Pengetahuan

Pengertian Relay AC Mobil Sebagai Penyuplai Daya Kompresor AC

Relay AC mobil adalah komponen otomotif yang bermanfaat untuk ngirim daya ke kompresor AC.

Relay AC mobil nggak bisa lepas dari sistem pendinginan pada mobil. Komponen ini sangat berguna untuk menjaga AC mobil dapat bekerja dengan baik. 

Apabila komponen relay AC mobil rusak maka bisa mempengaruhi kinerja AC. Paling gampang yang dirasakan adalah AC nyala tetapi nggak kerasa dingin. 

Untuk menghindari gejala AC nggak dingin, diperlukan maintenance dan pengecekan komponen elektronika. Salah satunya adalah relay AC mobil. 

Anak Teknik Indonesia akan menjabarkan tentang relay AC mobil sebagai berikut.

Pengertian relay AC mobil

relay ac mobil
AC mobil

Relay AC mobil adalah alat untuk mengendalikan AC. Komponen ini mampu mengontrol start dan stop AC. Ketika suhu di dalam mobil mencapai batas tertentu, sensor akan mengirimkan sinyal ke relay dan kemudian menghentikan kinerja AC. 

Sebaliknya, ketika suhu di dalam mobil lebih tinggi dari suhu batas, sensor akan mengirim sinyal ke relay untuk menyalakan AC. 

Cara kerja relay AC mobil

relay kompresor ac mobil
relay kompresor ac mobil

Relay akan bekerja ketika mendapatkan input dari catu daya. Ketika AC mobil aktif, saklar mengirim sinyal ke unit kendal. Kemudian, unit kendali mengirim sinyal input ke mesin. Apabila memungkinkna, mesin akan mengirim sinyal ke unit kendali AC.

Bicara soal fungsi, relay AC mobil punya banyak pren untuk menjaga suhu di dalam mobil agar tidak pengap. Komponen ini berguna untuk mengatur dan mengendalikan suhu, kelembaban, aliran udara, dan juga kebersihan.

Ketersediaan udara segar dengan kelembaban terbaik dapat menciptakan kenyamanan saat berkendara. 

Penyebab relay AC mobill rusak

relay rusak
penyebab relay rusak

Relay ac mobil tugasnya adalah menyuplai daya ke kompresor AC. Kalau relay AC mobil rusak, maka kompresor tidak mendapatkan daya sehingga bikin AC mati. 

Kasus ini bisa terjadi karena relay terbakar atau aus karena sering dipakai terlalu lama. Kalau benar demikian, sebaliknya dengan relay yang baru. 

Namun bagaimana kalau relay masih aktif namun mengganggu performa AC. Disinilah kamu dapat melihat indikasi berikut ini.

Pendinginan yang tidak konsisten

Kompresor AC berfungsi mengubah fase refrigeran dari cair menjadi gas. Proses pengubahan face ini tidak akan terjadi apabila kompresor tidak memiliki daya listrik. 

Relay AC mobil berfungsi sebagai pengendali daya ke kompresor. Jika relay rusak dapat menyebabkan performa AC kurang baik.

AC yang menyala namun tidak dingin baru akan terlihat ketika sudah pemakaian panjang. 

Kompresor AC nggak nyala

Tanda kompresor AC bekerja adalah ketika mendengar suara klik saat AC dinyalakan. Jika tidak terdengar suara klik, maka AC tidak menyala. 

Apabila sistem relay AC mobil rusak, maka kompresor tidak akan menyala sama sekali walaupun sudah mendapat catu daya.

Suara bising

Proses menyalakan AC seringkali ada suara bising yang mengindikasikan ada masalah pada saklar relay. Hentakan suara ini jadi masalah kalau selama kompresor bekerja diiringi oleh suara bising. 

Gejala ini dapat terjadi pada komponen relay AC mobil dengan alasan sebagai berikut:

  • Perubahan suhu lingkungan kelembaban
  • Korosi
  • Tegangan koil melebihi 110% dari yang ditentukan
  • Isolasi koil yang rusak
  • Cincin sub-magnetik rusak dan berkarat
  • Celah udara minimum semakin kecil membuat kegagalan pada inti besi
  • Kontak tidak dapat membuka atau menutup
  • Kapasitas kontak kecil
  • Celah kontak rusak

Cara memeriksa relay AC mobill rusak

Relay AC mobil yang rusak berakibat pada performa AC mobil. Ada beberapa cara untuk memeriksa relay AC mobil yang sedang rusak. 

Cek tanda-tanda kerusakan fisik

Periksa apakah ada tanda-tanda kerusakan fisik pada relay AC seperti hangus, retak, leleh karena panas, ataupun korosi. .

Mengecek dengan alat tes relay

Alat tes relay dapat berguna untuk memeriksa apakah relay masih berfungsi dengan baik. Alat tes ini dapat menunjukan apakah relay AC mobil masih dapat mengalirkan arus listrik. 

Tes relay dengan jumper

Mengetes relay dengan jumper mampu mengecek kondisi relay AC apakah masih berfungsi. 

Berikut ini urutan pengecekan relay AC mobil dengan jumper

  • Lepas relay AC dari socket
  • Hubungkan terminal relay dengan jumper
  • Nyalakan AC mobil

Apabila AC mobil menyala namun tidak ada hawa dingin, kemungkinan ada kerusakan pada relay. Perlu diingat, cara ini butuh pengetahuan khusus sehingga harus memakai tools tepat yang ada tersedia di bengkel mobil. 

Optimalkan fungsi relay AC mobil dengan Teknologi Sensor Otomotif

Buku Teknologi Sensor Otomotif
Buku Teknologi Sensor Otomotif

Relay AC adalah komponen elektronik pada bagian otomotif yang penting. Fungsinya untuk mengaktifkan kompresor AC mobil.

Jika suhu di dalam mobil sudah mencapai target yang dinginkan, AC akan mati dengan sendirinya. Sebaliknya, jika suhu di dalam mobil berada di bawah target, AC akan terus bekerja sampai suhu yang ditargetkan setara dengan suhu mobil. 

Pengaturan ini dapat terjadi apabila kamu memakai sensor suhu melalui Teknologi Sensor Otomotif. Semua pembahasan terkait sensor suhu akan dijabarkan dalam segenggam buku. 

Dapatkan wawasan terkait sensor suhu pada otomotif melalui tautan ini.
 

Share:

0 Komentar