Kreatifitas

Bagaimana Cara Mengganti Mata Bor Dengan Mudah

Mengganti mata bor terbagi dalam berbagai kasus yaitu tanpa kunci dan dengan kunci. Masing-masing memiliki pendekatan yang berbeda.

Dalam pengeboran, memasang dan mengganti mata bor adalah kegiatan yang tidak bisa terpisahkan. Proses ini tidak bisa lepas dari kegiatan pengeboran.

Jika Anda mengebor besi, maka memakai mata bor besi. Jika Anda mengebor kayu, maka perlu memakai mata bor khusus kayu. Begitu seterusnya.

Penggantian mata bor berfungsi untuk mengurangi mata bor mengalami patah. Jika sudah begitu, maka performa bor tidak akan setajam sedia kala. 

Namun, melepas mata bor butuh keterampilan sederhana agar hasilnya memuaskan. Berikut ini merupakan cara mengganti mata bor yang benar

Cara mengganti mata bor

mengganti mata bor

Mengganti mata bor terbagi dalam berbagai kasus yaitu tanpa kunci dan dengan kunci. Masing-masing memiliki pendekatan yang berbeda. 

Cara mengganti mata bor tanpa kunci

Mengganti mata bor tanpa kunci dapat dilakukan melalui langkah sebagai berikut

Mulai dengan melonggarkan chuck. Chuck berfungsi sebagai penahan mata bor ketika sedang berputar. 

Caranya dengan memegang chuck dengan satu tangan dan gagang bor dengan tangan lainnya. Kemudian, putar chuck ke arah berlawanan jarum jam atau pegang chuck dan tekan pemicu bor supaya chuck longgar.

Setelah chuck kendur, cabut mata bor yang terpasang. Apabila mata bor sudah rusak, buanglah agar tidak dipakai sama orang lain.

Pegang mata bor baru dengan ibu jari dan jari telunjuk Anda sehingga tangkai mata bor menghadap ke chuck. Dorong mata bor ke dalam chuck dan tarik kembali ke arah Anda. Pegang mata bor dan chuck karena mata bor belum terpasang dengan aman.

Setelah mata bor berada di posisi yang tepat, tekan picu bor sambil terus memegang mata bor. Sembari menekan, perhatikan mata bor agar tetap lurus.

Apabila bor memiliki fitur ratcheting, putar searah jarum jam di samping chuck agar terkunci. 

Cara mengganti mata bor dengan kunci

Anda dapat mengikuti lima langkah mengganti mata bor dengan kunci. Berikut adalah ulasannya.

Kunci pada bor dipakai untuk mengencangkan dan melonggarkan chuck. Mula-mula, cocokan gigi kunci dengan gici chuck. Kemudian, masukkan ujung kunci ke salah satu lubang di sisi chuck.

Putar kunci ke arah berlawanan jarum jam agar chuck terbuka. Putar sampai diameter chuck terbuka untuk melepas mata bor. 

Ketika chuck sudah longgar, keluarkan maya bor dengan ibu jari dan jari telunjuk. Jangan sampai mata bor tidak terjatuh karena dapat merusak mata bor. 

Kemudian, keluarkan mata bor dan periksa apakah ada kerusakan. Apabila ditemukan kerusakan atau patah, buanglah agar tidak digunakan sama orang lain. 

Dalam kondisi chuck terbuka, memasukan mata bor baru ke dalam bor. Pegang mata bor dan chuck agar tidak terjatuh.

Sembari memegang mata bor, putar kunci searah jarum jam untuk mengencangkan chuck. Setelah mata bor terpasang dengan aman dan kuat, lepaslah kunci dari chuck.

Prosedur keamanan ketika mengganti mata bor

keamanan bor

Ada hal lain yang perlu Anda perhatikan selain tahu cara mengganti mata bor. Hal ini tak lain adalah keamanan saat melepas mata bor.

Jika tidak dilakukan dengan aman, akan merugikan diri sendiri dan lingkungan Anda.  Maka dari itu, perhatikan hal ini sebelum mengganti mata bor

Matikan daya listrik

Sebelum mengganti mata bor, matikan sumber listrik terlebih dahulu. Jangan coba mengganti mata bor dalam keadaan bor masih terhubung listrik. Sebab, bisa jadi Anda tidak sengaja menekan trigger kemudian mata bor berputar.

Gunakan peralatan yang tepat

Menggunakan peralatan yang tepat sangat membantu menjaga kualitas bor. Jika bor memiliki kunci, pastian memakai kunci yang tepat dan sesuai ukuran.

Memakai APD

Salah satu poin dari keamanan adalah menggunakan APD. Hal ini mencakup kacamata, sarung tangan, maupun lokasi tempat mengganti. 

Periksa mata bor

Sebelum memakai mata bor yang baru, periksa apakah kondisinya masih dalam keadaan bagus. Apabila mata bor dalam keadaan rusak maupun patah berpotensi menyebabkan cedera.

Gunakan pakaian yang aman

Pakaian adalah bentuk alat proteksi untuk melindungi dari serpihan kecil yang kasat mata. Ketika mengganti mata bor, gunakan pakaian ketat untuk mengurangi resiko kecelakaan.

Ganti mata bor Anda dengan Anak Teknik Indonesia

Anak Teknik Indonesia sebagai situs penyedia konten terkait teknik. Tidak hanya konten namun juga ada online course, bor cordless, mata bor besi, mata bor kayu, mata bor kabel supaya pekerjaan Anda semakin ringan. 

Kunjungi situs Anak Teknik Indonesia untuk konsultasi dan pemesanan mata bor.

Share:

0 Komentar