Pengetahuan

Bagaimana Desain Furnitur Mampu Mempengaruhi Fungsi Hunian

Desain furnitur adalah bidang khusus yang menggabungkan gaya dan utilitas. Desain yang dibuat mampu memenuhi kebutuhan penggunanya.

Ishak Okta Sagita23 Maret 2024

Desain furnitur menjadi salah satu aspek penting dalam pekerjaan arsitek. Selain merancang tampilan luar rumah, ia juga menentukan tata letak barang rumah tangga.

Desain furnitur merupakan bentuk ilmu terapan yang mengacu pada sains dan ilmu rekayasa.

Lebih dari itu, membuat desain furnitur adalah bentuk multidisiplin dari berbagai keilmuan. Oleh karena itu, pembuat desain furnitur gak semata-mata soal barang antik dan aksesoris.

Untuk memudahkan pemahaman terkait apa itu desain furnitur, penjelasannya adalah sebagai berikut.

Definisi desain furnitur

desain furnitur

Desain furnitur adalah bidang khusus yang menggabungkan gaya dan utilitas. Desain yang dibuat mampu memenuhi kebutuhan penggunanya.

Tujuan dari desain furnitur adalah membantu memudahkan aktivitas manusia. Maka dari itu, furnitur dibuat dengan menyesuaikan kebiasaan manusia di wilayah tersebut.

Pembuatan desain furnitur digunakan penghuni untuk tidur, makan, istirahat dan melakukan aktivitas lainnya. Pada penerapannya, furnitur adalah hal penting karena memberi fungsi pada ruang.

Furnitur dengan MEP sama-sama membuat sebuah rumah memiliki fungsi. Tanpanya, rumah hanya jadi bangunan mati.

Selian fungsional, desain furnitur menjadi representasi budaya setempat. Setiap wilayah menghasilkan furnitur baru yang sesuai dengan kehidupan manusia sekarang.

Prinsip desain furnitur

Furnitur lebih dari sekedar tempat menaruh barang atau memenuhi ruangan begitu saja. Sebaliknya, desain furnitur memiliki konsep estetika, teori, materialitas, fabrikasi, komersial, dan keberlanjutan serta konteks dimana furnitur itu berada.

Semua konsep tersebut digabungkan untuk membentuk sebuah konsep. Apabila digabungkan akan menghasilkan karya seni yang baik.

Perencanaan ruang merupakan proses mengalokasi dan membagi ruang untuk memenuhi permintaan klien. Penerapan furnitur dalam desain ruangan memungkinkan penggunaan ruang makin efisien.

Sirkulasi merupakan bagian dari perencanaan ruang dengan memberi ruangan bagi pergerakan manusia.

Perabotan ditata sedemikian rupa demi efisiensi ruangan. Akibatnya, area di sekitar furnitur dengan penempatannya sama pentingnya.

Sehingga, furnitur berfungsi sebagai elemen fungsional. Hal ini digunakan oleh desain interior untuk menciptakan kesan menarik namun teratur.

Prinsip desain furnitur lainnya juga melibatkan ukuran, skala, dan proporsi.

Manfaat desain furnitur pada rumah

Terdapat serangkaian manfaat yang akan didapatkan arsiek jika memperitmbangkan desian furnitur dalam rancangannya. Melansir industrialkonzept.com, berikut ini adalah alasannya

1. Menambah nilai dan kualitas sebuah properti

Memperhatikan desain furnitur akan menambah nilai properti dan kualitas. Tentunya tidak semua furnitur masuk hitungan. Hanya furnitur dengan bahan premium yang harganya sampai puluhan juta saja.

Namun, furnitur seharga puluhan juta mampu jadi aset penting di masa depan. Bagi perusahaan properti, ini jadi investasi jangka panjang. Nilai jualnya stabil namun masa pemakaiannya panjang.

Logam, kayu, pastik adalah bahan terbaik untuk membuat furnitur dengan kualitas tinggi. Jadi, persiapkan saja furnitur berkualitas tinggi.

2. Bentuk apresiasi seni dan desain

Desain furnitur menjadi cara lain untuk mengapresiasi seni. Nggak heran kalau ada harga furnitur mencapai puluhan dan ratusan juta rupiah. Harga tersebut dipengaruhi oleh kualitas bahan, lama produksi dan nilai.

Perancang furnitur seringkali membuat desain unik dengan edisi terbatas. Makin sedikit barangnya, makin banyak orang yang mau mengapresiasi karya nya. Alhasil secara harga jual lebih mahal.

3. Membentuk keberlanjutan

Desain furnittur ternyata dapat memberi kontribusi dalam pembangunan berkelanjutan. Hal ini sangat penting untuk membangun ekosistem bangunan ramah lingkungan.

Produsen dan perancang berlomba-lomba mendesain produk ramah lingkungan bagi konsumen. Tidak hanya produknya saja, proses pengerjaan dari awal sampai selesai pun patut dipertimbangkan.

Beberapa langkah-langkah yang dilakukan untuk membuat desain furnitur yang berkelanjutan adalah sebagai berikut

  • Penggunaan material daur ulang
  • Penggunaan kayu yang bersertifikat FSC
  • Penggunaan bahan cat dan pernis ramah lingkungan
  • Pemakaian energi terbarukan dalam produksi
  • Kontrol kondisi kerja di fasilitas produksi
  • Fokus pada kerajinan tangan dibandingkan produksi massal

4. Menunjukan kepribadian pemilik properti

Desain furnitur menjadi penting dari sebuah rumah karena menunjukan kepribadian pemiliknya. Salah satunya terlihat dari pemilihan furnitur.

Benda-benda seperti meja, kursi, sofa dan rak dapat mempengaruhi tampilan sebuah ruangan. Maka, rumah akan terasa lebih estetik.

Tahukah kamu desain furnitur menjadi obrolan pembuka untuk mengetahui rumah idamans eseorang. Arsitek bersama desain interior memanfaatkan ini untuk mewujudkan rumah impian mereka.

Oleh sebab itu, jangan heran kalau rumah dapat menjadi cara untuk mengenali karakter seseorang.

5. Bentuk investasi di masa depan

Desain furnitur mampu menjadi aset di masa depan. Nilai jualnya terbilang stabil sehingga menguntungkan bagi pemilih properti.

Jika memutuskan memberi furnitur, pastikan kamu mampu menjaga nilai jualnya. Ini salah satunya terkait biaya perawatan.

Walau jarang disinggung oleh ahli keuangan, setidaknya layak untuk dicoba. Apalagi sampai ada furnitur seharga ratusan juta rupiah.

Bentuk desain furnitur idaman dengan Library Exclusive Sketchup

Lubrary Sketchup

Sebuah desain furnitur dapat disimulasikan melalui gambar teknik maupun permodelan dengan software. Sketchup memiliki library yang dapat menampung semua desain furnitur.

Lebih dari 3000 template desain furnitur siap pakai tersedia di Library Exclusive Sketchup.

Dapatkan Library Exclusive Sketchup Anak Teknik di sini.

Share:

0 Komentar