Teknologi

Mengenal Peredam Suara Thermoacoustic dan Manfaatnya di Dalam Ruangan

Salah satu bahan yang bisa kita gunakan sebagai peredam suara yaitu Thermoacoustic. Kita akan bahas apa itu peredam suara Thermoacoustic

Ishak Okta Sagita12 September 2022

Pernahkah kamu berada dalam ruangan yang berisik. Kamu terganggu karena suara tersebut terus muncul sepanjang hari. Alhasil, kamu jadi gak fokus ngerjain pekerjaanmu.

Kalau kamu pernah ngalamin hal ini. Besar kemungkinan kamu berada dalam ruangan tanpa peredam suara. 

Peredam suara berperan penting untuk mengurangi kebisingan suara. Biasanya alat ini digunakan pada perhotelan, apartemen, maupun perkantoran. Sederhananya, peredam suara dipakai oleh gedung yang membutuhkan keheningan suara.

Ambil contoh gedung perhotelan, peredam suara digunakan di segala kamar untuk menjaga ketenangan para tamu yang istirahat. Sehingga kebisingan yang dihasilkan tidak keluar sampai kepada kamar tetangga.

Termoacoustic merupakan salah satu bahan peredam suara. Lalu, apa kegunaan dari peredam suara thermoacoustic.

Apa itu peredam suara

Sesuai namanya, peredam suara merupakan alat untuk meredam suara dari luar atau dalam. Suara yang dihasilkan akan terperangkap di dalam ruangan. Untuk suara bersumber dari luar, ia tidak bisa masuk ke dalam ruangan maupun gedung.

Benda dengan sisi permukaan lunak dapat menyerap bunyi dan meredam suara. Karpet, goni, kertas, kain, busa, dan wol merupakan material penyerap suara. JIka memasang benda tersebut dapat mencegah terjadinya gaung.

Bahan material peredam suara

Kualitas peredam suara dipengaruhi dari bahan material. Tentunya menggunakan material yang dapat menyerap suara. 

Apa saja material peredam suara tersebut

1. Glasswool

Glasswool merupakan material yang cukup popular untuk meredam suara ruangan. Umumnya material ini berbentuk rol dengan panjang 30 meter. Ketebalannya mencapai 2,5 – 5 cm.

Walau popular, glasswool tidak dapat bekerja di segala situasi. Kurang cocok untuk meredam suara ruangan studio yang pantulan suaranya cukup keras.

2. Rockwool

Material rockwool terbilang pas untuk meredam suara rumah. Bahan ini lebih tebal daripada glasswood.

Frekuensi suara yang dapat diredam mencapai 100 desibel. Cukup besar untuk ukuran rumah tangga. Oleh sebab itu, material ini sering dipakai sebagai lapisan kedua grasswool.

3. Polyethylene Terephthaklate (PET)

Pabrik-pabrik besar biasanya menggunakan PET sebagai peredam suara. Bahan ini mampu menyerap suara dari dalam maupun luar ruangan sehingga terlindungi secara menyeluruh.

Material PET sangat mudah dibentuk sesuai ukuran, tidak butuh rangka, dan mudah dipasang di mana saja. Perlu diketahui, material ini ramah lingkungan karena terbuat dari plastik daur ulang.

4. Green wool

Green wool terbuat dari polyester fibre untuk meredam suara dalam ruangan. Keunggulan dari material tersebut adalah memiliki sifat tahan air dan tidak mudah terpengaruh kelembaban. Hal ini karena memiliki sifat hydrophobic.

Peredam suara Thermoacoustic

thermoacoustic

Peredam suara thermoacoustic adalah salah satu produk untuk meredam suara. 

Benda ini berbentuk busa sel tertutup secara kimiawi dengan tingkat ketahanan api Fire Retarant Class 0 (BS476 Part 6 & 7) yang aman untuk bahan instalasi gedung.

Chemically (XLPE) Crosslinked Closed Cell Polyolefin Foam Sheet merupakan produk berbahan polyofelin yang mampu menyerap suara dengan baik serta cocok untuk segala jenis saluran udara.

Manfaat peredam suara pada bangunan

thermoacoustic

Hal yang dapat dirasakan kalau bangunan memakai peredam suara adalah jalur bunyi makin terjaga dengan baik. Dengan demikian tidak membuat ruangan terasa terlalu sunyi. 

Peredam suara mampu mengendalikan suara sampai pada angka 55 Dba. Angka tersebut merupakan tingkat kebisingan ideal.

Karakteristik peredam suara thermoacoustic

Peredam suara thermoacoustic memiliki berbagai fitur menarik. Berikut ini merupakan kelebihannya.

  • Penyerapan suara di semua jenis saluran suara maupun bangunan
  • Ketebalan rendah, ringan, dan tahan lama
  • Tahan jamur, rendah VOC untuk menjaga kualitas udara
  • Instalasi mudah dan cepat serta ramah pengguna
  • Tidak mudah terbakar
  • Bebas asap beracun ketika terjadi kebakaran
  • Terdapat perekat diri

Tipe busa yang digunakan pada peredam suara adalah Open Cell Crosslinked dengan tebal 8mm dan 15 mm. Ukuran per roll sekitar 1,2 m x 20m.

Spesifikasi peredam suara thermoacoustic

  • Koefisien penyerapan suara : 0,45 (ketebalan 8mm) (ASTM C423)
  • Kepadatan : 33kg/m (terdiri dari inti busa)
  • Konduktivitas termal : 0,034 W/Mk (ASTM C518)
  • Ketahanan terhadap jamur : pertumbuhan nol ( ASTM G21)
  • Suhu pengoperasian : 70 – 100 celcius
  • Ketahanan jamur : Zero Growth (hasil uji : 0) (ASTM G21/SGS Korea)
  • Laju emisi  VOC : 0,036 MG/M2H (pemancaran VOC rendah) (ASTM D5116)

sertifikat thermoacoustic

Produk peredam suara Thermoacoustic telah mendapatkan sertifikasi dari berbagai instansi. Telah lolos uji kelayakan sehingga terjamin keamanannya selama digunakan konsumen. Oleh karena itu, kamu tidak perlu khawatir untuk memasang peredam suara thermoacoustic pada bangunan.

Dengan demikian pembahasan terkait peredam suara termoacoustic untuk meredam suara di dalam maupun luar ruangan. Telinga Anda akan terhindar dari kebisingan yang mengganggu. 

PT Andero Michaniki Indonesia menyediakan berbagai produk peredam suara Thermoacoustic. Berlokasi  di Ruko Hawaii Blok A61, Cengkareng, Jakarta Barat 11730 Telp : 021-22304229 / 0812-9063-8686. 

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait