Pengetahuan

Bagaimana Cara Menyolder yang Benar Supaya Komponen Elektronika Menempel

Menyolder hampir identik dengan proses pembuatan PCB. Untuk membuat alat elektronik yang bagus, mahasiswa teknik elekyro perlu memahami cara menyolder yang benar

Ishak Okta Sagita20 Juli 2022

Menyolder adalah aktivitas menyambungkan komponen pada peralatan elektronik. Mahasiswa teknik elektro sudah diajarkan cara menyolder sesuai dengan jalur PCB.

Oleh sebab itu, mahasiswa teknik elektro sudah familiar dengan peralatan solder lewat praktikkum. Ilmu tersebut terus dipakai sampai masa-masa ngerjain tugas akhir. 

Prinsip kerja solder yaitu memanaskan timah untuk memudahkan dalam menyambungkan komponen elektronika.

Komponen solder listrik

aktifitas menyolder
Komponen solder listrik

Solder pada umumnya terbagi menjadi tiga jenis yaitu solder biasa, penyolderan uap, dan pengontrol suhu. Setiap karkateristik jenis solder bisa kamu baca di sini.

Elemen panas

Solder dapat menghasilkan panas dari mengubah energi listrik menjadi energi panas. 

Elemen panas atau elemen solder berfungsi penentu tinggi rendahnya suhu berdasarkan besar tegangan. Semakin besar tegangan solder, makin tinggi suhu yang dihasilkan. Hal ini juga berlaku sebaliknya.

Idealnya, penggunaan solder menyesuaikan komponen yang dikerjakan. Terkadang, situasi dan kondisi memaksamu untuk improvisasi.

Mata solder

Mata solder atau besi solder berfungsi untuk mengalirkan energi panas dari elemen pemanas. 

Untuk itu, mata solder terbuat dari material dengan sifat penghantar panas yang baik. Tembaga merupakan bahan material mata solder yang sering dipakai. 

Dengan demikian, solder dapat digunakan untuk mematri timah ketika merakit komponen elektronika.

Ganggang Solder

Hadirnya ganggang solder bermanfaat untuk melindungi tangan dari mata solder yang panas. Kamu bisa mencari ganggang berbentuk tembakan atau batang.

Ganggang solder terbuat dari material plastic dengan sifat tahan panas dan tidak mudah meleleh. Kualitas ganggang terlihat dari harga jual solder. Makin mahal harga solder, ganggang yang dipakai tahan terhadap panas. 

Cara menyolder yang benar

persiapan sebelum menyolder
Menyolder yang benar

Keamanan merupakan hal penting dalam menyolder komponen elektronik. Untuk itu, lakukan kegiatan menyolder di ruangan terang, minimal menggunakan lampu. 

Sediakan tatakan solder apabila sudah selesai menyolder. Mata solder yang panas dapat mengenai kulit dan berpotensi menimbulkan kecelakaan kerja. Jadi, letakan solder di tatakan apabila sudah digunakan.

Setelah tahu prinsip keamanan dalam menyolder, berikut ini langkah-langkah menyolder yang benar

Memilih solder yang hendak digunakan

Pertama, kamu perlu tahu memilih solder yang hendak digunakan. Setiap solder memiliki karakteristik masing-masing.

Untuk komponen elektronika, kamu bisa memilih solder dengan ujung kecil. Hal ini karena komponen elektronik disolder unttuk memasang komponen ke papan PCB.

Memanaskan solder

Selanjutnya, kamu perlu memanaskan solder agar solder bisa digunakan. Kamu cukup menancapkan ke stop kontak, dan tunggu sampai solder panas.

Cara mudah mengecek solder sudah panas adalah tempelkan kertas pada mata solder. Jika terbakar atau berasap, maka solder sudah cukup panas. 

Sediakan tatakan solder

Karena komponen elektronika sangat banyak, kamu tidak bisa terus-terusan memegang solder. Sangat berbahaya kalau solder panas dipegang dalam waktu lama..

Sediakan tatakan solder yang tahan panas dan tidak mudah terbakar untuk keamanan. Perhatikan pula peletakan tatakan solder, pastikan posisinya mudah dijangkau.

Sediakan timah dan alat sedot timah

Timah merupakan material penting dalam penyolderan. Nantinya, timah akan melebur dengan komponen yang di solder. 

Terkadang, ada kalanya kamu salah menyolder, jangan lupa sediakan alat sedot timah. Fungsi dari alat sedot untuk membersihkan PCB dari timah yang menempel. 

Proses penyolderan

proses penyolderan

Proses menyolder bukanlah hal mudah, terutama untuk pemula. Perlu banyak latihan dan kesabaran agar hasil solderannya bagus. Salah satu kesulitan dalam menyolder adalah peletakan timah. 

Untuk memudahkan proses penyolderan, kamu perlu memperhatikan berberapa hal berikut ini.

  1. Siapkan solder, papan PCB, dan komponen yang mau disolder
  2. Panaskan solder selama beberapa menit
  3. Pasang komponen elektronika pada papan PCB. Letakan sesuai pengaturan
  4. Lakukan penyolderan secara bertahap, satu per satu. Durasinya 5 sampai 10 detik
  5. Pastikan komponen elektronika yang disolder sudah tepat
  6. Gunakan penyedot timah apabila ingin melepas solder
  7. Sentuh timah dengan solder panas selama 3-4 detik

Demikian langkah-langkah cara menyolder yang bisa kamu praktikkan. Semakin lama kamu mencoba, hasil solderannya semakin bagus.

Temukan berbagai peralatan solder lengkap di anakteknik.co.id. 

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait