Pengetahuan

Pengertian Elektronika Dasar - Mata Kuliah Wajib Mahasiswa Teknik Elektro

kajwdlawdlaijwd hdawodiwo

Ishak Okta Sagita10 Agustus 2024

Elektronika dasar adalah mata kuliah wajib di jurusan teknik elektro. Sesuai namanya, matkul ini mengajarkan fundamental perangkat teknologi yang kamu pakai saat ini. Tanpa prinsip elektronika, teknologi akan sulit terwujud.

Oleh karena itu, mahasiswa teknik elektro tidak akan terhindarkan dari mata kuliah elektronika dasar. Karena dari mata kuliah elektronika dasar bisa kamu gunakan sebagai modal untuk membuat tugas akhir teknik elektro.

Pengertian elektronika dasar

Elektronika merupakan ilmu yang mempelajari arus lemah sistem listrik. Secara pengertian, elektronika adalah ilmu yang mempelajari pergerakan elektron. Elektronika dasar adalah salah satu mata kuliah yang diajarkan program studi teknik elektro.

Sistem elektronika dapat Anda jumpai pada peralatan elektronik, komputer, semikonduktor, arduino, dan semua perangkat yang beroperasi dengan arus lemah.

Komponen elektronika

Belajar elektronika dasar tidak bisa lepas dari pemakaian komponen aktif dan pasif. Komponen aktif merupakan komponen yang bekerja ketika mendapatkan arus listrik. Sedangan komponen pasif dapat beroperasi tanpa memakai arus listrik.

Komponen elektronika aktif

Komponen elektronika aktif terbuat dari bahan semikonduktor seperti silikon, germanium, selenium, dan oksida logam. Kumpulan komponen elektronika aktif tersebut antara lain

Komponen elektronika pasif

Komponen elektronika pasif biasanya dipakai untuk pembagi arus dan tegangan, maupun filter pasif. Kumpulan komponen tersebut antara lain

Mata kuliah elektronika dasar

Konsep elektronika dasar akan berguna untuk menerapkan sistem industri yang membutuhkan arus lemah. Terutama bagi Anda yang ingin berkecimpung di bidang mikrokontroler.

Materi elektronika dasar akan kamu dapatkan kalau mengambil jurusan Teknik Elektro, Teknik Mekatronika, Fisika. Sebagai informasi, inilah yang akan kamu pelajari pada mata kuliah elektronika dasar

  • Komponen elektronika dasar
  • Rangkaian listrik sederhana
  • Analisis rangkaian
  • Dioda
  • Transistor
  • Penguat
  • Osilator
  • Rangkaian digital dasar

Tentunya masih ada materi lain yang diajarkan oleh dosen karena menyesuaikan dengan peminatan penjurusan.

Manfaat mahasiswa teknik elektro belajar elektronika dasar

Belajar elektronika dasar bukanlah sebatas pengisi SKS mata kuliah semata. Ada hal-hal menarik yang bisa kamu dapatkan ketika mempelajari elektronika dasar, yaitu

Mempelajari konsep dasar dari semua perangkat listrik

Elektronika dasar mengajarkan tentang konsep dasar dari semua perangkat listrik di industri. Ada kalanya kamu harus membuat desain sistem elektrik baru, menguji, dan memastikan semua komponen berjalan dengan lancar. 

Jalur alternatif belajar pemrograman

Selain IT, elektronika dasar memberikan ranah pembuatan program pada sistem elektronika. Contoh paling mudah adalah membuat sistem lampu merah menggunakan Arduino Uno. Tentu, kamu tahu apa saja komponen yang digunakan tetapi Arduino memberi perintah kepada untuk bekerja. 

Arduino merupakan semi komputer minimalis yang memiliki CPU untuk menerima dan memproses informasi. Agar Arduino dapat bekerja, kamu harus memasukan program bahasa C++.

Mempelajari berbagai software yang digunakan oleh industri

Elektronika dasar akan mengantarkanmu belajar berbagai software seperti MATLAB, Proteus, Excel, Lab View dan sebagainya. Sebab, nantinya pekerjaan elektronika lebih banyak berjibaku memakai software.

Belajar elektronika dasar bersama Anak Teknik Indonesia

Menguasai elektronika dasar lebih mudah apabila kamu tahu fundamental elektronika. Hampir semua teknologi sekarang ini masih berakar pada prinsip yang sama sejak bertahun-tahun yang lalu. 

Belajar elektronika dasar bisa kamu mulai lewat konten blog atau video di Youtube. Tetapi kalau gak puas dengan konten gratis, Anak Teknik Indonesia punya daftar buku elektronika dasar yang siap kamu lahap.

Share:

0 Komentar