Pengetahuan

Panduan Pemilihan Bor Beton Untuk Pekerjaan Konstruksi

Bor beton adalah pilihan tepat untuk membuat lubang pada dinding beton. Ada dua jenis bor yaitu bor palu dan rotary yang memiliki kegunaannya sendiri.

Ishak Okta Sagita15 Juni 2024

Mengerjakan pengeboran beton bukanlah hal mudah. Masalah paling mendasar adalah karakteristik beton yang kuat dan sulit ditembus. 

Kamu tidak bisa mengebor dengan sembarangan mesin bor. Jika kamu sembarangan pakai mesin bor, efisiensi bor akan berkurang. Bahasa gampangnya adalah mesin bor gampang rusak. 

Oleh karena itu, dibutuhkan bor beton untuk menaklukkan beton. Namun, akan lebih baik kalau kamu kenali karakteristik bor beton itu sendiri. 

Persiapan sebelum mengebor beton

bor beton

Mengebor beton nggak bisa memakai bor listrik biasa. Demi hasil terbaik, kamu butuh mesin bor yang mampu membuat lubang pada beton. 

Beton adalah bahan dengan tingkat kekerasannya bervariasi mulai dari K100 sampai dengan K500. Tentu jadi tantangan sendiri untuk membuat diameter lubang. 

Pengeboran beton dilakukan untuk membuat gantungan, pemasangan instalasi listrik, sampai dengan lampu gedung. 

Mengidentifikasi material beton sebelum pengeboran

Sebelum memulai pengeboran, kenali dahulu material yang digunakan pada dinding. Apabila dinding terbuat dari beton, maka sudah jelas harus memakai bor beton. 

Kemudian bagaimana cara mengetahuinya? Ada cara sederhana untuk mengidentifikasi dinding beton.

Dinding berbahan beton memiliki struktur padat. Ketika diketuk menghasilkan suara tumpul, bisa dipastikan itu adalah dinding beton. 

Memilih bor beton

bor beton rotary hammer

Bor beton adalah pilihan tepat untuk membuat lubang pada dinding beton. Ada dua jenis bor yaitu bor palu dan rotary yang memiliki kegunaannya sendiri. 

Bor palu cocok untuk mengebor pada dinding beton, batu bata, dan ubin. Sedangkan ciri dari rotary adalah terdapat palu untuk menghantam dengan kekuatan tinggi karena daya dari piston. Dengan bor tersebut, kamu tidak perlu capek-capek sendirian karena sudah ada yang bantuin. 

Namun jika tempat kamu tidak ada bor palu, masih bisa pakai bor tumbu. Bor tumbuk cocok untuk pengeboran beton sederhana. 

Meskipun bor palu berdaya yang cukup kuat namun soal kekuatan jauh lebih kecil jika dibandingkan rotary

Bagaimana cara memilih bor beton yang bagus 

bor beton palu

Apakah kamu sedang mencari bor beton yang bagus untuk pekerjaan konstruksi? Ada beberapa pertimbangan untuk mendapatkan bor sesuai keinginanmu. Setidaknya ada tiga hal yang mempengaruhi kebutuhan bor beton.

1. Mencari bor beton dengan kabel atau baterai

Hal pertama adalah apakah kamu mencari bor beton kabel atau baterai? Hal ini jadi pertimbangan karena ada karakteristiknya. 

Bor kabel biasanya lebih bertenaga daripada bor baterai maupun cordless. Sumber listrik dari PLN membuat supia daya bor tetap stabil selama kabelnya tidak putus. Sayangnya bor beton kabel harganya lebih mahal dari bor baterai. 

Bor beton baterai jauh lebih unggul ketika tempat kerjamu jauh dari sumber listrik. Barang tersebut bisa dibawa kemanapun namun perhatikan penggunaannya karena baterai dapat habis. 

2. Kedalaman pengeboran

Bor beton memiliki komponen depth stop sebagai bantuan supaya tidak mengebor terlalu dalam. Fungsi depth stop untuk mengukur ataupun mengatur kedalaman proses pengeboran. 

3. Kualitas cengkraman

Demi memaksimalkan keselamatan, kamu dapat memilih mesin dengan pegangan samping. Ganggang cengkraman samping memiliki kemudahan dalam memegang bor dan melindungi tangan dari bahaya.

Aksesoris tambahan bor beton

Selama proses pengeboran, kamu harus mempertimbangkan pemakaian aksesoris sebagai penunjang pekerjaan. Terkadang hal tersedia secara terpisah oleh produk bor beton. 

Ada beberapa aksesoris bor beton yang perlu kamu siapkan sebelum bekerja. 

1. Mata bor

Pengeboran dinding dapat berfungsi kalau ada mata bor. Mata bor didesain untuk menebus material padat seperti beton agar menghasilkan lubang. 

2. Steker

Steker berguna sebagai pengencang sekrup di beton. 

3. Sekrup

Sekrup untuk bor beton fungsinya untuk mengencangkan material keras. Hanya saja, sekrup beton biasanya dipakai pada pekerjaan yang lebih besar lai. 

4. Mantras 

Adanya mantras akan membuat postur badanku lebih nyaman ketika sedang bekerja. Tak jarang orang mudah kelelahan haya masalah salah postur tubuh.

5. Lampu

Saat pengeboran beton di malam hari membutuhkan cahaya agar dapat melihat kepresisian kerja. Maka dari itu, gunakan lampu kerja demi agar ruang kerja tidak gelap.

6. Penyedot debu

Setelah mengebor beton, selalu ada sisa debu bor yang tertinggal. Debu tersebut jika tidak dibersihkan akan mengotori tempat. Oleh karena itu, sediakan nozzle penghisap debu untuk membersihkan debu setelah pengeboran. 

7. Spirit level

Spirit level berfungsi untuk memastikan bahwa permukaan tersebut berada dalam posisi datar. Dengan kata lain, memastikan hasil pengeboran tetap lurus. 

8. Pelindung telinga

Mengebor dinding beton selalu menimbulkan kebisingan yang dapat membahayakan telinga. Demi keselamatan telinga, sediakan alat pelindung telinga untuk mengurangi dampak bising.

9. Masker

Debu beton dapat membahayakan paru-paru kalau sampai terhirup. Oleh karena itu, gunakan masker sebelum melakukan pengeboran. 

Dapatkan bor cordless di Anak Teknik Indonesia

Beton merupakan material dengan tingkat kekerasan tinggi sehingga tidak bisa dilubangi dengan bor biasa. Maka dari itu, butuh bor khusus untuk mengatasi masalah pembuatan lubang pada beton. 

Bor beton adalah bor yang didesain mampu membuat lubang pada bor dengan baik. Dalam praktiknya, kegiatan mengebor perlu menyiapkan komponen dan keamanan selama bekerja. 

Anak Teknik Indonesia menyediakan berbagai bor cordless, cover anti debu, mata bor, alat bantu bor hinge, serta chuck untuk pekerjaan pengeboran. Semua produk tersedia dengan harga terjangkau dan dapat dipesan secara online. 

Kunjungi situs Anak Teknik Indonesia untuk melakukan pemesanan bor cordless

Share:

0 Komentar