Teknologi

Pengertian Color Spectrophotometer Sebagai Penentu Kualitas Warna Skala Industri

Color spectrophotometer adalah perangkat pengukur warna yang dapat menangkap warna yang sulit ditangkap mata manusia

Ishak Okta Sagita25 Juni 2024

Industri percetakan, tekstil, kosmetik, sampai makanan membutuhkan perangkat untuk menilai kualitas warna seperti color spectrophotometer. Alat ini digunakan untuk mengukur spektrum cahaya oleh objek yang merepresentasikan warna dengan akurasi tinggi.

Dengan melihat kualitas warna, industri dapat menghasilkan reproduksi warna sekaligus kode warna komponen elektronika. Lalu, bagaimana cara kerja color spectrophotometer serta manfaatnya bagi industri?

Pengertian color spectrophotometer

Color spectrophotometer adalah perangkat pengukur warna yang dapat menangkap warna. Benda ini mengukur warna spektrum secara penuh sehingga menghasilkan warna yang sulit diamati oleh manusia. 

Alat ukur ini memberikan hasil analisis kuantitatif untuk semua hal serta memverifikasi warna tepat konsisten dari konsep produksi sampai pengiriman. Anda pun dapat melibatkan Color, Paint, Coating Test Equipment dalam melakukan pengamatan warna. 

Cara kerja color spectrophotometer

Color spectrophotometer bekerja dengan mengukur cahaya yang ditransmisikan atau dipantulkan spektrum untuk membuat kurva visual yang menggambarkan warna dalam kondisi pencahayaan.

Terdapat permukaan putih memantulkan semua energi cahaya melintasi spektrum tampak, sehingga kurva reflektansi spektral nya berupa garis lurus dengan reflektansinya sekitar 90-100%. Warna hitam menyerap hampir seluruh energi cahaya sehingga kurva reflektansinya mendekati nol atau datar. 

Warna abu-abu berada pada kurva reflektansi 50% karena posisinya berada di tengah-tengah. Sedangkan warna-warna lainnya akan melonjak mendekati bagian rentang panjang gelombang yang banyak dipantulkan.

Pengukuran warna memerlukan rentang panjang gelombang 380nm hingga 780nm atau setara dengan panjang gelombang yang dapat diterima mata manusia. 

Kategori color spectrophotometer

Alat pengukuran warna ini terbagi dalam tiga metode yaitu Portable Color Spectrophotometer, Benchtop Color Spectrophotometer, High Precision Benchtop Color Spectrophotometer.

Portable Color Spectrophotometer

alat pengukur warna portabel

Portable Color Spectrophotometer atau portable spectrophotometer adalah alat yang ideal untuk mengukur warna, memverifikasi toleransi, serta mengidentifikasi metamerisme untuk pengendalian kualitas. Alat ini ringan dan mudah dibawa kemanapun, cocok digunakan pekerja lapangan untuk menguji kualitas warna. 

Kekurangan dari portable spectrophotometer adalah keterbatasan pada jumlah panjang gelombang dan jenis sampel yang digunakan. Jika terjadi kerusakan, akan sulit untuk diperbaiki.

Benchtop Color Spectrophotometer

Benchtop Color Spectrophotometer

Benchtop Color Spectrophotometer atau benchtop spectrophotometer adalah peralatan yang dilengkapi sumber cahaya internal stasioner. Sumber cahaya internal ini menghasilkan cahaya dengan rentang panjang gelombang tertentu sehingga Anda dapat memakai berdasarkan rentang deteksi. 

Kelebihan dari alat ini adalah mampu mengukur berbagai jenis sampel benda uji. Dapat digunakan lebih dari satu parameter pengukuran. Serta dapat terhubung dengan komputer untuk mendokumentasi hasil pencatatan.

High Precision Benchtop Color Spectrophotometer

High Precision Benchtop Color Spectrophotometer

High Precision Benchtop Color Spectrophotometer merupakan alat pengukuran warna dengan hasil pemrosesan dan analisis yang lebih kuat. Hasil yang diberikan jauh lebih akurat, andal dan cocok untuk aktivitas penelitian laboratorium.

Penggunaan haze meter

haze and color meter

Pengujian warna tidak hanya sebatas pada benda padat saja, terdapat fluida cair yang perlu diamati kualitasnya. Fluida cair perlu diamati apakah kandungannya jernih atau berkabut. Alat untuk menguji tingkat kejernihan tersebut adalah haze meter. 

Haze meter digunakan untuk mengukur transmittansi luminos, kabut, kekeruhan, dan kejernihan secara akurat. Dalam konteks ini, melihat penyimpangan cahaya ketika melewati benda uji yang membuat kehilangan kejernihan atau transparansi. Fenomena ini krusial untuk produk makanan dan minuman, farmasi, plastik, serta pemetaan lingkungan.

Prinsip kerja haze meter ialah memakai sumber cahaya dan detektor yang berada pada sudut-sudut tertentu terhadap spesimen pengujian. Dengan mengukur intensitas cahaya yang ditransmisikan pada material, instrumen mampu mengidentifikasi derajat kabut. 

Kemudian, algoritma memproses hasil pengukuran untuk menghitung parameter persentase kabut, kejernihan, dan kekeruhan agar mengetahui kualitas benda yang sedang diujikan. 

Gunakan Color Spectrophotometer Torontech untuk aktivitas pengujian benda berwarna di industri

Industri farmasi, makanan, tekstil, hingga elektronik tidak bisa lepas dari penggunaan warna. Simbol warna digunakan untuk menandakan informasi sebuah produk. Mengingat betapa pentingnya pemakaian simbol warna, Anda membutuhkan alat untuk color spectrophotometer demi mendapatkan akurasi warna yang diinginkan. 

Jika Anda butuh color spectrophotometer dengan spesifikasi secara lengkap, kunjungi website Torontech.com.

Share:

0 Komentar