Teknologi

Ketahui Cara Menghubungkan Domain Ke VPS Hosting

hosting sebagai rumah tempat Anda menyimpan semua barang Anda. Memahami cara kerja hosting membuat Anda tahu bagaimana cara menyimpan data website

Ishak Okta Sagita3 Maret 2023

Untuk dapat lebih memahami tentang hosting, mulailah dari langkah cara kerja hosting dan menghubungkan domain ke VPS Hosting.

Jadi Anda lihat, ketika Anda membangun situs web, yang dipahami komputer. Tentu ketika Anda hanya mengandalkan IP untuk masuk ke website tentu akan sulit dihafalkan bukan.

Anggaplah hosting sebagai rumah tempat Anda menyimpan semua barang Anda. Alih-alih menyimpan pakaian dan furnitur, Anda justru menyimpan file digital di host web.

Cara Kerja Hosting 

Banyak juga yang menyebut, istilah “hosting” mengacu pada perusahaan yang menyewakan komputer atau server untuk menghosting website Anda. Dengan menyediakan konektivitas internet sehingga pengguna lain dapat mengakses file di website Anda. Hosting murah paling recommended saat ini adalah Hosting DomaiNesia

Fungsi Hosting

Jika seperti itu cara kerja hosting, apa sebenarnya fungsi hosting selain untuk membuat website? Berikut ini adalah fungsi-fungsi hosting yang perlu Anda ketahui:

Menyimpan Data Website

Fungsi dari hosting yang pertama untuk menyimpan berbagai macam data atau file yang ada di website. PHP, Gambar, CSS, JScript, File, seperti HTML dan data lain yang diperlukan agar situs web berfungsi dengan baik, disimpan di server ini.

Membuat Website Berperforma Tinggi

Jika Anda menggunakan hosting, Anda bisa mendapatkan situs web dengan kinerja tinggi. Namun hal ini juga tergantung dari penyedia hosting yang Anda pilih. Pilih yang handal dan juga memiliki kecepatan tinggi.

Melindungi Website dari Serangan Hacker

Hosting tidak akan membuat situs web Anda agar mudah diserang oleh peretas. Pendapat ini tidak sepenuhnya salah. Dengan hosting, website Anda akan aman dari serangan hacker. Namun, sekali lagi, itu semua terkait dengan penyedia hosting dan pengaturan sistem keamanan website Anda sendiri.

Membuat Email yang Lebih Profesional

Membuat alamat email khusus untuk organisasi Anda adalah cara yang bagus untuk tampil lebih profesional. Alamat email khusus dapat mengatur komunikasi email Anda dengan lebih baik. Tetapi pada saat yang sama, dapat menambah biaya. Jadi, Anda harus memastikan bahwa Anda tidak membelanjakan lebih dari yang Anda perlukan untuk hosting email.

Meningkatkan SEO Website

Meskipun hosting saja tidak akan membawa Anda ke puncak Google, hosting web Anda memainkan peran penting dalam SEO. DeNGAN Anda melakukan web hosting, itu pertanda bahwa situs Anda ada di Google. Lakukan teknik SEO (Search Engine Optimization) yang tepat dan sesuai algoritma untuk mendapatkan peringkat teratas.

Cara Menghubungkan Domain Ke VPS Hosting

Ini sebenarnya tidak sulit, bahkan untuk pemula seperti Anda. Yang harus disiapkan tentunya adalah domain yang aktif dan memiliki IP VPS. Kalau belum punya, Anda dapat membeli VPS terbaik dulu. Banyak penyedia VPS hosting seperti ini DomaiNesia. Namun jika sudah ada, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

Masuk Area Klien

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah melakukan login pada client area idwebhost. Sebelumnya Anda harus telah terdaftar, tetapi jika belum perlu dilakukan registrasi terlebih dahulu. Jika Anda sudah mempunyai akun, langsung saja masukkan username serta password.

Memilih Domain yang Anda Kehendaki

Bebaskan domain yang Anda kehendaki untuk dihubungkan pada VPS Hosting. Ini jika Anda memiliki lebih dari sebuah domain. Klik pada bagian nama domain yang dimaksud.

Mengarahkan Nama Server

Langkah ketiga adalah mengarahkan nameserver ke default. Caranya adalah: Klik pada pilihan Use Default Nameserver. Apabila setelah diklik tak ada perubahan pada nameserver, artinya domain pilihan Anda sudah menggunakan nameserver default. Mengkoneksikan domain dengan VPS Hosting

Pada langkah ini Anda dapat mengkoneksikan domain ke VPS Hosting secara langasung. Langkah-langkah yang harus dilakukan adalah dengan klik pada Add New Record pada bagian Value tambahkan IP Adress. Tutup proses tersebut dengan klik Save Changes.

Domain Berhasil Dikoneksikan Dengan VPS

Sekarang Anda tinggal menunggu proses sampai masa propaganda selesai. Jika seluruh langkah di atas dilakukan dengan benar, domain Anda akan terhubung ke VPS Hosting. Bila Anda memiliki banyak domain, Anda sebenarnya juga dapat mengarahkan semuanya ke VPS sesuai keinginan.

Demikian penjelasan mengenai Cara Menghubungkan Domain Ke VPS Hosting. Kunjungi domainesia untuk pemasangan Domain ke VPS Hosting. 

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait