Affiliate marketing menjadi peluang mendapat uang Affiliate karena bisa dilakukan secara online. Salah satu tantangan yang dihadapi adalah bagaimana membuat konten promosi menarik.
Konten promosi membantu memasarkan produk untuk menarik audience agar melakukan keputusan. Pada artikel ini, bakal kasih panduan lengkap cara membuat konten promosi hanya untuk kamu.
Apa Itu konten promosi
Konten promosi dirancang untuk memasarkan produk atau jasa dengan tujuan menarik perhatian audience untuk melakukan tindakan. Apabila dalam konteks affiliate marketing, melakukan transaksi melalui link affiliate.
Konten promosi penting untuk dibuat karena dapat membantu kamu untuk
- Memperkenalkan produk ke audience
- Memperkenalkan produk affiliate ke audiens
- Meningkatkan peluang konversi
- Mendapat komisi dari pembelian melalui link affiliate
Kenapa konten promosi penting
Konten promosi membantu audiens yang tertarik menjadi ingin membeli produk affiliate. Dengan kata lain, promosi adalah cara mengkomunikasikan produk kepada audience.
Konten promosi berguna untuk ngasih tahu orang lain kalau ada produk yang ditawarkan. Produk kan benda mati, nggak bisa ngomong, jadi ia butuh konten untuk memperkenalkan dirinya.
Manfaat konten promosi
Konten promosi bermanfaat untuk affiliate marketer karena sebagai berikut:
Menaikkan engagement brand
Konten promosi yang menarik membuat audience aktif untuk mencari tahu brand kamu. Mereka ingin mendalami apa saja produk atau jasa yang ditawarkan
Memperluas jangkauan brand
Mempromosikan konten yang menarik akan memperluas jangkauan brand. Makin luas jangkauannya, semakin beragam segmentasi pasar yang didapat.
Menaikkan traffic dan konversi
Konten yang tetap dapat menarik lebih banyak audience. Makin banyak audience datang, peluang konversi semakin besar. Hal ini terjadi ketika konten promosi menyasar audience yang tepat.
Cara membuat konten promosi affiliate marketing
Kenali audiensmu
Hal mendasar dari membuat konten promosi adalah kenali siapa audien yang kamu sasar. Kenali seperti apa gaya hidupnya, kesukaannya, dan kebiasaannya.
Jika kamu menyasar orang teknik, kenali cara berkomunikasi ke sesama anak teknik. Gunakan diksi yang mereka pakai untuk ngomongin masalah mereka. Kemudian tawarkan produk affiliate kamu.
Contoh, kalau produk affiliate kamu adalah Introduction Revit For Structural Engineers, bahas bagiamana produk ini membantu penggunaan Revit.
Pilih format konten promosi yang tepat
Ada berbagai format konten yang tersedia di luar sana. Format konten hanya alat bantu kamu dalam membuat konten. Sifatnya sama kaya plugin sketchup.
Berikut adalah berbagai format konten yang bisa kamu pakai adalah sebagai berikut:
- "5 Alat yang Harus Dimiliki oleh Mahasiswa Teknik"
- "Cara Menggunakan Software AutoCAD untuk Proyek Teknik".
- “Fungsi RAB dalam Perencanaan Proyek Konstruksi”
Gunakan visual yang menarik
Elemen visual dapat menaikan daya tarik audience. Caranya dengan nambahin gambar, tabel rumus, infografik, atau video praktikum yang relevan dengan produk.
Komponen visual membuat konten makin hidup dan menaikkan engagement akun kamu.
Tuliskan Call-to-Action (CTA) yang kuat
Call To Action (CTA) adalah kata tindakan untuk mengajak audiens melakukan sesuatu. Bentuknya beraneka ragam mulai dari “klik link di bawah ini untuk dapat diskon 10%” sampai dengan “Rasakan sendiri hasilnya”.
Contoh konten promosi produk
Kesimpulan
Konten promosi adalah jenis konten yang mengkomunikasikan produk kepada audience yang tepat. Pemilihan audience yang tepat menghasilkan engagement yang tepat, reliable, dan menghasilkan konversi.
Dengan strategi yang tepat, kamu bisa dapetin penghasilan tambahan dari affiliate marketing. Jadilah affiliate marketer engineering di Anak Teknik Indonesia.