Pengetahuan

Bagaimana Cara Membuat Bill Of Quality Untuk Proyek Konstruksi

Bill of Quantity (BoQ) berisi daftar item yang dibutuhkan meliputi bahan material, dimensi dan desain struktur

Ishak Okta Sagita20 September 2024

Pekerjaan konstruksi tidak bisa dilepaskan dari biaya. Hampir semua aktivitas mengeluarkan biaya mulai dari membayar karyawan sewa alat sampai bahan material. 

Terkait soal pembiayaan, kontraktor perlu menyiapkan daftar belanja demi kelancaran proyek. Istilah daftar belanja dalam dunia konstruksi disebut Bill of Quantity. 

Bill of Quantity (BoQ) adalah dokumen berisi daftar item yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan konstruksi. Dokumen ini disusun oleh quantity surveyor atau konsultan keuangan. 

Proses membuat BoQ mengacu pada desain gambar kerja bangunan. Lewat gambar kerja, terdapat informasi tentang bahan material, dimensi, desain struktur, sampai beban gaya yang dihasilkan. 

Sejarah lahirnya Bill of Quantity

Pemakaian bill of quantity proyek sudah terjadi pada akhir abad ke-18 dan 19 ketika lahirnya revolusi industri 1 di Inggris. Kala itu, kontraktor dan arsitek menyadari pentingnya punya standar pengukuran pemilihan material dan tenaga kerja.

Barulah pada abad ke-20, pembuataan BoQ sudah terkomputasi dengan perangkat lunak untuk memudahkan pengelolaan anggaran dan nota pembiayaan. Contoh penerapannya ketika mengerjakan proyek konstruksi skala besar seperti IKN.

Tujuan Bill of Quantity

Sebagai standarisasi proses tender

BoQ menjadi standarisasi proses tender bagi kontraktor untuk mempersiapkan estimasi biaya berdasarkan hasil riset. Cara ini mendorong transparansi dan menyamakan pemahaman dalam proses tender.

Membantu analisis tender

BoQ memungkinkan melakukan analisis tender, dengan mencakup biaya proyek secara menyeluruh. Ini memastikan kontraktor dapat mengajukan penawaran secara lengkap dan sesuai dengan spesifikasi sesuai anggaran.

Proteksi biaya

BoQ memiliki rincian jadwal terkait kebutuhan arus keuangan selama siklus proyek kepada pemilik secara terbuka. Cara ini membantu kontraktor memprediksi aliran pengeluaran secara efektif.

Acuan dalam membuat kontrak kerja

Dokumen BoQ dapat bertindak sebagai landasan pembuatan kontrak kerja antara klien dan kontraktor. Kontrak kerja ini menjadi alat untuk membangun kerja sama, dan mengurangi konflik di kemudian hari.

Transparansi 

BoQ menciptakan transparansi harga terkait bahan dan tenaga kerja untuk mengurangi kesalahpahaman di kemudian hari. Ini sangat berguna untuk memiliki pemahaman terkait persyaratan proyek.

Variabel BoQ

Penyusunan BoQ memiliki komponen yang harus tercantum pada dokumen.

  • Deskripsi pekerjaan
  • Volume pekerjaan
  • Satuan harga
  • Jumlah
  • Total harga

Bagaimana cara membuat BoQ

Terdapat berbagai langkah untuk membuat BoQ yang dapat Anda ikuti.

Siapkan spreadsheet

Pembuatan BoQ membutuhkan spreadsheet untuk mengumpulkan data. Buatlah dalam berbagai kategori dalam kolom seperti nomor, deskripsi, biaya, tenaga kerja, harga satuan, ukuran, dan deskripsi. Pastikan semua item tersusun secara rapi.

Selain rincian utama, buatlah juga estimasi biaya tidak terduga atau kontingensi. Nilai kontingensi berkisar antara 10-30  % dari nilai BoQ. Biaya ini digunakan untuk mengatasi penambahan pembayaran ataupun tenaga kerja.

Rincian material

Berikutnya, buatlah rincian material bangungan yang dibutuhkan. Berapa jumlah yang Anda butuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Lampirkan semua informasi material melalui spreadsheet. Masukan berapa persentase material yang dibutuhkan agar tidak oversupply.

Kategorikan semua rincian material ke dalam beberapa kategori. Alasannya karena pada pengengerjaan di lokasi, BoQ akan dibaca oleh petugas lapangan. Pengelompokan akan memudahkan dokumentasi dan pengecekan.

Buatlah estimasi biaya awal

Setelah menentukan jumlah tenaga kerja, buatlah estimasi biaya awal BoQ. Pembuatan biaya awal dapat memakai data dari masa lalu, riset harga pasar, sampai membuka penawaran kepada sales engineer. 

Jika diperlukan, konsultasikan biaya awal kepada kontraktor yang pernah mengerjakan proyek serupa. Tujuannya untuk mendapatkan referensi dan perbandingan.

Buat perkiraan waktu pengerjaan

Perhitungkan juga berapa lama waktu pengerjaan proyek dari awal sampai selesai. Durasi pengerjaan akan berdampak pada biaya yang dikeluarkan. 

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah jangan membuat jadwal pengerjaan dengan kondisi ideal. Berikan kelonggaran untuk memasukan kondisi diluar kuasa manusia seperti cuaca, pengiriman barang, bencana alam, hingga keadaan kahar.

Contoh bill of quantity

Demi memudahkan dalam menyusun BoQ, berikut ini adalah contoh bill of quantity dari dari Jurnal Prosidia Widya Saintek terkait perbaikan Tanggul Sidoarjo.

Pengerjan ini dilakukan pada tahun 2023 silam dengan tujuan memperkuat pondasi tanggul. Penguatan tanggul dapat memenuhi standar keamanan yang diperlukan.

boq

Buat Bill of Quality dengan Buku Menghitung Biaya Bangungan

Penyusunan bill of quality merupakan hal krusial karena mempengaruhi banyak hal. Anda menggunakannya sebagai proposal untuk memenangkan tender. Oleh karena itu, perhitungan biaya material harus diperhatikan dengan seksama.

Buku Pintar Menghitung Biaya Bangunan

Buku Pintar Menghitung Biaya Bangunan adalah panduan untuk memandu Anda untuk menghitung biaya perhitungan volume beton, besi, bekisting, pekerjaan galian, pondasi dan finishing. Tersedia di laman Anak Teknik Indonesia

Share:

0 Komentar