Pengetahuan

Daftar Pertanyaan Wawancara Kerja Teknik Elektro (Dengan Jawabannya)

Wawancara kerja merupakan proses seleksi untuk megetahui calon karyawan. Lulusan teknik elektro berpotensi mendapatkan pertanyaan wawancara kerja berbau teknis.

Ishak Okta Sagita4 Agustus 2022

Wawancara kerja merupakan proses seleksi untuk mengetahui potensi calon karyawan. Proses ini dilalui siapapun, termasuk lulusan teknik elektro yang ingin kerja di industri.

Sejak pandemi covid -19, proses wawancara kerja mulai dilakukan secara daring. Salah satunya karena menaati kebijakan pembatasan sosial.

Sampai saat ini, perusahaan masih melakukan wawancara daring. Akan tetapi yang tidak banyak berubah adalah pertanyaan seputar wawancara.

Pertanyaan wawancara kerja

pertanyaan wawancara kerja

Pada umumnya, HR bertanya tentang dirimu dan wawasan perusahaan. Terkadang terselip beberapa pertanyaan seputar hal teknis. Pertanyaan teknis digunakan untuk menguji pemahamanmu terkait disiplin ilmu.

Sebagai contoh, kamu melamar untuk posisi Electrical Engineering. Secara administrasi hanya menerima lulusan teknik elektro. Dari sanalah pewawancara akan bertanya terkait apa yang kamu pelajari sewaktu kuliah.

Daftar pertanyaan wawancara kerja teknik elektro

daftar pertanyaan wawancara kerja

Ketika melamar posisi sebagai electrical engineer dan sejenis, kamu akan ditanya berbagai pertanyaan. Melansir career.guru99.com, berikut daftar pertanyaan wawancara teknik elektro beserta jawabannya.

1. Sebutkan pengertian kapasitansi dan induktansi

  • Kapasitansi : Jumlah muatan yang tersimpan di dalam kapasitor pada tegangan tertentu
  • Induktansi : Sifat untuk menahan perubahan arus yang mengalir melalui kumparan

2. Sebutkan perbedaan generator dan alternator

  • Generator : Mengubah GGL induksi menjadi arus searah, berdasarkan medan magnet stasioner dan putaran konduktor yang menggulung angker dinamo yang saling berhadapan.
  • Alternator : Terdapat angker magnet dan stasioner yang berputar pada tegangan tinggi, medan magnet stasioner dan angker yang berputar pada tegangan rendah.

3. Sebutkan jenis kabel yang digunakan pada transmisi

  • Kabel tegangan rendah mampu mentransmisi tegangan sebesar 1000 volt
  • Kabel tegangan tinggi mampu mentransmisi tegangan sebesar 23000 volt
  • Kabel tegangan super mampu mentransmisi tegangan sebesar 66 kv sampai 132 kv

4. Sebutkan perbedaan warna pada kabel

  • Hitam : Digunakan untuk catu daya. Sirkuit yang memakai kabel hitam dianggap panas atau on. Kabel hitam jarang dipakai untuk kabel netral maupun ground.
  • Merah : Dipakai sebagai kabel sekunder dalam rangkaian 220 volt dalam beberapa interkoneksi. Kabel merah dapat disambungkan ke kabel hitam atau sesama merah.
  • Biru dan kuning : Kabel ini dipakai untuk mengalirkan daya tetapi tidak terhubung stop kontak. Digunakan untuk kawat hidup yang ditarik konduktor. Kabel warna kuning sering terlihat pada kipas angin, stop kontak aktif, dan lampu.
  • Putih dan abu-abu : Kabel ini masuk kategori kabel netral. Berguna membawa arus tidak seimbang menuju ground. 
  • Hijau : Terhubung ke terminal ground dan berjalan dari outlet box menuju ground busbar pada panel listrik.

4. Jelaskan rangkaian RLC

Rangkaian RLC terdiri dari resistor, induktor, dan kapasitor yang terhubung secara seri atau paralel. Disebut sebagai rangkaian orde dua karena tegangan atau arus yang masuk dapat dijelaskan dengan persamaan rangkaian orde dua.

5. Bagaimana cara menentukan ukuran kabel listrik

Pengukuran kabel memakai sistem America Wire Gauge. Semakin kecil ukuran kabel yang dipakai, makin besar kapasitas kabel untuk mengatasi arus listrik.

6. Sebutkan jenis-jenis semikonduktor

Secara umum, jenis semikonduktor terbagi dua jenis yaitu intrinsik dan ekstrinsik. Semikonduktor ekstrinsik terbagi dalam dua tipe yaitu tipe-N dan tipe-P.

7. Sebutkan peran transistor dalam rangkaian listrik

Memperkuat arus. Sebab, daya keluaran biasanya lebih tinggi daripada daya masukan.

8. Sebutkan cara kerja transistor NPN dan PNP

  • Transistor NPN dapat aktif ketika kaki basis mendapatkan arus bermuatan negatif
  • Transistor PNP aktif jika kaki basis mendapatkan tegangan bermuatan positif

9. Berapa arus yang dihasilkan pada rangkaian seri apabila nilai hambatannya dua kali lipat

Jika nilai resistansi dua kali lipat, maka nilai arus akan berkurang menjadi setengahnya

atau

2R = 0,5I

10. Sebutkan fungsi resistor

  • Membagi tegangan
  • Membagi dan mengatur arus

11. Apa perbedaan MCB dan MCCB

Singkatan MCB adalah miniature circuit breaker. Komponen ini digunakan untuk arus yang lebih rendah dari 100 amp, dengan peringkat interupsi 18k Amps. Karakteristik trip tidak bisa digunakan untuk kebutuhan domestik.

MCCB merupakan kepanjangan dari molded case circuit breaker. Memiliki peringkat arus tinggi sebesar 2500 Amps, dengan peringkat interupsi 10k sampai 200k AMPS. Karakteristik tripping dipakai untuk kebutuhan industri.

12. Apa yang dimaksud reverse polarity (polaritas terbalik)

Polaritas terbalik merujuk pada kondisi dimana stopkontak tidak terhubung dengan benar. Cara memperbaiki dengan memeriksa sambungan kabel dan stopkontak.

Stopkontak dengan polaritas terbalik memiliki kabel putih yang disekrup pada hot side, kabel hitam terhubung di sisi netral. Solusinya masalah ini yaitu ganti kabel atau hubungi teknisi.

13. Sebutkan perbedaan rangkaian analog dan digital

  • Rangkaian analog dapat memproses sinyal input analog yang tegangannya berubah-ubah. Serta dapat mengubah sinyal analog menjadi digital.
  • Rangkaian digital hanya mampu memproses sinyal 1 dan 0. Digunakan dalam perancangan berbasis logika untuk memproses fungsi perangkat elektronik.

Ketika interview user, jawablah secara singkat namun tetap mencakup inti pembahasan. E-Course Anak Teknik Academy pun memberikan materi yang sederhana, on point, dan aplikatif. Salah satunya adalah kelas simulasi distribusi listrik dengan Open DSS

Share:

0 Komentar