Pengetahuan

Ketahui 4 Informasi Penting Ini Terkait Jurusan Teknik Mekatronika, Khususnya Bagi Mahasiswa

Mekatronika merupakan ilmu yang diidamkan di Industri 4.0. Sayangnya, tidak semua orang bisa menjelaskan apa itu jurusan teknik mekatronika.

Ishak Okta Sagita7 Februari 2022

Mekatronika merupakan salah satu bidang ilmu yang dibutuhkan di industri 4.0. Kompetensi ini berguna untuk kamu yang bekerja di industri automasi. Sebab, industri ini nyaris beroperasi dengan sistem otomasi.

Walaupun begitu, Mekatronika masih kurang populer dengan jurusan teknik lainnya. 

Salah satu contohnya adalah masih ada mispersepsi tentang mekatronika. Bahkan, mahasiswa mekatronika pun belum tentu bisa jelasin. 

Oleh sebab itu, mahasiswa mekatronika berupaya keras menjelaskan ke masyarakat. Tujuannya supaya masyarakat paham apa itu mekatronika.

Pengertian teknik mekatronika

sistem otomasi di industri
sistem otomasi di industri

Mekatronika adalah ilmu multidisiplin yang berasal dari kata mechanic dan electronic. Namun, mekatronika bukanlah gabungan dari kedua begitu saja.

Tetsuro Mori adalah orang pertama yang membuat istilah mekatronika pada tahun 1969. Seiring berjalannya waktu, mekatronika masuk ke mesin-mesin kompleks.

Teknik mekatronika merupakan irisan dari ilmu teknik mesin,  elektro, kendali, maupun informatika. Tidak utuh, melainkan sebagian saja. Sebab, kamu harus kuliah selama 12 tahun untuk be;ajar utuhnya.

Menurut Michigan Tech, mekatronika berurusan dengan sistem kendali, robotika, dan sistem elektromekanik. Sehingga mata kuliah anak mekatronika tidak jauh-jauh dari sana. 

Mengapa teknik mekatronika penting di industri 4.0

industri 4.0
industri 4.0

Mekatronika sangat penting di industri automasi yang makin berkembang. 

Pertama, hadirnya robot yang menggantikan pekerjaan manusia. Kamu bisa lihat di industri tambang, konstruksi, migas, otomotif, dan lain sebagainya

Kedua, mekatronika dapat bergerak luwes karena punya multi disiplin ilmu. Orang mekatronika dapat jadi jembatan antara orang elektro dengan mesin. Lulusan teknik mekatronika sering ada di divisi mechanical atau electrical sesuai dengan kebijakan perusahaan. 

Ketiga, Industri yang butuh sistem otomasi akan butuh orang mekatronika. Sebab, ada pekerjaan yang mudah diselesaikan robot. Dengan begitu, perusahaan bisa memproduksi barang dengan jumlah banyak.

Bagaimana cara berkecimpung di dunia mekatronika

Jika ingin menjadi orang mekatronika, ada dua cara yaitu jalur professional dan kuliah.

Jalur professional artinya kamu bekerja di perusahaan. Terutama yang berkaitan dengan bidang produksi dan maintenance. Sebab, posisi ini lebih sering bertemu alat kerja. Dengan begitu, kamu bisa mempelajari mekatronika lebih jauh lagi.

Sedangkan yang kedua adalah jalur akademik. Gampangnya adalah kamu kuliah di jurusan teknik mekatronika. 

Jurusan mekatronika di Indonesia

jurusan mekatronika di indonesia
Perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki jurusan teknik mekatronika

Terdapat berbagai perguruan tinggi Indonesia yang ada jurusan mekatronika

  1. Universitas Negeri Yogyakarta
  2. Universitas Islam Indonesia
  3. Universitas Katolik Parahyangan
  4. Universitas Negeri Makassar
  5. Universitas President
  6. Universitas Trunojoyo Madura
  7. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
  8. Politeknik Caltex Riau
  9. Politeknik Atmi Surakarta
  10. Universitas Sanata Dharma
  11. Institut Teknologi Indonesia

Terdapat perbedaan antara universitas dengan politeknik. Salah satu perbedaannya yang paling jelas adalah gelar pendidikan yang diraih. 

Kesimpulan tentang teknik mekatronika

Teknik mekatronika adalah perpotongan dari ilmu teknik mesin, elektro, kendali, maupun informatika. Karena perpotongan, maka tidak semua materi dari keempat jurusan dipelajari. 

Lulusan teknik mekatronika banyak di cari di industri, terutama industri automasi dan manufaktur. Hal ini karena pekerjaan produksi saat ini sudah memanfaatkan teknologi. Oleh sebab itu, hadirnya orang mekatronika membantu meningkatkan produktivitas.

Cara menjadi orang mekatronika yaitu jalur professional atau kuliah jurusan mekatronika. Untuk perguruan tinggi, Indonesia ada kampus yang membuka jurusan mekatronika. 

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait