 191 halaman bisa kamu dapatkan lewat anakteknik.com/shop.

8. Buku aplikasi teknik listrik dan elektronik pada alat berat

Buku aplikasi teknik listrik dan elektronik pada alat berat
aplikasi teknik listrik dan elektronik pada alat berat

Rangkaian listrik merupakan kumpulan komponen listrik yang saling terhubung melalui lintasan tertutup. Komponen utama rangkaian listrik adalah sumber tegangan, beban listrik, dan output tegangan. 

Buku Aplikasi teknik listrik pada alat berat terdiri dari delapan bab. Semua isi buku ini membantu Anda memahami komponen kelistrikan pada alat berat di area pertambangan. Pas nih buat pegangan kamu yang pengen kerja di bidang surveying.

Dapatkan Buku teknik elektro di Anak Teknik Book

Selain itu, masih ada lagi buku ajar elektronika dan pendekatan profesi dan aplikasi elektronika. Kedua buku ini layak kamu baca sebagai referensi bidang elektronika dan turunannya. 

Koleksi buku di Anak Teknik Book dapat kamu jadika referensi tugas akhir. Semua koleksi ini tentu ada di perpustakaan kampus. Tetapi apabila ada rejeki lebih bolehlah investasi pengetahuan dengan buku teknik elektro. 

Share:

0 Komentar